Usia Wanita untuk Hamil dan Melahirkan yang Ideal

Usia Wanita untuk Hamil dan Melahirkan

Untuk Hamil dan Melahirkan, seorang wanita tentu mempunyai masa usia yang paling baik. Hal ini tentu bekerjasama dengan kondisi kejiwaan dan kesiapan organ reproduksi, sehingga didapatkan keturunan yang terbaik. Beberapa jadwal pemerintah mengatakan bahwa usia wanita menikah yang ideal ialah pada usia 21 tahun, sedangkan 25 tahun untuk laki-laki.

Kehamilan pada Usia dibawah 20 tahun

Pada Kehamilan di usia dewasa atau dibawah usia 20 tahun, memiliki resiko kesehatan yang lebih tinggi. Hal ini dikarenakan organ reproduksi wanita yang belum siap sehingga membahayakan untuk kehamilan. Kondisi sel telur pada usia dewasa juga belum sempurna, sehingga dapat mengganggu perkembangan janin.

Kehamilan pada usia dewasa juga, berisiko tinggi mengalami  tekanan darah tinggi pada ibu hamil, kelahiran prematur, berat tubuh lahir bayi yang rendah dikala lahir dan wanita dikhawatirkan mengalami depresi kecemasan berlebih setelah melahirkan. Dan yang  dikhawatirkan ialah resiko maut ibu dikala melahirkan alasannya ialah pendarahan dan infeksi. Untuk itu, diharapkan perawatan yang lebih untuk wanita hamil yang berusia di bawah 20 tahun.

Kehamilan pada Usia 21-35 tahun

Resiko gangguan kesehatan pada Kehamilan pada Usia 21-35 tahun paling rendah, yaitu sekitar 15%. Pada usia ini, ibu hamil mempunyai kematangan reproduksi, emosional dan aspek sosial. Sehingga pada usia ini merupakan usia ideal wanita untuk hamil dan melahirkan dengan resiko , sebuah penelitian juga menemukan bahwa, puncak masa subur wanita terjadi pada usia 24 tahun, dan akan mulai menurun setelah usia tersebut. Sehingga bagi anda yang ingin cepat hamil setelah menikah, maka menikahlah pada usia disekitar tersebut.

Kehamilan pada Usia diatas 35 tahun

Permasalah yang muncul pada Wanita hamil yang berusia lebih dari 35 tahun ialah diabetes gestational (diabetes yang muncul ketika sedang hamil), tekanan darah tinggi dan gangguan kandung kemih dikala hamil beresiko lebih tinggi. Kondisi kesehatan di simpulan usia 30-an juga cenderung beresiko fibroid uterine (pertumbuhan otot atau jaringan lain yang berada di uterus yang memicu timbulnya tumor dan menyebabkan rasa nyeri atau terjadinya pendarahan pada kewanitaan. Kehamilan pada Usia diatas 35 tahun harus menerima perhatian khusus, dan melaksanakan check up kehamilan secara rutin.

Dari pengelompokan jenjang usia tersebut diatas, dapat diketahui dan anta tentu sudah dapat merencanakan kehamilan anda dengan tujuan menghindari resiko kehamilan baik untuk janin dan kesehatan ibu hamil. Apabila kehamilan yang anda alami dikala ini tidak termasuk dalam usia ideal untuk hamil dan melahirkan, maka selalu ikuti saran dokter untuk menerima penanganan kehamilan yang terbaik.

Ringkasan:

  • Kehamilan pada Usia dibawah 20 tahun beresiko alasannya ialah mental dan organ reproduksi wanita belum terlalu siap,
  • Usia Ideal Wanita untuk Hamil dan Melahirkan ialah pada usia 21 – 35 Tahun,
  • Kehamilan pada Usia diatas 35 tahun berisiko ternjadi tekanan darah tinggi, fibroid uterine, gangguan kandung kemih bahkan tumor.

Bersama: +detikcom , +Detikplus , +KOMPAS.com , +Kompas TV , +VIVA , +Susilo Bambang Yudhoyono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *