Usia Ibu Hamil Naik Pesawat yang Aman

Kesehatan Ibu Hamil

Tradisi mudik seringkali menjadi salah satu hal yang paling ditunggu bagi sebagian orang, tak terkecuali bagi ibu yang sedang hamil sekalipun. Namun, seringkali timbul pertanyaan, bolehkah wanita yang sedang hamil naik pesawat? Pertanyaan ini dirasa wajar, mengingat hamil yaitu hal yang paling ditunggu-tunggu, sekaligus rentan bagi sebagian orang.

Pada umumnya, menggunakan pesawat untuk bepergian tidaklah terlalu bermasalah untuk ibu hamil. Akan tetapi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan dipersiapkan biar resiko yang dapat membahayakan wanita hamil dapat dihindarkan.

Sebenarnya, tak hanya wanita hamil saja yang mampu mengalami gangguan ketika melaksanakan penerbangan. Hanya saja, wanita hamil dianggap memiliki resiko yang tinggi dalam mengalami gangguan penerbangan, diantaranya yaitu ibarat kram dan mengalami pembengkakan kaki. Gangguan ini pada umumnya terjadi jikalau penerbangan dilakukan diatas 3 sampai 5 jam. Bahkan, tak sedikit pula yang mengalami blood clots atau pembekuan darah yang menimbulkan pembengkakan kaki serta mata kaki. Maka dari itu, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter langsung anda sebelum melaksanakan perjalanan dengan pesawat.

Setiap dokter memiliki pandangan sendiri-sendiri terkait syarat ibu hamil naik pesawat. Beberapa mengatakan jikalau usia kehamilan 4 sampai 7 bulan merupakan masa yang aman untuk wanita hamil menggunakan pesawat untuk bepergian. Namun, tak sedikit pula yang mengatakan jikalau 3 sampai 6 bulan dianggap aman untuk melaksanakan perjalanan. Namun pada intinya, jangan melaksanakan perjalanan dengan pesawat pada ketika usia kehamilan masih terlalu muda alasannya yaitu akan menyebabkan keguguran pada masa kehamilan. Tidak disarankan juga menggunakan pesawat pada ketika usia mendekati melahirkan alasannya yaitu dikhawatirkan wanita hamil akan melahirkan di pesawat.

Untuk melaksanakan penerbangan, ibu hamil harus memperhatikan beberapa hal, ibarat mempersiapkan diri sebelum keberangkatan. Pertama, cek berita derma medis atau rumah sakit di kawasan tujuan anda. Hal ini untuk mempermudah jikalau nantinya terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Selain itu, bagi anda yang ingin melaksanakan perjalanan ke luar negeri, lakukan vaksin untuk wanita hamil yang aman untuk menghindari tertularnya banyak sekali virus yang akan merugikan wanita hamil.

Sebagai penutup, ada beberapa tips untuk ibu hamil yang harus diperhatikan. Terlihat sepele, namun hal ini justru vital dan penting dilakukan wanita hamil. Pertama, ada baiknya wanita hamil menggunakan pakaian yang longgar untuk memudahkan gerak serta pernafasan. Jangan lupa, perbanyak konsumsi air putih untuk menghindari dehidrasi. Terakhir, setiap 30 menit, usahakan bangkit biar peredaran darah dalam kaki lancar.

Ringkasan:

  • Melakukan perjalanan menggunakan pesawat pada ketika hamil pada dasarnya tidaklah terlalu bermasalah.
  • Adapun usia kehamilan yang aman bepergian menggunakan pesawat yaitu pada ketika usia kehamilan 3 sampai 6 bulan atau 4 sampai 7 bulan.
  • Tips untuk ibu hamil sebelum naik pesawat yaitu menggunakan pakaian longgar, konsumsi air putih dan berjalan setidaknya setelah 30 menit duduk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *