Unsur Intrinsik Novel Terlengkap

Hai teman semua, kali ini saya mau membuatkan unsur intrinsik novel untuk teman semua. Nah saya sendiri sudah pernah membahas perihal pengertian dan ciri-ciri novel pada artikel saya sebelumnya, jadi bagi yang belum tahu dan ingin tahu, silahkan kunjungi saja artikel diatas tadi.

Oke, pada artikel ini yang merupakan artikel lanjutan ini saya akan membuatkan kepada teman semua memgenai unsur intrinsik novel yang paling lengkap dan yang lain.

Novel ialah sebuah karya fiksi yang berbentuk prosa yang ditulis secara naratif dalam bentuk cerita. Novel sendiri berasal dari bahasa Italia yang artinya sebuah kisah atau sepotong berita. Orang yang menulis novel disebut sebagai novelis.

Oke tidak usah berlama-lama lagi, eksklusif saja kita bahas unsur-unsur intrinsik novel. Tahukan unsur intrinsik, ya sebuah unsur yang membangun sebuah novel dari dalam, artinya dari novel itu sendiri.

Unsur Intrinsik Novel Paling Lengkap

Unsur Intrinsik Novel

TEMA
Tema ialah gagasan utama atau gagasan pokok yang membangun sebuah novel. Nah tema sendiri nanti akan menjelaskan perihal proses kejadian atau persitiwa satu dengan yang lainnya yang saling memiliki keterkaitan.
PLOT
Plot ialah lika-liku suatu peristiwa yang mana antara peristiwa satu dengan persitiwa selanjutnya memiliki keterkaitan.
PERWATAKAN
Perwatakan dalam cerita. Ada tiga cara untuk memperkenalkan adab atau kepribadian si tokoh, yaitu:
1) Pengarang menyebutkannya. Ini yang paling mudah, alasannya pembaca tinggal menerimanya saja.
2) Pengarang menggambarkannya dalam tingkah laku pelaku: tindakannya, gerak-geriknya, reaksi pelaku terhadap suatu kejadian atau orang lain.
3) Pengarang menggambarkannya dalam percakapan atau ucapan pelaku: percakapan pelaku dengan pelaku lain, ucapan pelaku perihal pelaku lain.

SUDUT PANDANG
Kekuatan dan daya tarik kisah juga terletak pada titik pandang yang terperinci dan konsisten. Titik pandang ialah perspektif dari mana kisah itu dikisahkan. Titik-titik pandang yang utama adalah: serba tahu, orang pertama, dan dihanyutkan pikiran. Dengan titik pandang orang pertama, kisah akan dikisahkan dengan tokoh yang menyebut dirinya dengan kata “aku” atau “saya”. Di sini pengarang bercerita, ia sebagai tokoh bukan sebagai dalang.
LATAR
Latar ada 3, yaitu latar tempat, latar waktu dan juga latar suasana. Pengaturan latar yang baik akan menghasilkan karya yang baik pula.
Nah saya rasa itu saja mengenai Unsur Intrinsik Novel, supaya bermanfaat untuk teman semua, dan jangan lupa like dan share artikel ini ya….