Tujuan Pemilu 1955 Lengkap

Oke, kali ini saya mau membuatkan artikel ihwal tujuan pemilu 1955 yang mana menjadi pemilu pertama semenjak Indonesia merdeka tanggal 17 Agustus 1945. Oh ya berbicara ihwal kemerdekaan Indonesia, ketika saya menulis artikel ini sempurna 71 tahun ulang tahun kemerdekaan bangsa ini, jadi saya ingin mengucapkan dirgahayu Indonesiaku, agar semakin baik kedepannya dan dapat menjadi negara yang maju, adil dan sejahtera.

Kembali lagi ke topik bahaan yaitu tujuan pemilu 1955, sebelumnya saya juga pernah membahas dengan detail dan lengkap mengenai Pemilihan Umum 1955 di Indonesia, jadi bagi sahabat yang belum membaca mampu mampir dulu ke artikel tersebut.

Oke tidak usah berlama-lama lagi, eksklusif saja kita mulai pembahasan kali ini mengenai tujuan dari Pemilu 1955.

Tujuan Pemilu 1955

Tujuan Pemilu 1955
Seperti yang kita tahu, Pemilihan Umum 1955 yaitu pemilu pertama yang diadakan semenjak Indonesia merdeka. Nah tujuan pemilu 1955 ini sendiri untuk memilih anggota DPR dan Konstituante. Untuk lebih jelasnya sebagai berikut :
Berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 tahun 1953, Pemilu 1955 dilaksanakan untuk memilih anggota-anggota dewan perwakilan rakyat (DPR) dan Konstituante (Lembaga yang memiliki peran dan wewenang untuk melaksanakan perubahan terhadap konstitusi negara).
Berdasarkan sistem ini, wilayah RI dibagi dalam 16 kawasan pemilihan walaupun pada alhasil kawasan ke-16 yaitu Irian Barat gagal melaksanakannya alasannya kawasan tersebut masih dikuasai oleh Belanda.
Untuk jumlah dingklik sendiri dibuat semerata mungkin, dengan ketentuan setiap kawasan berhak mendapat jatah menimal 6 dingklik di Konstituante dan 3 di Parlemen. Disetiap kawasan pemilihan tersebut, dingklik diberkan kepada partai-partai dan calon-calon anggota lainnya sesuai dengan jumlah bunyi yang mereka peroleh, sisa bunyi digabungkan, baik antara banyak sekali partai didalam suatu kawasan pemilihan (kalau partai-partai bersangkutan sebelumnya telah menyatakan sepakat untuk menggabungkan sisa suara), maupun digabungkan untuk satu partai ditingkat nasional.

Sesuai tujuannya, Pemilu 1955 ini dibagi menjadi dua tahap, yaitu:
  1. Tahap pertama yaitu Pemilu untuk memilih anggota DPR. Tahap ini diselenggarakan pada tanggal 29 September 1955, dan diikuti oleh 29 partai politik dan individu,
  2. Tahap kedua yaitu Pemilu untuk memilih anggota Konstituante. Tahap ini diselenggarakan pada tanggal 15 Desember 1955.
Nah sekian artikel ihwal Tujuan Pemilu 1955, agar bermanfaat dan jangan lupa like dan share artikel ini ya. Terima kaih,