Tips Menyusui Bayi yang Sedang Tidur

Cara Menyusui Bayi yang Sedang Tidur

Menyusui Bayi yang Sedang Tidur tidak semudah yang anda bayangkan, sebab tentu harus dengan teknik khusus sehingga bayi tidak melaksanakan penolakan atau tersendat. Ya penolakan derma ASI ketika tidur ini mampu terjadi sebab bayi tidak nyaman ketika minum ASI. Padahal untuk bayi yang gres saja lahir, derma ASI sebaiknya dilakukan 8-12 kali dalam waktu satu hari, atau sekitar 2-3 jam sekali.

Posisi yang nyaman untuk derma ASI dapat diklasifikasikan berdasarkan posisi yang sesuai ketika menyusui. Salah satu posisi yang jarang mampu membuat bayi nyaman minum ASI yaitu ketika bayi anda menghabiskan waktu tidur. Hal ini tentu membuat banyak itu bertanya-tanya bagaimana menawarkan ASI kepada buah hatinya yang sedang pulas tertidur?

Tidur yaitu kebiasaan bayi yang juga dapat membantu dalam proses pertumbuhannya. Dan bagaimana cara menawarkan ASI pada ketika bayi sedang tertidur tanpa harus mengganggu waktu istirahatnya, mampu anda lakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Bangunkan Buah Hati secara Berlahan, dan amati ketika bayi anda bangun, misalnya mata bergerak atau gerakan badan lainnya. Rengkungkan buah hati kemudian usap lembut sampai ia terbangun.
  2. Ubah posisi bayi ketika tertidur, bahkan ketika minum ASI. Hal ini sering terjadi terutama sebab bayi terlalu mengantuk sehingga menjadikan dirinya tertidur. Apabila hal ini terjadi, sebaiknya ubah posisi dengan lembut. Atau dengan kata lain , bangunkan ia secara hati-hati biar tidak tersendat.
  3. Bangunkan Bayi dengan mendekapnya dan mengayunkannya secara perlahan. Hal ini mampu dilakukan apabila bayi anda tertidur ketika meminum ASI. Anda juga mampu sedikit mengubah posisi bayi secara hati-hati sampai terbangun, atau anda mampu mengajaknya berbicara biar tetap terbangun.

Menyusui ketika bayi tertidur memang dapat menjadikan beberapa duduk perkara menyerupai bayi tersendat, sehingga akan lebih baik apabila menawarkan ASI dengan membangunkan buah hati terlebih dahulu sehingga resiko bayi tersendat air susu dapat dikurangi. Anda harus mengusahakan derma ASI secara rutin sesuai jadwal, terutama pada bayi gres lahir. Hal ini tentu untuk memaksimalkan pertumbuhan bayi dan meningkatkan daya tahan tubuhnya.

Ringkasan:

  • Pemberian ASI, terutama pada Bayi yang gres lahir harus rutin bahkan disaat-saat jam tidurnya,
  • Bayi Baru Lahir harus diberikan ASI sebanyak 8-12 kali atau dalam jangka waktu 2-3 jam sekali.
  • Menyusui Bayi yang Sedang Tidur harus dibangunkan terlebih dahulu dan mengusahakannya biar tetap terbangun selama menyusui,

Bersama: +detikcom , +Detikplus , +KOMPAS.com , +Kompas TV , +VIVA , +Susilo Bambang Yudhoyono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *