Tips meningkatkan kosakata bahasa Inggris

meningkatkan kosa kata

Dalam berguru bahasa Inggris, jumlah kosakata (vocabulary) yang kita miliki amat menentukan keberhasilan kita. Ibarat mendirikan bangunan, kosakata ialah gres batanya, sementara tata bahasa ialah teknik menyusunnya. Semakin banyak kerikil bata yang dimiliki, maka akan semakin besar bangunan yang dapat kita dirikan. Semakin sedikit kerikil bata yang kita miliki, semakin kecil pula bangunan yang dapat kita dirikan.

    Demikian pula dengan berguru Bahasa Inggris.  Semakin banyak kosakata yang Anda miliki akan semakin mudah anda memahami pembicaraan atau goresan pena orang lain dalam bahasa itu dan semakin mudah pula anda dapat mengemukakan isi fikiran anda dalam bahasa itu secara mulut maupun tulisan.  Sebaliknya, semakin sedikit kosakata bahasa Inggris yang anda miliki, akan semakin sulit anda memahami pembicaraan atau goresan pena orang lain dalam bahasa Inggris dan akan semakin sulit pula anda mengungkapkan isi fikiran anda dalam bahasa Inggris, secara mulut maupun tulisan.
Berikut ini kumpulan tips untuk menambah kosakata bahasa Inggris anda:

Connect: Lebih mudah untuk menghafal kata berdasarkan tema yang umum. Buatlah kaitan antara kata-kata dan susunlah kata-kata tersebut ke dalam diagram berbentuk sarang laba-laba.
Write: Menggunakan kosa-kata di dalam kalimat dapat membantu Anda untuk selalu mengingatnya. Tulislah kalimat dengan menggunakan kosa-kata gres untuk menyusun suatu kisah menggunakan sekelompok kata atau ungkapan.
Draw: Tunjukan jiwa seni Anda dengan melukis gambar yang berafiliasi dengan kata-kata yang Anda pelajari. Gambar tersebut dapat membantu ingatan Anda di kemudian hari.
Act: Tunjukkan kebolehan berakting Anda dengan melaksanakan gerakan-gerakan yang menungkapkan kata-kata yang Anda pelajari. Atau, bayangkan suasana di mana Anda membutuhkan kata-kata tersebut, dan mulailah melaksanakan adegannya.
Create: Buatlah kartu peraga dalam bahasa Inggris dan pelajari kartu tersebut di waktu luang Anda. Buatlah satu kartu gres setiap minggunya, tetapi terus pelajari lagi semuanya.
Associate: Pasang warna-warna pada kata-kata berbeda. Hal ini nantinya akan membantu Anda mengingat kosa-kata.
Listen: Pikirkan kata-kata yang seakan-akan dengan kata-kata yang sedang Anda pelajari, terutama kata-kata yang rumit. Hubungkan kata tersebut dengan kata gres ini untuk membantu Anda mengingat cara pelafalannya.
Choose: Ingatlah bahwa topik yang menarik minta Anda akan lebih mudah Anda pelajari. Oleh karenanya, pilih secara hati-hati kata yang menurut Anda menarik dan berguna. Proses pemilihan kata tersebut bahkan akan membantu ingatan Anda.
Limit: Jangan mencoba untuk menhafal kamus dalam waktu sehari! Batasi 15 kata saja per hari, Anda tidak akan kewalahan, melainkan Anda akan meraih keyakinan diri.
Observe: Perhatikan kata-kata yang Anda pelajari pada ketika Anda membaca atau mendengarkan kalimat berbahasa Inggris.

Dari kumpulan tips di atas mungkin tidak semua mampu kita lakukan, yang terpenting dan yang  harus selalu  kita coba ialah bila kita mengetahui kosakata bahasa  Inggris yang gres walaupun itu hanya satu kata, maka berusahalah untuk memakai kata tersebut dalam percakapan dan mampu juga  melalui tulisan. Disamping itu alangkah baiknya bila mencari sinonim maupun antonim dari kata tersebut. Misalnya anda mengetahui kosa kata gres “big”, sangat baik sekali bila anda mencari lawan kata dari kata tersebut. Hal lain yang tidak kalah pentingnya ialah cara mengucapkan kata tersebut dengan benar. Luangkan waktu anda untuk membuka kamus standar bahasa Inggris misalnya Longman Dictionary of Contemporary English ataupun kamus lainnya untuk melihat cara mengucapka kata yang gres anda ketahui tersebut. Semoga tips ini bermamfaat untuk kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *