Tips Melahirkan Normal Tanpa Rasa Sakit

Cara Melahirkan Normal Tanpa Rasa Sakit

Melahirkan normal tentu menjadi harapan setiap wanita hamil, dan hal ini juga disarankan dalam dunia medis, karena banyaknya keuntungan yang didapatkan baik itu pada ibu maupun bayi setelah dilahirkan. Dengan persalinan normal, menjadi salah satu tanda bahwa janin dan ibu mengalami kesehatan yang baik. Melahirkan secara normal juga akan menjadi pengalaman wanita yang tentu tidak akan dilupakan.

Namun memang melahirkan normal menimbulkan rasa sakit, dan hal ini yang menimbulkan rasa khawatir atau takut ketika ibu hamil akan menghadapi proses persalinan normal. Namun anda perlu mengetahui bahwa rasa sakit yang dirasakan ibu satu dengan yang lain akan berbeda-beda. Hal ini disebabkan banyak faktor, mulai dari pengalaman melahirkan, ukuran dan berat tubuh janin, perlindungan (suami, keluarga), teknik persalinan, bahkan dari tenaga medis yang menolong proses persalinan anda.

Bagi anda yang ingin mengurangi rasa sakit ketika persalinan normal mampu melaksanakan beberapa tips dibawah ini:

  • Berdoa Kepada Tuhan, biar diberikan proses persalinan normal yang lancar dan tentu keselamatan untuk semuanya.
  • Yakin dan Percaya, bahwa anda dapat melaksanakan persalinan dengan mudah dan tanpa rasa sakit.
  • Melakukan Jalan-jalan Kecil mendekati HPL, dan ketika kontraksi belum memuncak, sehingga dapat membantu ibu mempercepat proses persalinan.
  • Tetap Rileks Menjelang Persalinan, karena rasa tegang akan membuat otot-otot ibu menjadi kaku dan proses melahirkan akan lebih menyakitkan. Untuk menerima rileksasi ini, anda harus mendapat perlindungan suami dan keluarga yang lain, menggunakan teknik pernapasan yang benar (ikuti intruksi tenaga medis yang membantu proses persalinan), Titik Pusat Perhatian (membayangkan hal-hal yang menyenangkan) dan mengetahui proses dan teknik persalinan yang benar dengan membaca buku-buku kehamilan.

Mengetahui proses dan teknik melahirkan normal yang benar akan membantu ibu mengurangi rasa sakit yang terjadi. Karena dengan begitu, proses persalinan akan berjalan lebih cepat, dan lebih lancar. Salah satu teknik melahirkan, yang sebaiknya dipelajari ialah mendorong dan mengejan. Anda juga mampu melaksanakan stimulasi puting untuk mempercepat proses persalinan. Stimulasi juga mampu menggunakan obat, yang tentu penggunaannya harus dengan pengawasan dokter.

Ringkasan:

  • Rasa sakit ketika persalinan disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari ukuran janin, teknik melahirkan, bahkan faktor tenaga medis,
  • Melahirkan Normal Tanpa Rasa Sakit mampu didapatkan dengan Keyakinan dan rasa rileks menghadapi persalinan,
  • Berlatih mengejan atau mendorong bayi juga mampu membantu mengurangi rasa sakit ketika persalinan. 

Bersama: +detikcom , +Detikplus , +KOMPAS.com , +Kompas TV , +VIVA , +Susilo Bambang Yudhoyono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *