Tips Medical Check-Up Sebelum Sakit

Tips Kesehatan

Apabila anda tidak mencicipi sakit belum tentu anda sehat, sehingga menjadi alasan untuk menolak melaksanakan Medical Check-Up. Alasan umum yang lain ialah menyerupai menganggap usia masih muda, biaya mahal, tidak ada waktu, dan takut diketahui penyakitnya. Apabila anda termasuk didalam orang-orang tersebut sebaiknya harus selalu ingat, bahwa gangguan kesehatan bukan berdasarkan rasa sakit yang muncul namun ditemukan adanya penyakit dari sisi medis.

Saat anda tidak mencicipi sakit, ada dua kemungkinan yaitu memang tidak ada penyakit atau tolong-menolong dari sisi medis sudah ada penyakit namun belum muncul gejala secara nyata, dan kesadaran dan tugas aktif terhadap tindakan pencegahan (preventive strategy) menjadi penting dilakukan.

Gangguan kesehatan serius pada awal perkembangannya tidak akan menjadikan gejala, dan akan muncul gejalanya dikala penyakit tersebut sudah berada pada tahap lanjut. Tubuh anda menyerupai mesin kendaraan yang harus selalu diperiksa performanya secara rutin, dan Medical Check-Up merupakan salah satu tindakan pencegahan Gangguan Kesehatan yang Serius.

Pemeriksaan Kesehatan atau Medical Check-up dapat mendeteksi ada atau tidaknya penyakit yang umum terjadi di masyarakat, dan anda akan mengetahui risiko terjadinya penyakit tersebut di kemudian hari. Manfaat lain check-up kesehatan adalah; mencegah berkembangnya penyakit, melaksanakan pengobatan segera mungkin, mencegah atau menunda komplikasi yang mungkin terjadi, memperpanjang usia produktif dan keinginan hidup, dan yang paling penting ialah menjaga kualitas hidup anda.

Beberapa penyakit dapat dideteksi secara dini melalui medical check-up, menyerupai diabetes, kelainan lemak darah, jantung, pembuluh darah penyakit hati, penyakit ginjal, kanker, dan penyakit-penyakit yang termasuk dalam lifestyle disease atau penyakit yang disebabkan oleh gaya hidup tidak sehat lainnya.

Apabila setelah melaksanakan Medical Check-up didapatkan hasil normal, sudah sewajarnya anda merasa hening dan senang. Namun tentu anda tetap harus mempertahankan kondisi tersebut dengan cara mengatur contoh makan sehat, olahraga secara teratur dan berusaha untuk mengelola stress. Dan untuk selanjutnya anda mampu melaksanakan Medical Check-up setiap 1-2 tahun sekali.

Apabila hasil check-up ditemukan kelainan dan diagnosis dan dapat ditegakan (dipertanggung jawabkan), maka anda mampu melaksanakan pengobatan sedini mungkin, supaya penyakit anda tidak bertambah parah dan menyebabkan komplikasi. Namun apabila ditemukan kelainan atau indikasi gangguan kesehatan yang diagnosis belum mampu ditegakkan, maka anda perlu melaksanakan pemeriksaan pendukung untuk diagnosis yang lebih pasti.

Ringkasan:

  • Penyakit serius pada awalnya tidak akan menjadikan gejala, dan biasanya gejala akan muncul dikala penyakit sudah sulit disembuhkan,
  • Medical Check-up dapat mendeteksi adanya penyakit yang umum terjadi di masyarakat dan penyakit berbahaya,
  • Penanganan dini suatu penyakit akan lebih mudah dan tidak menjadikan komplikasi yang berbahaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *