Tips Cara Menukar Uang Receh (Uang Kecil) Dengan Uang Besar

Ada kalanya kita memiliki uang receh dalam jumlah yang cukup besar sehingga menyulitkan kita dalam hal penyimpanan maupun pembelanjaan.  Biasanya pedagang akan mengeluh jikalau kita membeli barang dengan uang recehan dalam jumlah besar.  Di ketika yang sama para pedagang pun juga akan mengeluh jikalau kita membeli barang dagangan mereka dengan uang besar secara terus-menerus.  Yang pedagang inginkan secara umum ialah para pembeli membeli barang dagangan mereka dengan uang pas.

Uang menyediakan uang pas tidaklah mudah.  Dalam situasi tertentu kita kelebihan uang besar dan dalam situasi tertentu kita kelebihan uang kecil (uang receh).  Salah satu problem yang kita hadapi ialah ketika kita memiliki terlalu banyak uang receh yang ingin kita belanjakan dalam transaksi jual beli sehari-hari.  Salah satu solusi yang cukup baik ialah dengan menukar uang receh dengan uang besar sebelum disimpan di dalam dompet, kantong atau tas kita.

Nilai Nominal Kecil dari Uang Pecahan Rupiah Secara Umum :

1. Uang Rp. 50,-
2. Uang Rp. 100,-
3. Uang Rp. 500,-
4. Uang Rp. 1.000,-
5. Uang Rp. 2.000,-
6. Uang Rp. 5.000,-
7. Uang Rp. 10.000,-
8. Uang Rp. 20.000,-

Nilai Nominal Besar dari Uang Pecahan Rupiah Secara Umum :

1. Uang Rp. 50.000,-
2. Uang Rp. 100.000,-

Nilai Intrinsik Kecil dari Pecahan Dinar dan Dirham :

1. Pecahan 1/6 Dirham (Daniq Dirham)
2. Pecahan 1/2 Dirham (Nisfu Dirham)

Nilai Intrinsik Besar dari Pecahan Dinar dan Dirham :

1. Pecahan 1 Dirham (Dirham)
2. Pecahan 2 Dirham (Dirhamayn)

3. Pecahan 5 Dirham (Khamsa Dirham)
4. Pecahan 1/2 Dinar (Nisfu Dinar)
5. Pecahan 1 Dinar (Dinar)
6. Pecahan 2 Dinar (Dinarayn)

Keterangan : Dirham terbuat dari perak, sedangkan dinar terbuat dari emas.

Untuk menukarkan uang receh / uang kecil menjadi uang besar kita harus menukarkannya kepada orang atau pihak-pihak tertentu yang biasanya selalu membutuhkan uang receh dalam jumlah besar.  Namun orang atau pihak tertentu tersebut akan menolak uang receh kita apabila mereka telah memiliki uang receh dalam jumlah yang besar bagi mereka.

Orang dan Pihak Tempat Menukarkan Uang Receh ke Uang Besar :

1. Orang-orang di sekitar kita (keluarga, teman, tetangga, dll)
2. Warung (toko kelontong, minimarket, dll)
3. Rumah Makan (warteg, rumah makan padang, warung nasi, kantin, tukang nasi goreng, dll)
4. Bank (bank konvensional, bank syariah, dll)
5. Profesional (tukang ojek, tukang jajanan, dll)

Cara untuk menukarkan uang recehan menjadi uang yang lebih besar nilai nominalnya ialah dengan mendatangi orang atau pihak yang kira-kira bersedia menukar uangnya dengan kita.  Kemudian sesampainya di sana kita sampaikan maksud kedatangan kita yaitu hendak menukarkan uang receh dengan uang besar.  Apabila orang tersebut bersedia, maka lakukanlah penukaran uang kecil kita dengan uang besar orang tersebut.  Setelah transaksi penukaran uang final selanjutnya ialah mengucapkan terima kasih dan meninggalkan kawasan transaksi.  Dengan begitu uang receh kita mampu bermetamorfosis uang besar.  Selamat mencoba menukar uang receh anda dan agar berhasil dengan baik.