Tips Cara Mengatasi / Menghilangkan Stress Sekolah dan Kuliah

Anak-anak dan remaja yaitu orang-orang muda yang belum terang masa depannya.  Di dalam ketidak jelasan itulah banyak di antara mereka yang mengalami stress dan depresi ketika menuntut ilmu di sekolah dan di kampus.  Banyaknya bahan pelajaran yang harus dipelajari oleh para siswa dalam waktu yang singkat, serta banyaknya problem yang harus dihadapi para pelajar dan mahasiswa membuat mereka mudah terserang penyakit-penyakit mental (psikis).  Oleh alasannya yaitu itu diharapkan adanya aneka macam upaya pencegahan dan pengobatan pada belum dewasa dan remaja yang mengalaminya.

Beberapa Cara Menghilangkan / Mengatasi Rasa Stres dan Depresi Sekolah / Kuliah :

1. Hilangkan Rasa Takut Tidak Lulus

Ketidaklulusan yaitu kegagalan yang tertunda.  Jangan memaksakan diri untuk lulus sekolah dan kuliah bila kemampuan kita berada di bawah rata-rata dibandingkan dengan teman-teman sepantaran yang lainnya.  Jika tidak lulus sekolah, masih ada jadwal kejar paket yang bisa diambil untuk menerima ijazah dengan cara yang mungkin lebih mudah dan menyenangkan dibandingkan dengan sekolah biasa.  Masih ada banyak cara untuk bisa lulus tanpa harus mencar ilmu ulang selama setahun penuh di kelas yang sama.  Dengan menghilangkan rasa takut akan ketidaklulusan pada diri kita, maka kita akan dapat lebih menikmati proses mencar ilmu dan mengajar di sekolah atau di kampus.

2. Cari Keahlian, Bukan Nilai

Dengan memiliki banyak keahlian dan keterampilan, maka kita bisa menciptakan lapangan kerja bagi diri kita sendiri maupun untuk orang lain.  Sedangkan bila kita hanya berfokus pada kemampuan menjawab soal-soal ujian, maka keahlian yang kita dapatkan belum tentu dapat kita gunakan dalam dunia kerja.  Mulailah membuka mata, lebih penting mana antara keahlian kerja dengan keahlian memecahkan pertanyaan soal-soal ujian?  Mulai gali aneka macam keahlian dan ketrampilan sesuai dengan bakat dan minat kita.  Namun tetap jangan melupakan kemampuan menjawab soal karena ketika ini masih banyak perusahaan dan instansi yang sangat menghormati nilai-nilai ijazah.  Dengan memiliki aneka macam keahlian maupun ketrampilan yang dibutuhkan oleh banyak perusahaan maka akan membuat diri kita percaya diri dan siap bersaing dalam dunia kerja selepas lulus nanti.

3. Tujuan Hidup yaitu Ibadah

Jika kita bisa menjadi manusia yang beriman dan bertakwa sepenuhnya kepada Yang Mahakuasa SWT maka kita bisa menerima surga.  Namun bila kita terlalu banyak menghabiskan waktu untuk mencar ilmu demi mencari ilmu dan nilai sehingga lupa beribadah secara rutin, maka mungkin saja kita akan masuk neraka.  Beribadahlah sesuai dengan peintahNya dan jauhilah apa-apa yang dilarangNya.  Dengan begitu maka kita akan menemukan kedamaian dan ketentraman hidup walaupun aneka macam hambatan dan rintangan terus-menerus datang silih berganti dalam kehidupan kita.  Dekatkan diri kita kepadaNya dan mintalah kepadaNya apa yang kita inginkan.  Namun jangan lupa untuk selalu berusaha sekuat tenaga dalam rangka mewujudkan impian kita.

4. Katakan Tidak Pada Pacaran

Menikah muda yaitu hal yang jauh lebih baik daripada pacaran, karena pacaran akan terlalu banyak menyita konsentrasi kita selama mencar ilmu di sekolah atau di kampus.  Ada begitu banyak hal buruk dari kegiatan berpacaran di usia sekolah.  Oleh karena itu hindarilah pacar-pacaran biar tidak terkena oleh dampat buruk yang dapat ditimbulkannya.

5. Mulai Belajar Mencari Uang

Kita sekolah dan kuliah tidak lain dan tidak bukan yaitu biar kita bisa dengan mudah menerima pekerjaan yang layak dengan penghasilan yang relatif besar setelah kita cukup umur nanti.  Jadi tidak ada salahnya bila mencari uang menjadi sampingan utama kita di samping kegiatan mencar ilmu sehari-hari di sekolah atau di kampus.  Kurikulum pendidikan kita memang mengarahkan kita semua untuk menjadi karyawan yang baik.  Oleh alasannya yaitu itu sangatlah wajar bila kita tidak diajarkan cara untuk berdagang atau berwirausaha.  Itulah sebabnya kenapa kita harus mencar ilmu sedini mungkin untuk wirausaha baik sendiri, bersama keluarga maupun bersama teman-teman kita.  Dengan adanya penghasilan yang cukup untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari akan membuat kita lebih percaya diri dan lebih tenang dalam melakukan proses mencar ilmu di sekolah / kampus.

6. Menjadi Orang yang Baik

Di setiap sekolah biasanya ada sobat yang baik dan sobat yang tidak baik.  Jadilah orang yang baik walaupun akan menerima usikan dari teman-teman yang tidak baik dan teman-teman yang setengah baik.  Tinggalkan segala perbuatan buruk yang biasanya dilakukan oleh belum dewasa nakal dan belum dewasa gaul menyerupai tawuran, merokok, narkoba, clubbing, nongkrong, pamer harta, pamer kecantikan / ketampanan, membolos, melawan guru, maksiat, dan lain sebagainya.  Dengan menahan diri untuk ikut-ikutan aneka macam hal yang rasanya nikmat namun memiliki resiko yang dapat merusak masa depan, maka kita akan menerima manfaatnya di masa depan.  Menjadi orang baik-baik ketika sekolah dan kuliah akan meningkatkan konsentrasi mencar ilmu kita tanpa merasa minder akhir pandangan negatif teman-teman yang tidak baik.

Itulah beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mengentaskan rasa depresi dan stres kita ketika kita sekolah atau pun kuliah.  Mudah-mudahan dapat membantu teman-teman yang membutuhkannya.  Jika ada sobat yang kira-kira butuh gosip ini, maka sampaikanlah gosip ini kepadanya.  Terima kasih.