Tips Cara Mencari Jalan Alternatif / Jalan Tikus untuk Menghindari Kemacetan

Bagi orang-orang yang tinggal di kawasan yang padat penduduk, kemacetan di jalan raya yaitu sesuatu yang biasa terjadi dan harus diterima oleh semua orang dengan lapang dada.  Kemacetan bekerjsama bisa dihindari dengan melewati jalan alternatif atau jalan tembus yang dapat melewati titik-titik kemacetan.  Baik bagi pengendara kendaraan beroda empat maupun sepeda motor, jalan alternatif yaitu jalan yang bisa menghemat waktu, biaya dan tenaga.  Tidak ada salahnya jikalau kita mencari jalan tembus penghindar macet di jalan-jalan yang biasa kita lalui.

Beberapa Cara Mencari Jalan Tembus / Tikus / Alternatif Agar Tidak Terkena Macet :
1. Bertanya Kepada Orang yang Tahu
Cobalah bertanya kepada orang yang kira-kira tahu, baik anggota keluarga, tetangga, teman, dan lain sebagainya.  Tanyakan apakah mereka mengetahui jalan alternatif untuk menghindari kemacetan yang sering terjadi di suatu tempat.  Apabila ada di antara mereka yang tahu, mungkin kita bisa mengetahui jalan tembus penghindar macet yang cukup efektif.  Selain orang-orang yang kita kenal, orang yang ada di sekitar tempat langganan macet bisa kita tanyai.  Bertanyalah kepada orang yang kira-kira menguasai jalan-jalan di sekitar tempat itu, menyerupai tukang ojek, pedagang, belum dewasa muda, dan lain sebagainya. 
2. Melihat Peta
Cara yang paling mudah untuk mencari jalan tikus sebagai jalan alternatif di kala terjadi kemacetan yang parah yaitu dengan melihat peta.  Anda bisa melihat buku peta jalan yang dijual di toko buku, peta gps, peta komputer dan juga peta internet.  Di internet anda bisa melihat peta secara online dengan aneka macam keterangannya yang mempermudah pencarian anda.  Lihatlah apakah ada terusan dan jalan keluar yang saling terhubung yang bisa menhindarkan diri anda dari macet.  Jika ada, maka hapalkan jalur jalan tersebut beserta jalan cadangannya.
3. Mengamati Kebiasaan Pengguna Jalan
Coba perhatikan selama anda melewati jalan yang macet tersebut ada sekumpulan kendaraan yang berbelok arah ke suatu jalan atau gang.  Jika ada banyak pengendara yang berbelok dengan rasa percaya diri yang tinggi di tempat kemacetan terjadi maupun di tempat sebelum kemacetan terjadi maka ada kemungkinan besar akan eksistensi suatu jalan alternatif untuk menghindari macet.  Namun bisa juga jalan tersebut yaitu jalan tembus menuju suatu jalan yang menjauhi arah yang kita tuju.
Langkah Selanjutnya Adalah Melakukan Survey Sendiri Sebagai Uji Coba
Setelah mencari tahu wacana eksistensi suatu jalan tembus, selanjutnya yaitu mengingat-ingat terusan dari jalan tembus tersebut apakah memang ada atau tidak.  Jangan lupa untuk mengingat rute jalan tembusannya, sehingga tidak tersesat nantinya.  Lalu setelah itu kita harus berani mencoba jalan tersebut seorang diri maupun bersama orang lain dengan menggunakan sepeda motor.  Bisa saja jalan yang seharusnya bisa kita lalui ternyata tertutup, baik diportal ataupun dipagar.  Jika yang kita temui yaitu jalan buntu, maka cobalah jalan yang ada lainnya yang mungkin bisa dilewati berdasarkan info yang kita dapatkan.  Jangan sungkan untuk bertanya kepada orang-orang yang ada di sekitar tempat tersebut.  Apabila memang tidak ada jalan sebaiknya batalkan rencana mencari jalan tembus untuk mencari info yang lebih akurat.
Mudah-mudahan jalan tembus yang anda harapkan bisa anda temukan dengan mudan dan juga cepat.  Terima kasih telah mengunjungi situs web kami yang sederhana ini.