Tips Cara Membuat Es Batu / Batu Es Sendiri Untuk Mendinginkan Minuman

Bagi teman-teman yang belum pernah membuat es watu alias watu es yang biasa kita pergunakan untuk mendinginkan banyak sekali jenis minuman mari kita berguru untuk membuatnya.  Jika teman-teman sudah mampu membuat es watu sendiri, maka teman-teman tidak perlu lagi meminta dukungan orang lain untuk membuatnya, atau membelinya di warung atau toko di sekitar rumah.  Sediakanlah selalu es watu di dalam freezer kulkas kita biar tidak gundah kalau ada tamu yang datang mendadak atau tiba-tiba kita ingin minum yang dingin-dingin.

Membuat es watu tidaklah sulit, alasannya yakni tidak membutuhkan materi yang aneh-aneh yang sulit untuk kita dapatkan.  Namun demikian proses yang diharapkan untuk membuat es watu sendiri membutuhkan waktu yang tidak sedikit.  Sehingga kita akan dituntut untuk tabah untuk menerima es watu yang baik dan prima.  Walaupun watu es biasanya digunakan untuk mendinginkan minuman, namun kita mampu menikmatinya secara eksklusif tanpa diiringi oleh minuman maupun makanan yang lain.

Beberapa Bahan yang Dibutuhkan Untuk Membuat Batu Es / Es Batu :

1. Air Matang
2. Wadah Bersih yang Tidak Bocor
3. Lemari Es yang Ada Freezer

Tahapan atau Langkah Cara Membuat Batu Es / Es Batu Sendiri :

1. Tuang air matang ke wadah yang telah tersedia secara merata
2. Masukkan wadah yang telah terisi air matang ke dalam freezer lemari es anda
3. Setelah beberapa jam es watu telah siap untuk dihidangkan atau disimpan.  Selamat menikmati.

Beberapa Wadah yang Biasa Digunakan Untuk Memproduksi Es Batu / Batu Es :

1. Cetakan es batu
2. Kantong plastik transparan untuk makanan
3. Wadah plastik elastis, dll

Untuk melepaskan es watu yang telah jadi dari wadahnya mungkin agak susah.  Untuk itu kita mampu mencoba beberapa hal untuk mempermudah lepasnya es watu dari wadahnya.  Cara yang paling mudah yakni meletakkannya di ruang terbuka sampai agak mencair sedikit, lalu kemudian menuang atau mengambil watu esnya dari wadahnya.  Bisa juga dengan direndam sebentar di air suhu normal pada bab bawahnya untuk sedikit mencairkan esnya.  Jika wadah cukup elastis dan cukup kuat, kita mampu mencoba meliuk-liukkan wadahnya dengan cita-cita batus es dapat keluar dari wadah tanpa harus dicairkan terlebih dahulu.  Selamat mencoba membuat es watu anda sendiri dan semoga berhasil.