Tips Cara Membuat Bangga Pada Diri Kita Sendiri

Ada kalanya kita merasa rendah diri karena kehilangan rasa percaya diri pada diri sendiri.  Jika rasa tidak percaya diri sudah menguasai diri kita, tentu efeknya akan menjadi tidak baik.  Potensi-potensi yang ada pada diri kita akan karam karena didominasi oleh perasaan pesimis.  Orang yang sudah pesimis biasanya sulit untuk maju karena takut bila apa yang dibutuhkan ternyata gagal menjadi kenyataan.

Pada dasarnya setiap orang itu seharusnya bangga.  Manusia yaitu makhluk yang tepat diciptakan oleh Tuhan SWT.  Oleh karena itu janganlah berkecil hati hanya karena masalah-masalah yang sepele.  Apalagi hingga putus asa sehingga menjadi timbul cita-cita untuk mengakhiri hidup di dunia.  Jika jadi insan saja sudah tidak pede, apalagi jadi hewan, tanaman atau menjadi jin.

Berikut di bawah ini yaitu tips-tips untuk meningkatkan rasa percaya diri kita dalam hidup ini :

1. Melihat Ke Bawah

Lihatlah orang-orang yang tidak lebih beruntung dari diri kita.  Tentu saja kita akan merasa sangat besar hati ketika melihat orang yang hidup sebatang kara tidak punya kawasan tinggal dan pekerjaan.  Kita pun akan merasa sangat besar hati diri ketika kita melihat orang-orang yang cacat, baik cacat fisi maupun cacat mental.  Harga diri kita pun juga sangat mahal, karena sebagian besar orang tidak akan mau menjual penglihatan matanya walaupun ditawar uang trilyunan rupiah.  Itu menunjukan bahwa kita gotong royong sangat kaya karena organ badan kita sangat tidak ternilai harganya.

2. Mengingat Prestasi Hidup Kita

Jika ketika ini kita yaitu orang baik yang tidak suka berbuat jahat kepada orang lain, itu merupakan suatu prestasi yang sangat baik.  Tidak jarang orang yang sulit untuk sekedar membisu tidak mengganggu orang lain.  Banyak orang yang lebih memilih jalan hidup yang salah dengan menjadi sampah masyarakat.  Begitu pun bila kita selama ini telah berbuat baik kepada tetangga, orang tua, saudara, teman, dll itu yaitu prestasi hidup yang tidak boleh diabaikan begitu saja.  Apalagi bila punya prestasi membanggakan di masa lalu menyerupai juara lomba, mendapat penghargaan, pernah diberi kebanggaan yang jujur, dan lain sebagainya.

3. Evaluasi Tujuan Hidup

Pada dasarnya tujuan hidup kita itu tidak lain dan tidak bukan yakni untuk beribadah kepada Tuhan SWT.  Dalam agama orang yang kaya itu yaitu bukan orang yang banyak harta, akan tetapi orang yang kaya hati.  Dalam agama orang yang cerdas itu bukan orang yang wawasannya luas pengalamannya banyak, namun yang paling banyak mengingat mati dan mempersiapkan bekal sebelum janjkematian menjemput.

Dari ketiga hal tersebut di atas saya rasa cukup untuk meningkatkan rasa percaya diri kita.  Jangan aib dengan orang lain yang mungkin lebih cerdas, lebih pintar, lebih kaya, lebih pengalaman, lebih cakep, lebih alim, dan aneka macam kelebihan lainnya.  Sesegera mungkin tingkatkan rasa percaya diri dengan meninggalkan kebiasaan-kebiasaan buruk dan mulai membiasakan diri dengan hal-hal baik yang mungkin belum pernah kita lakukan sebelumnya.  Mudah-mudahan mampu membuat kita besar hati akan diri kita sendiri.