Tips Cara Membeli/Memiliki Rumah Pribadi Murah, Mudah dan Cepat

Bagi orang yang memiliki pengahasilan kecil yang setara atau bahkan di bawah upah minimum provinsi UMP atau UMR, memiliki rumah sendiri yakni sesuatu hal yang sangat sulit.  Harga rumah yang sangat tinggi bagi orang-orang yang berpenghasilan rendah memang menunjukkan betapa parahnya perekonomian di negara kita.  Namun dengan demikian bukan berarti setiap orang yang mempunyai penghasilan rendah untuk mengalah pada keadaan.  Justru di sanalah letak tantangannya yang hanya bisa dilalui oleh orang-orang yang cerdas bermental baja.

Kemiskinan bukanlah selesai dari keinginan untuk memiliki rumah sendiri di tempat yang layak.  Selama seseorang memiliki penghasilan yang lebih dari kebutuhan pokok langsung minimalis, maka orang tersebut memiliki kesempatan untuk mempunyai rumah sendiri.  Jangan melihat harga rumah-rumah yang ada di sekitar kita dengan harga yang setinggi langit.  Di bawah langit pun masih ada langit, sebab bumi itu lingkaran sehingga langit mengelilingi kita, termasuk yang ada di bawah kita.

Yang terang untuk bisa memiliki rumah membutuhkan beberapa sifat berikut ini :

1. Memiliki tingkat kesabaran yang tinggi
2. Memiliki keingingan yang berpengaruh memiliki rumah
3. Rajin menabung, hemat dan tidak boros
4. Gaya hidup sederhana, tidak iri dan tidak gengsian
5. Siap bekerja suplemen di luar jam kantor (pekerja keras)
6. Pintar dan tegas dalam mengatur pengeluaran
7. Gesit dalam mencari isu dan melaksanakan survey lokasi
8. Pintar bernegosiasi dan tawar-menawar dengan penjual
9. Tidak mudah rendah diri dalam mendapatkan celaan
10. Tenang dan tidak tergesa-gesa dalam membuat keputusan

Apabila anda sudah memiliki sifat-sifat di atas, maka anda bisa mempraktekkan cara cepat, mudah dan murah tanpa harus berafiliasi dengan bank konvensional maupun bank syariah yang telah mengakibatkan keruntuhan muamalah kita dengan uang-uangannya.  Sifat-sifat di atas harus dipraktekkan dengan penuh penghayatan semoga bisa berhasil dengan baik.  Setelah rumah telah secara penuh dimiliki, barulah anda bisa kembali ke banyak sekali kebiasaan-kebiasaan buruk yang selama ini membinasakan diri anda sendiri.  Namun, kembali ke kebiasaan buruk lama berarti anda akan mendapatkan keburukan dunia dan akhirat.  Dengan demikian maka buanglah setiap hal-hal buruk yang ada di dalam diri anda dan jadilah orang yang baik secara penuh.

Cara Memiliki atau Membeli Rumah Secara Cepat, Mudah dan Murah :

1. Mengumpulkan Uang

Berubahlah menjadi orang yang sederhana dan bijaksana.  Tabunglah setiap uang yang anda miliki di luar kebutuhan pokok minimalis.  Berhenti menjadi orang yang boros dan gengsi tinggi.  Jadilah orang yang pelit untuk diri sendiri dan orang lain untuk sementara waktu, namun tetap ringan tangan untuk bersedekah.  Berhenti merokok, jajan, jalan-jalan, berlangganan internet di handphone, membeli sesuatu yang tidak mendesak sekali, dan lain sebagainya yang menguras uang yang anda miliki.  Usahakan sekuat tenaga untuk bisa menabung tiga ratus ribu hingga satu juta rupiah perbulan.  Dalam satu tahun anda bisa mendapatkan jutaan rupiah di dalam tabungan anda.  Jangan lupa untuk menyimpan uang anda di tempat yang aman dalam bentuk emas atau perak semoga tidak hilang dicuri orang serta aman dari inflasi (perampokan nilai uang tanpa kita sadari).

2. Pemasukan Tambahan

Selain menabung secara ekstrim, anda juga bisa menjual barang-barang berharga milik anda menyerupai handphone mahal, barang-barang elektronik, perabot rumah tangga, barang bekas, dan lain sebagainya.  Uang hasil penjualan barang bisa kita belikan emas dan perak untuk ditabung.  Cari juga pekerjaan suplemen yang bisa menghasilkan uang untuk bisa ditabung sebagai modal memiliki rumah sendiri.

3. Membeli Tanah

Ketika uang yang terkumpul telah dirasa cukup maka selanjutnya yakni membeli tanah.  Ada begitu banyak tanah murah yang dijual di luar sana dengan harga seratus ribu rupiah ke bawah permeter persegi.  Pilihlah kawasan yang akrab dengan terusan ke tempat bekerja atau ke tempat yang mudah transportasinya.  Untuk kawasan jabodetabek mungkin bisa mencari di kawasan bogor, bekasi, tangerang, tangerang selatan dan depok yang akrab dengan stasiun kereta api.  Uang sepuluh juta rupiah dapat anda belikan tanah seluas seratus meter persegi belum termasuk biaya kepengurusan surat-suratnya.  Pilih tanah yang memiliki banyak sekali keunggulan menyerupai mudah mengurus surat-suratnya, bebas banjir, strategis, ada terusan mobil, akrab fasilitas-fasilitas, memperkecil biaya pengeluaran rutin anda, dan lain sebagainya.  Survey dan pelajari benar-benar lokasi yang ingin anda beli tanahnya semoga tidak menyesal kemudian.

4. Membangun Rumah

Setelah tanah terbeli, kemudian anda harus membangun rumah secara bertahap.  Jika uang tidak ada, maka tabunglah uang anda kembali dengan penuh kesabaran selama beberapa bulan atau lebih.  Bangunlah rumah yang sederhana dengan materi murah menyerupai rumah bilik bambu yang banyak dipakai oleh villa-villa mahal.  Untuk tahap awal bangunlah sebuah rumah kecil seukuran kost-kosan terlebih dahulu, kira-kira seukuran luas 12 meter persegi.  Jangan lupa untuk membuat sumur air dan membeli pompa airnya.  Urus juga pemasangan jaringan listrik PLN semoga dikala menempati rumah nantinya bisa lebih nyaman.

5. Menempati Rumah

Setelah rumah jadi, maka tempatilah rumah tersebut untuk bisa mencicipi banyak sekali kelebihan dan kekurangannya.  Begaulah dengan baik dengan para tetangga, membeli perabot yang anda butuhkan, dan lain sebagainya.   Jika anda merasa nyaman tinggal di sana, maka anda bisa masuk ke langkah-langkah berikutnya.  Apabila anda merasa tersiksa dan tidak nyaman tinggal di rumah tersebut yang bukan sebab faktor kesederhanaan fisik rumah, maka anda bisa menjualnya dan mengulangi tahapan membeli tanah, membangun rumah dan menempati rumah hingga anda benar-benar menemukan tempat yang paling sempurna untuk tinggal hingga ajal anda.  Anda pun juga sudah bisa menikah dan membentuk keluarga kecil sederhana yang bahagia.  Jika bisa pilihlah pasangan hidup yang bisa mencari uang suplemen tanpa mengorbankan keluarga terutama anak-anak.

6. Mengurus Surat-Surat

Jika anda sudah kerasan tinggal di tempat tersebut, maka anda harus segera mengurus surat-surat resminya menyerupai serfitikat hak milik atau bentuk akta lainnya yang diakui oleh negara.  Jika belum ada akte jual beli, maka uruslah akte jual belinya dahulu.  Jangan lupa untuk mengurus pajak-pajak yang ada, surat-surat pengantar yang dibutuhkan, dan lain sebagainya.  Setelah itu maka selanjutnya yakni mengurus izin mendirikan bangunan.  Jika anda ingin menjadi warga resmi di tempat tinggal anda tersebut, maka uruslah kartu tanda penduduk dan kartu keluarga sebagai bukti anda telah resmi menjadi penduduk asli di kawasan tersebut.

7. Melakukan Ekspansi

 Setelah semua beres yang terakhir anda lakukan yakni memperluas rumah anda, meningkat rumah anda, membeli tanah di samping kiri, kanan dan belakang rumah anda, mempercantik interior dan eksterior rumah, dan lain sebagainya.  Secara perlahan namun pasti rumah anda akan semakin besar dan semakin bagus.  Bangunlah rumah dengan mengutamakan kesehatan dan kenyamanan hidup, sebab salah mendesain rumah dari awal bisa berdampak buruk bagi kebahagian keluaga anda.

Selamat mencoba dan semoga berhasil mewujudkan keinginan anda.