Tips Cara Membeli Tanah dengan Cara Dicicil / Kredit / Angsuran

Bagi anda yang ingin punya tanah sendiri namun merasa sulit alasannya yaitu memiliki penghasilan yang tidak terlalu besar maka jangan bersedih lagi alasannya yaitu ketika ini banyak yang menyampaikan tanah dengan cara dicicil alias kredit.  Ada tanah yang mampu dicicil atau diangsur dengan uang muka alias dp (down payment) dan ada pula yang tidak mewajibkan dp ketika membeli tanah.  Dengan demikian maka orang yang penghasilannya tidak begitu besar pun mampu menikmati kegiatan pembelian tanah kavling secara cicilan tersebut.

Tidak perlu risau lagi alasannya yaitu ketika ini masih ada tanah yang cicilannya rendah yaitu di bawah satu juta rupiah.  Sudah tanpa dp, cicilannya rendah pula.  Tentu hal tersebut akan sangat membantu orang-orang yang memang hanya memiliki sedikit kelebihan rezeki.  Jika nanti suatu ketika nanti tanahnya sudah dimiliki secara penuh, maka anda mampu membangun rumah rumah sesuai dengan perjanjian jual beli kavling tanahnya.

Tips Cara Membeli Tanah dengan Cara Kredit, Cicilan atau Angsuran :

1. Cari Informasi Tanah Kredit di Internet

Dengan mesin pencari terkemuka anda mampu tinggal mencarinya saja di dunia maya.  Cari saja kavling murah, kavling tanpa dp, kavling syariah, dan lain sebagainya sebagai kata kunci.  Bisa juga dengan mencarinya di situs web iklan online lokal terkemuka.  Jika sudah ada banyak yang ditemukan maka tinggal disortir saja mana yang kira-kira cocok dengan selera kita.  Jangan lupa telusuri track record alias rekam jejak perusahaan atau pihak yang menyampaikan kavling tanah yang mampu dicicil tersebut.  Jangan hingga kita kena tipu alasannya yaitu berurusan dengan penjual tanah penipu.  Pilihlah yang syariah sesuai syar’i semoga tidak terkena riba.

2. Survey Lokasi Tanah Kavling

Jika sudah ada tanah kavling kriditan yang kita minati, maka langkah berikutnya yaitu datang pribadi ke lokasi untuk melihat dan mengecek kebenaran penjual tanah tersebut.  Jika semua lancar-lancar saja dan tidak ada hal yang mencurigakan, maka anda mampu lanjut ke tahap berikutnya.  Jika tidak maka sebaiknya anda jangan mengambil tanah kreditan tersebut.  Jika anda menemukan kavling tanah yang lokasinya indah maka segeralah di booking terlebih dahulu semoga tidak diambil orang lain.

3. Akad Kredit

Jika semua sudah baiklah maka langkah berikutnya yaitu membuat perjanjian jual beli secara kredit antara penjual tanah dan pembeli tanah.  Jika perlu lakukan di kantor notaris langganan mereka semoga kita mampu lebih percaya keabsahan penjual tanah kredit tersebut.  Setelah kesepakatan maka yang dilakukan yaitu melaksanakan pembayaran sesuai perjanjian dengan baik.

4. Mengurus Surat-Surat Jual Beli Tanah

Jika cicilan tanah kita sudah hampir lunas biasanya kita sudah mampu dibuatkan surat-surat resmi yang terkait dengan tanah yang kita beli.  Contohnya yakni menyerupai akte jual beli (ajb) dan akta hak milik (shm).  Hal tersebut perlu kita lakukan semoga nantinya setelah tanah lunas dibayar, maka tanah tersebut sudah ada surat-surat legalitasnya yang resmi dari pemerintah dan notaris.

Membeli tanah itu bahu-membahu tidak sulit untuk dilakukan asalkan ada kemauan dan ada upaya untuk menggapainya.  Tanah yaitu aset yang mampu wariskan dengan mudah kepada anak, cucu dan bahkan cicit kita di masa yang akan datang.  Mudah-mudahan berita tips menerima tanah dengan cara dicicil ini mampu menyampaikan banyak manfaat bagi kita.  Terima kasih banyak atas perhatian anda.