Tingginya Kandungan Kolesterol Pada Buah Durian/Duren Hanya Mitos

Sebagian orang sangat pantang makan durian (duren) alasannya yakni dipercaya bahwa kandungan kolesterol jahat pada buah durian sangat tinggi sehingga dapat menimbulkan suatu penyakit bertambah parah.  faktanya yakni hal tersebut tidaklah benar.  Selama buah duren dimakan tidak secara berlebihan dan dalam kondisi tidak dilarang dokter maka makan buah durian itu boleh-boleh saja.  Tidak hanya rasanya yang sangat enak saja, durian juga mengandung aneka nutrisi yang diperlukan oleh badan manusia.

Salah satu fakta ihwal durian yang tidak banyak diketahui oleh masyarakat Indonesia yakni bahwa buah durian mengandung kolesterol dalam jumlah besar dan harus dipantang oleh orang-orang yang kadar kolesterol dalam darahnya tinggi.  Padahal buah durian tidak mengandung kolesterol alasannya yakni pada dasarnya kolesterol hanya ada di dalam makanan dan minuman yang berbahan dasar dari hewan.  Selama dikonsumsi dalam batasan yang wajar dan dalam kondisi badan yang sehat, buah duren tidak akan menimbulkan gangguan kesehatan maupun penyakit yang membahayakan.  Selain itu buah durian juga dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat di dalam badan manusia.

Buah durian yang kaya akan zat gizi merupakan salah satu alasan yang sempurna bagi seseorang untuk mengkonsumsinya.  Makan buah duren sebanyak 100 gram saja mampu menawarkan banyak gizi ke dalam tubuh.  Ada kandungan vitamin B, vitamin C, vitamin E, zat besi, protein lembut, asam amino triptofan, lemak mentah, dan lain sebagainya.  Namun untuk orang yang dilarang makan durian menyerupai orang yang terkena penyakit darah tinggi (hipertensi) dan perempuan yang sedang mengandung (hamil) tidak disarankan makan buah durian yang rasanya enak tersebut.