Terlalu Sering Berdekatan dengan Handphone Bisa Menyebabkan Penyakit

Ponsel atau handphone ialah alat elektronik yang mampu memancarkan radiasi gelombang elektromagnetik ke lingkungan sekitarnya.  Radiasi yang dipancarkan oleh handphone pada dasarnya tidak membahayakan bagi insan di sekitarnya.  Akan tetapi jikalau seseorang terlalu sering berdekat-dekatan dengan handphone maka bukan sesuatu hal yang tidak mungkin akan dapat menimbulkan gangguan kesehatan yang cukup serius.

Banyak penelitian atau riset yang mengatakan bahwa radiasi ponsel atau handphone mampu menimbulkan penyakit kanker dan gangguan kesehatan lainnya.  Namun efek radiasi menunjukkan dampak yang berbeda-beda antara orang yang satu dengan yang lain.  Orang tertentu yang lebih sensitif terhadap radiasi hp mungkin akan mencicipi eksklusif efek radiasi setelah terpapar dalam jangka waktu yang lama.  Namun pada orang-orang tertentu mungkin tidak akan mencicipi apa-apa walaupun terpapar radiasi dalam jumlah besar dan rutin.

Walau bagaimana pun kita harus tetap waspada terhadap ancaman kesehatan apa pun bentuknya.  Tentu akan jauh lebih baik mencegah daripada mengobati penyakit yang ditimbulkan oleh radiasi handphone.  Salah satunya yaitu dengan meletakkan handphone jauh-jauh ketika tidak berpindah-pindah tempat.  Jangan selalu meletakkan handphone di saku baju, saku celana, ikat pinggang, bh, cd, dan lain sebagainya.

Selain menjauhkan diri dari handphone ketika tidak digunakan atau tidak diajak bepergian, ketika menelpon hendaknya lebih memilih menggunakan earphone, headset, loudspeaker (pengeras suara), dan lain-lain yang tidak mengharuskan handphone ditempelkan ke kepala penggunanya.  Jika membeli handphone belilah handphone yang menghasilkan radiasi yang rendah dikala digunakan.  Selain itu pipihlah kawasan tinggal dan kawasan beraktivitas yang sinyal handphonenya bagus biar radiasi yang dihasilkan pada dikala penggunaan handphone tidak bertambah besar akhir sinyal yang tidak stabil.