Tempat yang Dilarang/Tidak Boleh Memakai Alas Kaki (Sepatu, Sendal, Dll)

Di dalam kehidupan bermasyarakat kita sehar-hari terdapat banyak sekali kebiasaan yang berlaku di sekitar kita.  Salah satu kebiasaan yang ketika ini masih berlaku dalam masyarakat kita yaitu kebiasaan melepaskan ganjal kaki kita baik berupa sepatu, sendal, sepatu sandal, bakiak, sepatu roda, dan lain sebagainya di tempat-tempat tertentu.  Kebiasaan atau peraturan lepas ganjal kaki ini berlaku di tempat-tempat tertentu baik secara tertulis maupun tidak tertulis.  Namun peraturan ini tidak berlaku apabila seseorang memakai ganjal kaki khusus dalam ruangan yang bersih sehingga tidak mengotori daerah yang terjaga kebersihannya tersebut.

Jika seseorang melanggar kebiasaan membuka ganjal kaki di tempat-tempat tertentu yang sangat menjaga kebersihannya, maka orang tersebut akan menerima teguran maupun kemarahan dari orang lain di sekitarnya.  Oleh alasannya yaitu itu sangat penting bagi kita untuk mengetahui banyak sekali kebiasaan yang berlaku di masyarakat maupun di tempat-tempat tertentu semoga tidak mengakibatkan problem dengan orang-orang yang ada di sekitar kita.  Dengan adanya sikap saling hormat-menghormati dan harga-menghargai satu sama lain, maka dapat terjalin suatu kerukunan antar anggota masyarakat yang terjaga dengan baik.

Berikut ini yaitu beberapa daftar tempat-tempat yang mewajibkan orang-orang melepaskan ganjal kakinya yang kotor (alas kaki outdoor) :

1. Masjid

Masjid ataupun musholla yaitu daerah suci yang dipergunakan untuk ibadah kaum muslim.  Oleh alasannya yaitu itu pada umumnya masjid sangat menjaga kebersihan lingkungannya terutama di bab dalam di mana ibadah sholat biasa dilakukan.  Selain daerah sholat, masjid pun juga umumnya mewajibkan orang-orang untuk melepaskan ganjal kakinya yang kotor di daerah atau bab lain dari masjid yang terdapat lantai keramik atau lantai keras ibarat di toilet dan daerah wudhu.

2. Rumah

Sebagian besar rumah-rumah di Indonesia yang tidak berlantaikan tanah mengharuskan penghuninya maupun tamu-tamunya untuk melepaskan ganjal kakinya apabila hendak memasuki rumah tersebut.  Namun tidak berarti semua orang tidak boleh menggunakan ganjal kaki tanpa terkecuali, karena sebagian orang menggunakan sendal yang memang khusus untuk digunakan di dalam rumah yang terjaga kebersihannya.

3. Layanan Kesehatan

Sebagian tempat-tempat pelayanan kesehatan yang biasanya melayani kalangan menengah ke bawah biasanya mewajibkan pasiennya untuk melepaskan ganjal kakinya di luar sebelum memasuki daerah pelayanan kesehatan maupun sebelum memasuki daerah prakter petugas kesehatan (dokter, bidan, mantri, daerah pemeriksaan, daerah obat, dan lain sebagainya)

4. Kolam Renang

Di kolam renang, setiap orang yang hendak berenang harus melepaskan ganjal kakinya.  Hal ini untuk menjaga kebersihan air di kolam renang dan juga semoga para perenang dapat lebih leluasa bergerak di kolam renang tanpa terganggu benda yang menempel di kakinya.  Jika memaksakan diri menggunakan sendal atau sepatu, maka acara berenang pun dapat menjadi sulit dan bisa-bisa mendapat teguran dari pengelola kolam renang.

5. Tempat Menuntut Ilmu

Sebagian sekolah ibarat playgrup (kelompok bermain), paud (pendidikan anak usia dini), tk (taman kanak-kanak), sd (sekolah dasar), smp (sekolah menengah tingkat pertama), sma (sekolah menengah tingkat atas), pt (perguruan tinggi), daerah kursus, daerah pelatihan, daerah bimbingan belajar, dan lain sebagainya mewajibkan murid-muridnya untuk melepaskan ganjal kakinya di luar kelas atau di luar daerah menuntut ilmu demi kenyamanan bersama.

Sekian untuk sementara ini.  Jika ada perhiasan mohon ditambahkan lewat kolom komentar di bawah ini.  Terima kasih banyak atas kunjungan dan partisipasi aktif anda di website ini.