Teks Proklamasi : Isi dan Perumusan Teks Proklamasi Asli

Hai teman semua, kali ini admin ingin mengembangkan sebuah materi yang pastinya akan meningkatkan rasa nasionalisme dan kecintaan kita dengan negeri ini, yaitu ihwal Teks Proklamasi. Teks yang merupakan saksi bisu dari Bangsa ini. Dimana ketika itu, Bangsa kita resmi terbebas dari semua belenggu penjajahan, menjadi bangsa yang bangun dengan kakinya sendiri, dan menjadi bangsa yang Merdeka.

Memang, melihat sejarah bangsa Indonesia tidak terlepas dengan teks proklamasi ini. Para pejuang dahulu, tokoh-tokoh penting dahulu memperjuangkan semua yang dimilikinya untuk mencapai satu tujuan yang konkret dan jelas, yaitu Indonesia Merdeka. Mereka semua berkorban, baik nyawa maupun pikiran mereka. Mereka bekerja siang dan malam memikirkan semua hal itu, hanya untuk satu tujuan mulia tersebut, membawa nama Indonesia supaya diakui oleh dunia.

Proses Perumusan Teks Proklamasi

Lantas apa yang harus kita lakukan sebagai generasi sekarang ini? Kita mampu memulai dengan hal-hal yang sederhana, gres kemudian kita mampu melanjutkannya pada hal yang lebih serius lagi. Contoh sederhananya yaitu kita harus tahu isi teks proklamasi, teks yang menjadi saksi bagi Bangsa Ini. Teks yang dibaca dengan sangat lantang oleh Bapak Presiden pertama kita, Ir. Soekarno.

Tapi sebelum teks tersebut dibuat, ada sebuah kisah berkaitan dengan teks proklamasi kemerdekaan Indonesia ini yang mana ketika itu para tokoh-tokoh penting ibarat Ir. Soekarno dan Drs. Moh Hatta diculik oleh para perjaka dan dibawa ke Rengasdengklok untuk segera memproklamirkan diri sebagai bangsa yang merdeka. Namun hal itu tidak eksklusif disetujui oleh Ir. Soekarno kala itu, sebab dia beranggapan bahwa ketika itu merupakan waktu yang tidak tepat.

Nah, para tokoh-tokoh yang diculik tadi kemudian melaksanakan perumusan teks proklamasi yang kemudian rampung dan dibacakan kepada seluruh rakyat Indonesia pada hari Jumat 17 Agustus 1945 di Jl, Pegangsaan Timur No. 56 Jakarta oleh Ir. Soekarno.
Baca juga sejarah bansa lainnya, yaitu sejarah dekrit presiden 5 Juli 1959.

Baca Juga:  Kakawin / Kitab Arjunawiwaha, Isi/Cerita Pengarang, Hindu Budha, Sejarah, Peninggalan

Untuk lebih detailnya lagi, silahkan baca ulasan berikut.

Teks Proklamasi Kemerdekaan Bangsa Indonesia

Teks Proklamasi Otentik
Setelah teman membaca ringkasan diatas, pasti sekarang teman sudah sedikit paham mengenai jalan kisah perumusan teks proklamasi ini. Ya persitiwa yang bersejarah bagi Bangsa Indonesia ini terjadi dengan aneka macam hal-hal yang menarik untuk kita ketahui.

JAS MERAH – Jangan Sekali-kali Melupakan Sejarah (Ir. Soekarno)

Dari quote diatas, kita sebagai episode dari bangsa ini, tidak boleh melupakan sejarah begitu saja. Karena sejarah itu sangatlah penting. Semua peritiwa yang ada dimasa lalu mampu kita jadikan cerminan supaya menjadi lebih baik lagi dimasa yang akan datang.

Awal Mula persitiwa menjelang kemerdekaan Indonesia ini ialah ketika Jepang yang ketika itu menjajah Indonesia kalah dengan pasukan sekutu setelah 2 kota penting di bom atom yaitu Hiroshima dan Nagasaki.

Nah melihat kejadian tersebut, membuat para perjaka meminta supaya Ir.Soekarno dan Drs.Moh Hatta untuk segera memproklamirkan diri menjadi bangsa yang merdeka. Namun, Ir.Soekarno menolak hal tersebut dengan alasan waktu yang tidak tepat.

Setelah itu, terjadilah persitiwa “Rengasdengklok” dimana ketika itu para perjaka mendesak tokoh-tokoh renta untuk segera memproklamasikan kemerdekaan bangsa ini.

Setelah melalui perundingan, kesudahannya Ahmad Soebardjo berhasil membujuk para perjaka untuk bersabar. Setelah itu, terjadi peristiwa pertemuan antara Pertemuan Soekarno/Hatta dengan Jenderal Mayor Nishimura dan Laksamana Muda Maeda……….
Penasaran dengan kelanjutannya, lihat versi lengkapnya di wikipedia proses perumusan teks proklamasi.

Lihat Isi Teks Proklamasi Asli

Teks naskah Proklamasi Klad ialah asli merupakan goresan pena tangan sendiri oleh Ir. Soekarno sebagai pencatat, dan ialah merupakan hasil gubahan (karangan) oleh Drs. Mohammad Hatta dan Mr. Raden Achmad Soebardjo Djojoadisoerjo.
Para perjaka meminta supaya teks proklamasi bunyinya keras dan tegas, namun pihak Jepang melarangnya. Ada beberapa kata yang dituntut, ibarat misalnya “penyerahan”, “dikasihkan”,”diserahkan”, atau “merebut” diganti dengan “pemindahan kekuasaan”.

Dan setelah itu, Teks tersebut dibacakan oleh Ir.Soekarno didepan para perjaka dan rakyat yang juga disiarkan di radio.
Teks Proklamasi Klad tersebut ibarat gambar dibawah ini….
Teks Proklamasi Asli
Nah sekian artikel dari saya mengenai teks proklamasi, semoga bermanfaat dan jangan lupa like dan share artikel ini kepada sobat-sobat lainnya, supaya mereka lebih mengenal lagi ihwal Bangsa Indonesia ini.