Teks Negosiasi (Pengertian Struktur Kaidah Kebahasaan Contoh)

Hai teman semua, kali ini saya mau menyebarkan artikel wacana Teks Negosiasi untuk teman semua. Disini saya tidak hanya membahas sebatas pengertian teks negosiasi saja, melainkan semua wacana teks negosiasi tersebut.

Materi ini akan teman dapatkan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pastinya, tapi bahan ini juga sangat berkhasiat dikehidupan sehari-hari, berkaitan dengan tawar menawar barang nantinya. Pada bahan ini, yang perlu teman ketahui ialah pengertian, struktur teks negosiasi, dan juga teman harus mampu membuat pola dari teks negosiasi itu sendiri, gres bila teman sudah mampu menyelesaikan itu semua teman mampu dikatakan sudah menguasai bahan ini,

Oke tidak usah berlama-lama lagi ya, pribadi saja kita mulai pembahasan mengenai materi Teks Negosiasi beserta contohnya. Silahkan disimak…

Pengertian Teks Negosiasi

Pengertian Teks Negosiasi

Oke sebelum melangkah ke hal yang lebih kompleks, pertama kita bahas terlebih dahulu pengertian dari teks negosiasi itu sendiri. Berikut penjelasannya :

Teks Negosiasi ialah teks yang berisi wacana interaksi antara dua orang atau lebih yang dilakukan untuk menetapkan/menentukan keputusan diantara dua belah pihak yang memiliki kepentingan yang sama, dan keputusan yang diambil tersebut disepakati oleh keduanya.

Itu tadi pengertian teks negosiasi, nah untuk bab yang saya beri warna biru merupakan point-point penting berkaitan dengan bahan yang sedang kita pelajari ini. Kaprikornus inti dari teks negosiasi ialah mencari jalan tengah yang mana saling menguntungkan kedua belah pihak. Jika antara dua belah pihak tidak terjadi kesepakatan, maka mampu dikatakan negosiasi yang terjadinya antara kedunya mengalami kegagalan.

Nah bagaimana? sudah jelaskan? selanjutnya kita bahas bab struktur dari teks negosiasi itu sendiri. Silahkan disimak.

Struktur Teks Negosiasi

Setiap teks pasti memiliki struktur yang membangun sehingga menjadi teks yang utuh, tidak terkecuali dengan teks negosiasi ini. Struktur Teks Negosiasi ada 3, yaitu pembukaan, isi dan penututp. Simpel kan? nah untuk lebih jelasnya silahkan lihat ulasan dibawah ini

  1. Pembukaan, ialah bab awal dari teks negosiasi. Biasanya bab ini berisi sapaan, salam, atau pengenalan diri. Nah jadi bila teman nantinya ingin membuat atau melaksanakan negosiasi secara langsung, silahkan gunakan salah satu point diatas.
  2. Isi, ialah bab yang lebih kompleks dimana mulai terjadi interaksi antara 2 belah pihak yang mana keduanya sama-sama mencari jalan tengah dari permasalahan yang mereka hadapi. Bagian ini nantinya akan sangat panjang, tergantung dari negosiasi yang terjadi antara keduanya, apakah alot atau cepat. Tapi biasanya bila 2 belah pihak melaksanakan negosiasi akan sangat lama pastinya.
  3. Penutup, ialah bab yang membuktikan negosiasi telah tamat dimana telah terjadi akad antara kedua belah pihak. Tapi untuk beberapa kasus sering kita jumpai negosiasi antara 2 belah pihak tersebut mengalami kegagalan.
Didalam melaksanakan negosiasi, kita akan mengenal yang namanya kaidah kebahasaan teks negosiasi. Kaprikornus bila kita melaksanakan negosiasi tidak boleh sembarangan, menyerupai misalnya mengutarakan hal yang tidak logis atau tidak mungkin dilakukan, tidak konsisten dengan yang diucapkannya dan hal lainnya.

Contoh Teks Negosiasi Lengkap

# Contoh Teks Negosiasi Jual Beli
Terjadi negosiasi antara penjual Laptop dengan Tono. Tono ingin membeli laptop untuk bermain game dengan harga sekitar Rp.5.200.000.
Penjual : “Selamat siang mas, ada yang mampu saya bantu?”
Tono     : “Oh ya gini mas saya sedang nyari laptop game nih mas”
Penjual : “Laptop game ya mas, ini kami ada produk gres dan masih promo ini mas”
Tono     : “Wah, saya nggak suka desain sama warnanya mas, ada yang lain?”
Penjual : “Ada mas, ini produk keluaran tahun lalu, tapi tetep setuju kok buat game”
Tono     : “Wah saya suka yang ini mas, berapa hargany?”
Penjual : “Oh kalau yang itu Rp.5,5 juta mas, nggak ada promo kalau yang itu”
Tono     : “Wah saya cuma ada budget Rp.5 juta mas, nggak boleh kurang ya?”
Penjual : “Kalau 5 juta yang tadi mas, kalau yang ini gak ada promo”
Tono     : “Aduh, saya nggak suka yang tadi mas, saya sukanya yang ini”
Penjual : “Gini aja deh, karna beberapa produk kami lagi promo, untuk yang ini saya kasih deh Rp.5,3 juta deh”
Tono     : “Wah Rp.5,1 juta deh mas, budget nipis mas, maklum anak sekolahan”
Penjual : “Oke deh saya kasih deh buat mas, bentar ya saya siapkan dulu”
Tono     : “Oke, makasih mas”
# Contoh Teks Negosiasi Singkat
Suatu pagi dipasar tradisional, Ibu ingin membeli ayam, terjadi negosiasi antara pedagang ayam dengan Ibu.
Ibu        : “Pak saya mau beli ayam, berapa harganya?”
Penjual : “Harganya Rp.45.000/kg bu, mau beli berapa kilo?”
Ibu        : “Lah kok mahal banget, kemarin harganya nggak segitu”
Penjual : “Ya buk, dari sananya harganya udah tinggi, saya cuma ambil untung sedikit bu”
Ibu        : “Saya beli 2 kg Rp.75.000 boleh nggak?”
Penjual : “Wah gimana ya bu?”
Ibu        : “Kalau nggak boleh saya gajadi beli”
Penjual : “Yaudah, bentar tak bungkusin dulu”
Ibu        : “Terima kasih mas.”
# Contoh Teks Negosiasi Pemecahan Konflik
 Untuk contoh teks negosiasi pemecahan konflik silahkan liat melalui link berikut.
Oke saya rasa itu saja bahan kali ini wacana Teks Negosiasi, biar bermanfaat dan jangan lupa like dan share artikel ini ya sob, terima kasih.