Teks Negosiasi Pemecahan Konflik Terbaik

Hai sahabat semua, pada artikel ini aku akan membuatkan wacana teks negosiasi pemecahan konflik terbaik untuk sahabat semua yang sedang mencari bahan mengenai teks negosiasi. Mengapa aku membuat artikel wacana teks negosiasi tadi? Karena banyak sahabat diluaran sana yang ingin mencai mengenai teks negosiasi pemecahan konflik, disamping wacana jual beli.

Bagi sahabat yang belum membaca artikel dari aku sebelumnya, mampu dulu mampir ke postingan aku berikut ini : Pengertian Teks Negosiasi dan Contohnya.

Teks Negosiasi Pemecahan Konflik

Oke eksklusif saja kita mulai pembahasan kita kali ini sob..

Disini ada yang masih belum tahu pengertian dari teks negosiasi? Ya padahal pada artikel aku sebelumnya sudah aku jelaskan dengan sangat jelas, tapi bagi yang males baca, aku kasih rangkumannya deh sob..

Teks Negosiasi adalah teks yang isinya wacana interaksi antara satu orang dengan orang lainnya yang membahas wacana suatu hal yang sedang dicari jalan keluarnya yang dan disetujui oleh dua belah pihak yang memiliki kepentingan yang berbeda.

Bagaimana sob? sudah jelaskan? Oke lanjut….

Nah menyerupai teks-teks lainnya, teks ini memiliki struktur yang perlu sahabat ketahui, nah berhubung pada artikel sebelumnya aku sudah menjelaskannya, aku tidak akan menjelaskannya lagi pada artikel ini, pada artikel ini kita akan secara khusus membahas wacana teks negosiasi pemecahan konflik.

Teks Negosiasi Pemecahan Konflik 2 Pihak

Pertama, kita akan memilih permasalahan apa yang ingin di negosiasikan, disini aku mengambil teladan wacana penggusuran bangunan liar. Nah pihak yang bernegosiasi yaitu antara Pak RT dengan petugas. Oke  kita mulai saja….
Petugas :”Selamat siang, Pak. Kami dari petugas dari atasan untuk melaksanakan penggusuran di area ini dikarenakan tanah yang warga tempati ini merupakan tanah milik negara.”
Pak RT  :”Wah tidak mampu sembarangan gitu dong pak, kami disini sudah tinggal puluhan tahun, warga juga sudah membayar pajak tanah, memang aku sudah tahu kalau ada beberapa daerah disini yang bukan tanah warga, tapi ya tidak mampu semena-mena gitu dong pak, jangan main gusur saja, beri kami tenggang waktu.”
Petugas :”Begini pak, pihak kami sudah pernah memperlihatkan ultimatum untuk warga disini semoga segera pindah alasannya yaitu akan diadakan penggusuran sewaktu-waktu. Peringatan tersebut juga sudah lama kami berikan.”
Pak RT  :”Iya pak aku juga tahu, tapi waktu pastinya kan kami tidak tahu, jadi kami juga resah harus pindah kapan, lagi pula banyak warga sini yang mencari nafkah bergantung dari tanah ini, jadi jikalau mereka pindah, mereka mau kerja apa?”
Petugas :”Kami disini hanya menjalankan peran pak.”
Pak RT  :”Tapi ya jangan semena-mena gitu pak, kami ini rakyat kecil, penghasilan juga kecil, kadang buat makan sehari-hari saja warga aku ada yang kesusahan.”
Petugas :”Begini saja, pak. Kami akan memberi batas waktu tenggang 1 ahad dari sekarang”
Pak RT  :”Baik pak, tapi aku juga meminta untuk disiapkan lokasi untuk warga aku yang rumahnya digusur.”
Petugas :”Oke pak, semua sudah disiapkan oleh pemda, semua warga akan dipindah ke rumah susun yang letaknya tidak jauh dari sini.”
Pak RT  :”Baik pak, nanti akan aku informasikan ke warga saya, supaya mereka menyiapkan diri mereka.”
Petugas :”Terima kasih”

Nah itu ia sob teladan teks negosiasi pemecahan konflik yang cukup menarik untuk dibahas. Semoga bermanfaat dan jangan lupa like dan share artikel ini ke yang lainnya ya. Terima kasih..