Teks Iklan (Pengertian Struktur Kaidah dan Contoh)

Hai sahabat semua, kali ini aku mau menyebarkan kepada sahabat mengenai Teks Iklan. Nah yang kita bahas disini tidak sebatas Pengertian Teks Iklan saja, tapi lebih detail lagi, yaitu meliputi Jenis, contoh, kaidah dan struktur teks iklan.

Pertama yang akan kita bahas yaitu pengertian dari teks iklan itu sendiri. Apa itu teks iklan dan menyerupai apa bentuk dan macamnya? Pertanyaan tersebut akan terjawab pada uraian berikut:

Pengertian Teks Iklan

Pengertian Teks Iklan

Teks Iklan adalah salah satu media yang sangat efektif sekali digunakan dalam mempromosikan sesuatu baik itu barang, jasa atau lainnya yang ditujukan kepada masyarakat umum yang dibuat semenarik mungkin untuk menarik orang lain biar membeli atau menikmati barang atau jasa yang kita berikan.
Sebuah teks iklan harus dibuat semenarik mungkin, tujuannya yaitu biar orang yang melihat iklan tersebut, tertarik dengan apa yang ada didalam iklan tadi, sehingga sahabat sebagai penjual akan mendapat keuntungan.
Materi iklan sendiri sudah diajarkan kepada sahabat semenjak masih duduk dibangku sekolah dasar dan berkembang dikala kita masuk kursi kuliah.
Ada banyak sekali iklan dari aneka macam produk yang bermunculan di televisi, iklan tersebut menyampaikan aneka macam produk yang umumnya diperlukan oleh masyarakat.
Media yang digunakan dalam memasang iklan ini juga sangat banyak, mulai dari media cetak menyerupai surat kabar, majalah, dan lainnya, media elektronik menyerupai Televisi, dan baru-baru ini banyak juga yang memasang iklan melalui media internet.
Walaupun media yang digunakan berbeda-beda, tetapi semua itu tetap dalam satu tujuan yaitu untuk lebih mengenalkan produk atau jasanya kepada khalayak.

Struktur Teks Iklan

Struktur Teks Iklan

Setelah kita mengetahui wacana apa itu teks iklan, selanjutnya kita akan membahas struktur dan ciri kebahasaan teks iklan itu sendiri.

Pertama kita lihat terlebih dulu menyerupai apa strukturnya. Berikut penjelasannya :
Struktur Teks Iklan
  1. Judul, merupakan bab yang umumnya diletakkan pada bab atas dan dilihat pertama kali oleh orang, tetapi ada juga beberapa iklan yang tidak mencantumkan judul didalamnya.
  2. Nama Produk atau Jasa, merupakan bab yang isinya mengenai produk atau jasa yang hendak ditawarkan kepada masyarakat.
  3. Deskripsi, merupakan bab yang berisi penjelasan wacana produk dan jasa yang hendak ditawarkan kepada khalayak, biasanya bab ini ditulis dengan menarik dan kalimatnya mengajak orang lain untuk membeli produk atau jasa tersebut.
Ciri Kebahasaan Teks Iklan

  • Berupa Kalimat Slogan
Untuk membuat sebuah teks iklan, perlu digunakan yang namanya kalimat slogan, buat yang belum tahu apa itu kalimat slogan, silahkan baca artikel sebelumnya yaitu pengertian dan ciri-ciri slogan.

  • Kalimat Peruasif (Membujuk)
Nah selanjutnya yang perlu sahabat semua perhatikan dalam membuat sebuah iklan yaitu kalimatnya, ya kalimat yang digunakan sifatnya harus persuasif atau membujuk orang biar tertarik dan membeli produk yang sahabat tawarkan. Usahakan penggunaan kalimatnya unik dan membuat orang lain tertarik.

Contoh Teks Iklan

Setelah semua wacana teks iklan kita bahas, selanjutnya kita akan melihat beberapa pola teks iklan produk yang cukup menarik konsumen untuk membeli produk tersebut. Berikut beberapa pola teks iklan yang mengagumkan dan menarik.
  • Contoh Teks Iklan Produk Makanan
Teks Iklan Tentang Produk Makanan

  • Contoh Teks Iklan Makanan
Pengertian dan Struktur Teks Iklan

Nah sekian artikel dari aku mengenai pengertian teks iklan dan juga struktur teks iklan serta contohnya, semoga bermanfaat ya.