Teks Diskusi (Pengertian Contoh Beserta Strukturnya)

Oke, kali ini saya akan menyebarkan artikel perihal pengertian teks diskusi untuk sahabat dimanapun berada. Nah tentunya pasti sahabat sudah sedikit mengetahuikan perihal teks ini, mungkin sahabat pernah menemui pola teks diskusi ini secara eksklusif dalam kehidupan sehari-hari.

Ya memang diskusi yaitu sebuah aktivitas yang memang hampir dilakukan oleh semua orang yang ada didunia ini. Mereka berdiskusi untuk membahas suatu hal yang tentunya mereka anggap penting. Dalam aktivitas tersebut, 2 orang atau lebih menunjukkan pendapatnya masing-masing untuk dapat diketahui oleh pihak lain dan kemudian pihak lain menunjukkan tanggapan atau respon terhadap apa yang diutarakan. Begitu sebaliknya.

Nah sebagai seorang siswa, tentu tidak akan terlepas dengan yang namanya berdiskusi membahas suatu hal bersama untuk dipecahkan. Apalagi kurikulum sekarang ini lebih memprioritaskan pada pembahasan bersama antar siswa, gres kemudian diambil kesimpulan dari hasil diskusi tersebut.

Nah melihat hal tersebut, tentu sahabat sudah mendapat sedikit gambaran kan perihal apa sih pengertian teks ini? untuk lebih jelasnya, sahabat mampu membaca artikel ini hingga selesai.

Contoh Teks Diskusi Tentang Pendidikan

Pengertian Teks Diskusi

Teks diskusi yaitu teks yang memaparkan 2 hal yang berbeda atau pro dan kontra antara 2 belah pihak yang mana kemudian keduanya saling membicarakan hal tersebut untuk dapat memperoleh isu tertentu.

Manfaat diskusi ini sangat besar sekali. Melalui diskusi antar 2 orang atau lebih, maka kita akan semakin memperluas wawasan kita, pasalnya akan ada banyak informasi-informasi gres yang akan kita dapatkan dari banyak sekali pemikiran-pemikiran orang lain. Selain itu, kita juga mampu menyalurkan pendapat kita didalam melaksanakan suatu diskusi.

Diskusi juga bermanfaat untuk menerima sebuah keputusan yang lebih mantap akan suatu hal. Karena biasanya akan ada banyak pendapat-pendapat beserta bukti-bukti untuk memperkuatnya sehingga akan lebih kaya informasi.

Selain pengertian diatas, teks ini juga memiliki struktur layaknya jenis teks lainnya. Ya nantinya saya juga akan menjelaskan perihal pola teks diskusi beserta struktunya dibawah nanti. So jangan lupa untuk terus mengikuti artikel ini ya.

Struktur Teks Diskusi

Contoh Teks Diskusi dan Strukturnya

Terdapat 4 struktur yang membangun sebuah teks diskusi menjadi suatu teks yang lengkap. Untuk lebih jelasnya dari ke-4 stuktur tersebut, silahkan sahabat membaca artikel ini hingga selesai ya.

Baca Juga:  Anekdot Pendidikan : Pengertian dan Contoh

Struktur Lengkap :

  • Isu, yaitu bab yang isinya perihal permasalahan yang sedang didiskusikan lebih lanjut.
  • Argumen mendukung, yaitu bab yang isinya berupa pendapat (argumen) akan suatu pokok permasalahan yang tengah didiskusikan.
  • Argumen menentang, yaitu bab yang isinya berupa pendapat atau argumen yang bertentangan dengan argumen yang mendukung.
  • Kesimpulan, yaitu bab terakhir yang dicapai dalam teks diskusi. Usahakan untuk memilih jalan tengah dari suatu permasalahan yang sahabat diskusikan.
Nah selanjutnya sahabat mampu juga mengetahui beberapa jenis atau macam diskusi. Saya akan menunjukkan penjelasan dari masing-masing point yang akan saya utarakan berikut ini…
Jenis-Jenis Teks Diskusi
  1. Seminar, adalah sebuah pertemuan khusus yang memiliki teknis dan akademis yang tujuannya untuk melaksanakan studi menyeluruh perihal suatu topik tertentu dengan pemecahan suatu permasalahan yang memerlukan interaksi di antara para akseptor seminar yang dibantu oleh seorang guru besar ataupun cendikiawan.
  2. Sarasehan, adalah bentuk pertemuan yang dihadiri oleh sekelompok permintaan tertentu untuk membicarakan suatu permasalahan dengan cara yang tidak resmi dan suasana yang rileks.
  3. Simposium, yaitu serangkaian pidato pendek di depan pengunjung dengan seorang pemimpin (moderator).
  4. Diskusi Panel, adaalah salah satu bentuk diskusi yang sudah direncanakan perihal suatu topik di depan para pengunjung. Diskusi panel oleh 3 – 6 orang yang dianggap jago yang dipimpin oleh seorang moderator.
  5. Kongres, yaitu kumpulan orang, terutama untuk tujuan politik.
  6. Muktamar, yaitu pertemuan para wakil organisasi untuk berunding atau bertukar pendapat mengenai suatu duduk perkara yg di hadapi bersama
  7. Loka Karya, yaitu suatu program di mana beberapa orang berkumpul untuk memecahkan duduk perkara tertentu dan mencari solusinya.
Nah itu beliau beberapa jenisnya. Memang kalau ditelisik lebih dalam lagi jenis-jenis teks diskusi ini cukup banyak juga. Untuk lebih lengkapnya perihal jenis dan metode diskusi, silahkan sahabat klik disini.

Contoh Teks Diskusi Beserta Strukturnya

Oke kita berada pada pengujung artikel nih. Nah pada bab simpulan ini saya akan membagikan untuk sahabat semua perihal pola teks diskusi dan strukturnya untuk sahabat semua. Nah tentunya saya akan membagikan beberapa pola yang mungkin belum pernah sahabat temui sebelumnya, jadi nantinya wawasan sahabat akan menjadi lebih luas lagi.
Oke ini beliau beberapa pola dari teks diskusi yang mana salah satunya menampilkan pola teks diskusi perihal pendidikan. Check this out….

Dampak Bermain Game bagi Remaja
Isu
Pada zaman sekarang ini, kekuatan teknologi tidak mampu dibendung. Banyak sekali hal-hal gres yang mampu kita jumpai pada zaman yang maju ini, salah satunya yaitu game atau permainan virtual. Pertanyaannya yaitu adakah dampak buruk yang timbul tanggapan dari permainan game ini? Sebagian besar masyarakat menganggap bermain game yaitu hal yang wajar, namun tidak sedikit yang menganggapnya berdampak buruk.
Argumen Mendukung
Dampak positif dari game bagi dewasa yaitu sebagai berikut :
Pertama, game atau permainan virtual ini mampu dijadikan sebagai sarana untuk menghibur diri dan mengistirahatkan pikiran dari rutinitas-rutinitas yang dilakukan oleh para dewasa setiap harinya.
Kedua, game juga mampu dijadikan sebagai suatu metode pembelajaran yang efektif, guna mempercepat pemahaman para dewasa dalam menyerap suatu ilmu atau isu baru.
Ketiga, game dapat menjadi sebuah sumber penghasilan. Pasalnya sekarang ini banyak remaja-remaja kita yang kreatif dalam membuat sebuah konten game yang mana diminati oleh para pemainnya. Tentu hal ini cukup menguntungkan bagi mereka.

Argumen Menentang
walaupun memiliki dampak positif, namun tidak sedikit juga dampak negatif yang timbul tanggapan game yang dimainkan oleh para remaja.
Pertama, dewasa menjadi malas untuk berguru dan lebih senang menghabiskan waktunya untuk bermain game setiap saat.
Kedua, dewasa akan mudah terpancing akan konten-konten yang ditampilkan dalam sebuah game. Misalnya kalau dewasa tersebut sering memainkan game berbau fighting atau pertempuran, maka ia menjadi terobsesi untuk melaksanakan hal tersebut didunia konkret yang mana seharusnya tidak dilakukan.
Ketiga, akan membuat dewasa menjadi boros uang. Tidak hanya waktu saja, melainkan juga uang, pasalnya untuk beberapa game menyediakan fitur pembelian untuk suatu konten. Jika dewasa tersebut yaitu seorang maniak game, maka tentunya harga berapapun akan dibayar untuk mampu menikmati game tersebut.
Simpulan
Melihat dan membandingkan 2 hal diatas, game atau permainan memiliki dampak positif dan dampak negatif yang mana keduanya saling berhubungan. Kebijaksanaan dewasa sendirilah yang mampu membuatnya memilih dampak yang baik dari game untuk dirinya.

Handphone dan Anak-Anak
Isu
Handphone atau orang sekarang lebih sering menyebutnya dengan istilah smartphone yaitu sebuah perangkat yang dapat memudahkan insan dalam urusan komunikasi. Tidak hanya komunikasi saja, smartphone mampu digunakan untuk menunjang banyak sekali keperluan insan lainnya. Hampir semua orang mempunyai HP, termasuk ana kecil sekalipun. Namun, ada banyak sekali pro dan kontra dalam hal santunan HP untuk anak-anak.
Argumen Mendukung
Pihak yang pro atau mendukung santunan HP untuk belum dewasa menganggap bahwa dengan adanya alat komunikasi ini, orang bau tanah menjadi lebih mudah dalam memantau dan mengawasi kondisi anak kapanpun dan dimanaun. Hal ini tentunya membuat kekerabatan kedekatan antara orang bau tanah dan anak menjadi lebih baik. Selain itu dengan adanya HP membuat anak menjadi lebih mudah untuk mengakses informasi-informasi yang mereka perlukan dalam menunjang proses pembelajaran.
Argumen Menentang
Namun untuk pihak yang tidak oke dengan hal ini beranggapan bahwa belum dewasa belum saatnya untuk diberikan teknologi seluas-luasnya. Hal ini alasannya ada informasi-informasi atau konten berbahaya yang tidak boleh diakses oleh anak-anak. Selain itu, dengan diberikannya hp kepada belum dewasa membuat anak tersebut menjadi pribadi yang pasif dan susah bergaul dengan lingkungan sekitar alasannya lebih asyik dengan hpnya.
Kesimpulan
Berdasarkan 2 hal diatas, kesimpulan yang mampu kita ambil yaitu bahwa santunan hp untuk belum dewasa itu sebetulnya tidak wajib. Namun kalau memang dibutuhkan, orang bau tanah mampu memberikannya namun dengan catatan harus dalam pengawasan ketat orang tuanya. Orang bau tanah harus tahu apa saja yang diakses oleh sang anak dan mengingatkannya akan hal yang baik dan buruk dari penggunaan hp semoga tidak terjerumus ke hal-hal yang negatif.