Teks Berita :Pengertian, Struktur Teks, dan Contohnya

Hai sahabat semua, kali ini aku mau menyebarkan sebuah artikel bermanfaat lagi nih, judulnya yaitu Teks Berita. Nah pada bahan ini ada beberapa yang akan kita bahas yaitu meliputi pengertian teks berita, struktur, dan pola dari teks informasi itu sendiri. Kaprikornus buat kalian yang sedang mencari bahan ini tidak ada salahnya untuk membaca artikel ini.

Pasti kau pernah mendengar atau membaca beritakan? Setiap hari kita menjumpai yang namanya informasi baik itu melalui TV, koran atau media lainnya. Berita yang muncul biasanya mengenai suatu kejadian yang gres terjadi dan berdasarkan fakta atau kenyataan di lapangan. Oke eksklusif saja kita mulai pembahasannya, simak baik-baik ya sobat.
(baca juga artikel perihal unsur intrinsik dan ekstrinsik cerpen)

Teks Berita Pengertian dan Contohnya

Pengertian Teks Berita

Teks informasi adalah teks yang berisi mengenai suatu peristiwa yang terjadi didunia ini yang dimuat dalam banyak sekali media baik itu cetak maupun elektronik. Sebuah informasi harus berdasarkan fakta tapi tidak semua fakta diangkat menjadi sebuah berita.
Setiap kejadian penting biasanya akan diberitakan dalam banyak sekali media, misalnya informasi perihal dunia politik biasanya akan dibahas selama berhari-hari dan menjadi trending topics.
Struktur Teks Berita
Struktur teks informasi yaitu berupa susunan mengenai cara teks tersebut dibangun. Berikut strukturnya:
  • Orientasi Berita, berisi mengenai pembuka dari suatu peristiwa yang diberitakan. Biasanya terdapat penjelasan singkat mengenai informasi tersebut.
  • Peristiwa, berisi mengenai jalannya kejadian dari awal hingga simpulan yang didasari pada peristiwa yang terjadi dan dijelaskan berdasarkan fakta dari lapangan.
  • Sumber Berita, berisi mengenai sumber didapatnya informasi tersebut. Biasanya informasi yang ditambahkan sumber dituliskan pada media cetak ibarat koran, tapi tidak jarang media elektronik juga menyertakan sumber informasi terutama di Internet.

Contoh Teks Berita

Nah untuk memperjelas bahan ini, kalian mampu membaca pola teks informasi dibawah ini:
Bantai 160 ribu tikus, petani ini dapat gelar juara

Seorang petani asal Bangladesh yang memiliki nama Abdul Khaleq Mirbohor berhasil mendapat penghargaan berupa gelar juara nasional setelah berhasil membunuh lebih dari 160 ribu tikus dalam setahun. Memang tikus menjadi duduk perkara yang cukup serius di negara tersebut, pasalnya banyak petani yang gagal panen alasannya serangan hama yang satu ini.

Dikutip dari surat kabar The Daily Mail Jumat (9/10), dalam sebuah perayaan kemenangan di Dhaka Rabu lalu, Mirbohor mendapat hadiah sebesar Rp. 3,1 juta alasannya berhasil memusnahkan lebih dari 160 ribu tikus hanya dalam waktu satu tahun. Hal tersebut mendapat banyak apresiasi khususnya dari pemerintah sendiri yang mencanangkan pemusnahkan hama tikus ke seantero negeri.

“Tuan Mirbohor yaitu seorang pembunuh tikus sejati. Dalam program perayaan beliau mengatakan tidak ada yang lebih membuatnya senang ketimbang membunuh tikus pemakan biji gandum,” ujar Abul Kalam Azad, kepala unit bantuan tanaman kepada kantor informasi AFP”.

Mirbohor bersama kawan-kawannya yaitu para sukarelawan, kebanyakan berjenis kelamin perempuan membunuh banyak tikus di sawah dan ladang gandum. Mereka menyerahkan ekor tikus kepada kantor pertanian setempat untuk dihitung.

Kementerian Pertanian Kementerian Pertanian memperkirakan hama tikus menghancurkan dua juta ton sumber makanan di Bangladesh saban tahun.

Para petani sejauh ini sudah membunuh hampir 13 juta tikus dalam 12 bulan terakhir. Itu menghemat sumber makanan hingga senilai USD 25 juta.

(Sumber :merdeka.com)

Nah itu beliau pembahasan kita mengenai Pengertian Teks Berita, Struktur serta contohnya, biar bermanfaat dan jangan lupa like dan share artikel ini ya.