Teknik Dan Bentuk instrumen penilaian Berdasarkan kurikulum 2013

Sahabat guru, pada dokumen Teknik Dan Bentuk instrumen penilaian Berdasarkan kurikulum 2013 ini kami bagikan Contoh Jurnal, Rubrik, Penilaian Diri dalam Instrumen Penilaian Sikap Kurikulum 2013 secara lengkap dalam satu dokumen Microsoft word. Kami berharap agar saja mampu bermanfaat bagi bapak dan ibu guru yang ketika ini tengah atau sedang melakukan kurikulum 2013 di sekolahnya. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa komponen dalam penilaian sikap kurikulum 2013 tahun 2016 ini juga mencakup Jurnal dan rubrik, penilaian antar sahabat dan penilaian diri. Oleh sebab itu mari kita pelajari bersama melalui goresan pena ini.

A. Apa yang dimaksud Penilaian Pencapaian Kompetensi Sikap?

Berdasarkan pengertiannya. Sikap bermula dari perasaan yang terkait dengan kecenderungan seseorang dalam merespon sesuatu/objek. Sikap juga sebagai ekspresi dari nilai-nilai atau pandangan hidup yang dimiliki oleh seseorang. Sikap dapat dibentuk, sehingga terjadi perilaku atau tindakan yang diinginkan. Kompetensi sikap yang dimaksud dalam panduan ini ialah ekspresi dari nilai-nilai atau pandangan hidup yang dimiliki oleh seseorang dan diwujudkan dalam perilaku.

Penilaian kompetensi sikap dalam pembelajaran merupakan serangkaian kegiatan yang dirancang untuk mengukur sikap penerima didik sebagai hasil dari suatu kegiatan pembelajaran. Penilaian sikap juga merupakan aplikasi suatu standar atau sistem pengambilan keputusan terhadap sikap. Kegunaan utama penilaian sikap sebagai episode dari pembelajaran ialah refleksi (cerminan) pemahaman dan kemajuan sikap penerima didik secara individual.

B. Apa Saja Cakupan Penilaian Sikap

Kurikulum 2013 membagi kompetensi sikap menjadi dua, yaitu sikap spiritual yang terkait dengan pembentukan penerima didik yang beriman dan bertakwa, dan sikap sosial yang terkait dengan pembentukan penerima didik yang berakhlak mulia, mandiri, demokratis, dan bertanggung jawab. Sikap spiritual sebagai perwujudan dari menguatnya interaksi vertikal dengan Yang Mahakuasa Yang Maha Esa, sedangkan sikap sosial sebagai perwujudan keberadaan kesadaran dalam upaya mewujudkan harmoni kehidupan.

Pada jenjang SMK/MAK, kompetensi sikap spiritual mengacu pada KI-1: menghayati dan mengamalkan anutan agama yang dianutnya dan KI 2: menghayati dan mengamalkan perilaku perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan membuktikan sikap sebagai episode dari solusi atas aneka macam permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

Tabel Cakupan Penilaian Sikap

Penilaian sikap spiritual
Menghargai dan menghayati anutan agama yang dianut
Penilaian sikap sosial
1.      jujur
2.      disiplin
3.      tanggung jawab
4.      gotong royong
5.      kerjasama
6.      toleran
7.      damai
8.      santun
9.      responsif
10.  percaya diri

Penjelasan tabel diatas KD pada KI-1: aspek sikap spiritual (untuk matapelajaran tertentu bersifat generik, artinya berlaku untuk seluruh bahan pokok). Sedangkan KD pada KI-2: aspek sikap sosial (untuk matapelajaran tertentu bersifat relatif generik, namun beberapa bahan pokok tertentu ada KD pada KI-3 yang berbeda dengan KD lain pada KI-2). Guru dapat menambahkan sikap-sikap tersebut menjadi perluasan cakupan penilaian sikap. Perluasan cakupan penilaian sikap didasarkan pada karakterisitik KD pada KI-1 dan KI-2 setiap matapelajaran.

download: Contoh Jurnal, Rubrik, Penilaian Diri dalam Instrumen Penilaian Sikap Kurikulum 2013

Lanjut baca : Perumusan Indikator dan Contoh Indikator