Tanda Kebutuhan ASI Bayi Terpenuhi

Kesehatan Bayi

Bertambahnya berat tubuh bayi menjadi indikator paling mudah dan sangat efektif untuk mengetahui kecukupan ASI. Namun karena menimbang berat tubuh bayi setiap hari hampir tidak mungkin, maka anda sebagai orang bau tanah perlu mengetahui indikator lain yang juga efektif mengetahui Kebutuhan ASI Bayi sudah terpenuhi ataukah belum.

Adapun salah satu cara yaitu dengan menghitung berapa kali bayi kencing setiap harinya. Hal ini tentu akan lebih mudah apabila bayi dipakaikan popok kain, karnea apabila menggunakan celana anti bocor maka  berapa kali buah hati anda kencing akan sulit diketahui.

dr Meta Hanindita SpA dari RSUD Dr Seotomo Surabaya juga oke bahwa cara yang paling mudah untuk mengetahui berat tubuh bayi naik ataukah tidak yaitu naik sesuai grafik pertumbuhan sesuai umur atau dikala melaksanakan pengukuran berat tubuh rutin setiap bulannya, dan untuk mengetahui tanda kecukupan ASI yang lain yaitu dengan menghitung berapa kali buah hati anda buang air kecil setiap harinya.

Frekuansi kencing bayi berusia 1 hari yang normal yaitu 1 kali, usia 2 hari yaitu 2 kali, usia 3 yaitu hari kencing 3 kali, usia 4 hari buang air kecil 4 kali, usia 5 hari kencing 5 kali, dan bayi berusia 6 hari atau lebih setidaknya buang air kecil sebanyak 6 kali per hari atau lebih

Sampai dikala ini tidak sedikit ibu dan mungkin termasuk anda yang beranggapan bahwa salah satu tanda bayi cukup minum ASI yaitu dikala beliau mengeluarkan sendawa atau bahkan gumoh. Padahal Menurut dr Meta, hal ini tidak mampu dianggap sepenuhnya benar.

Gumoh merupakan proses alami dan wajar untuk mengeluarkan udara yang tertelan bayi dikala minum ASI, biasanya disebabkan karena Posisi Menyusui Bayi yang tidak Benar. Gumoh juga mampu disebabkan karena terlalu banyak minum ASI, namun tidak selalu berarti bayi sudah merasa kenyang.

Ringkasan:

  • Kebutuhan ASI Bayi yang Terpenuhi ditandai dengan berat tubuh yang terus bertambah,
  • Terpenuhinya kebutuhan ASI Bayi terutama usia bawah enam bulan mampu dilihat dari frekuensi kencing bayi,
  • Tanda lain kebutuhan ASI Bayi yang terpenuhi yaitu gumoh atau sendawa dikala menyusu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *