Tanda Ciri-Ciri Makanan yang Tidak Boleh Dimakan/Dikonsumsi Manusia

Makanan dan minuman yang kita konsumsi sehari-hari haruslah makanan yang baik dan cukup secara kuantitas maupun kualitasnya.  Namun kadangkala makanan dan minuman yang kita konsumsi tidak sesuai dengan standar kelayakan untuk dikonsumsi.  Ada banyak hal yang menimbulkan suatu makanan menjadi tidak layak untuk dimakan atau dikonsumsi oleh manusia.  Apabila dikonsumsi juga, maka mampu jadi makanan tersebut dapat menimbulkan banyak sekali efek negatif berupa penyakit maupun gangguan kesehatan lainnya.  Oleh karena itu setiap orang hendaknya menjaga makanan dan minuman yang dikonsumsinya demi kebaikan dirinya sendiri.

Makan dan minum bukanlah suatu perkara main-main.  Kegiatan makan dan minum harus dilakukan secara serius dengan memperhatikan banyak faktor, menyerupai kandungan gizi, kebersihan, keadaan fisik, selera makan, variasi makanan, zat kimia makanan, zat aditif, dan lain sebagainya.  Saat ini memang banyak orang yang makan sembarangan dan lebih mementingkan rasa makanan minuman yang sesuai dengan seleranya daripada faktor-faktor lainnya.  Akibatnya masyarakat indonesia banyak yang terkena penyakit dan gangguan kesehatan yang disebabkan oleh makanan yang dimakannya atau minuman yang diminumnya.

Berbagai Tanda-Tanda atau Ciri-Ciri Makanan dan Minuman yang Tidak Layak Dimakan / Dikonsumsi :

1. Makanan yang Sudah Lewat Tanggal Kadaluarsa

2. Makanan yang Sudah Berbau Tidak Sedap (Busuk)

3. Makanan yang Sudah Dihinggapi atau Dikerubuti Serangga atau Binatang

4. Makanan yang Sudah Kotor (misal karena terjatuh atau terkena debu)

5. Makanan yang Sudah Berubah Warna atau Penampilannya

6. Makanan yang Mengandung Zat Kimia Berbahaya

7. Makanan yang Dapat Menyebabkan Alergi atau Gatal-Gatal

8. Makanan yang Dibuat dan Disajikan secara Tidak Higienis atau Tidak Benar

9. Makanan yang Bisa Menimbulkan Penyakit atau Gangguan Kesehatan

10. Makanan yang Dimiliki oleh Orang Lain

11. Makanan yang Dilarang Dikonsumsi oleh Ajaran Agama Seseorang maupun Adat Isitiadat Setempat

12. Makanan yang Terkontaminasi Kuman, Virus, Bakteri Berbahaya

13. Makanan yang Menyebabkan Ketergantungan / Ketagihan Berat jikalau Dikonsumsi

Serta masih ada banyak lagi membuktikan lain yang mungkin belum disebutkan dalam daftar di atas.  Apabila anda memiliki pelengkap silahkan ditambahkan lewat fitur komentar di bawah ini.  Jika suatu makanan atau minuman memiliki salah satu ciri dari tanda-tanda di atas, maka sebaiknya makanan atau minuman tersebut tidak dikonsumsi.  Atau jikalau ragu-ragu dapat menanyakannya kepada orang yang lebih paham, semoga tidak terjadi kesalahan yang menimbulkan terjadinya penyakit atau pun gangguan kesehatan pada diri kita maupun orang lain yang ikut menyantap makanan minuman tersebut.

Mulailah dari sekarang mengubah pola makan dan pola minum anda dengan pola makan minum yang sehat demi kebaikan anda sendiri maupun kebaikan orang-orang di sekeliling anda.  Kebiasaan buruk dalam mengkonsumsi makanan dan minuman mampu ditiru oleh bawah umur dan anggota keluarga yang lainnya.  Padahal bawah umur biasanya lebih sensitif tubunya terhadap banyak sekali serbuan makanan-makanan dan minuman-minuman yang tidak sesuai dengan standar pola makan sehat.  Oleh karena itu jadilah referensi atau teladan yang baik bagi anggota keluarga yang lain dalam hal penerapan pola makan yang sehat dan baik.