Tanda / Ciri-Ciri Curhat yang Tidak Baik / Tidak Benar (Salah)

Curahan hati atau curhat ialah menceritakan suatu permasalahan yang terjadi pada diri seseorang kepada orang lain.  Curhat biasanya dilakukan seseorang untuk mencari solusi dari suatu duduk perkara yang dihadapi, atau sekedar ingin mengurangi tekanan jiwa yang dirasakan.  Namun terkadang curhat dilakukan untuk mencapai tujuan lain, ibarat untuk melaksanakan pendekatan terhadap lawan jenis, untuk membuatkan keburukan orang lain, dan lain sebagainya.  Curhat apabila dilakukan dengan baik dapat mendatangkan kebaikan pada diri seseorang.

Masalahnya ialah tidak semua orang tidak memahami hakikat curhat yang baik.  Curhat yang dilakukan terkadang justru dapat menjadikan duduk perkara yang baru.  Sisi emosional yang kental pada diri orang yang curhat biasanya dapat mengurangi nalar sehat yang ada.  Di saat-saat tertentu ketika gundah resah sedang melanda, seseorang mungkin mampu saja melaksanakan hal-hal yang tidak baik ketika curhat.  Oleh alasannya itu, seseorang harus mampu memahami dengan baik hal-hal yang tidak baik dilakukan ketika curhat biar terhindar dari segala keburukan yang mungkin mampu saja terjadi.
Ciri-Ciri / Tanda Curhat yang Buruk / Tidak Baik :
1. Menceritakan malu / keburukan diri sendiri kepada orang lain
2. Menceritakan malu / keburukan orang lain kepada orang lain
3. Melakukan curhat kepada orang yang tidak dapat membantu memperlihatkan solusi
4. Bercurhat ria hanya untuk menjelek-jelekkan orang lain
5. Curhat dengan lawan jenis yang bukan muhrim / mahram
6. Memilih daerah curhat di daerah ramai sehingga pembicaraan dapat didengar orang lain
7. Curhat kepada orang yang gres dikenal yang tidak terperinci baik buruknya
8. Curhat yang mengganggu atau membebani orang lain yang dicurhati
9. Melakukan curhat untuk mencari solusi dalam melaksanakan perbuatan buruk / jahat
10. Curhat yang tidak serius dan yang dibubuhi dengan kebohongan / kedustaan
Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika melaksanakan curahan jiwa alias curahan hati kepada orang lain.  Jika dilanggar mungkin hal tersebut dapat membawa anda kepada permasalan yang baru.  Jika anda dapat mengatasi duduk perkara yang anda hadapi seorang diri tanpa dukungan orang lain, maka hindarilah curhat.  Curhat hanya cocok untuk orang-orang yang menemukan kesulitan dalam menyelesaikan duduk perkara yang sedang dihadapi.  Curhat memiliki potensi ancaman yang cukup besar, baik ancaman di dunia maupun ancaman di darul abadi akhir melanggar anutan agama.