Tahap dan Cara berguru Bahasa Inggris

Banyak orang yang resah ketika ia ingin berguru bahasa Inggris. Ada pertanyaan dalam dirinya ia harus mulai dari mana ketika ia ingin berguru Bahasa Inggris. Berikut ini tahap-tahap yang penting diketahui ketika kita ingin berguru bahasa Inggris.

Mulai dari mana?
Mengapa kau ingin berguru bahasa Inggris?
Sebelum memulai berguru bahasa Inggris, tanyakan pada diri sendiri satu pertanyaan, Mengapa saya ingin berguru bahasa Inggris? Apakah memang alasannya ialah impian kamu, atau alasannya ialah ada orang lain yang menginginkan kau belajar? Seperti setiap keputusan dalam kehidupan, berguru bahasa Inggris harus menjadi keputusan yang kau inginkan sendiri.
Menentukan tujuan atau target
Jika kau sudah tahu mengapa kau ingin berguru bahasa Inggris, maka penentuan tujuan atau target akan menjadi mudah. Contoh, mungkin kau ingin bepergian ke luar negeri atau ingin melanjutkan pendidikan di sana. Dengan tujuan dan target ini otomatis kau harus bisa speaking dan mengetahui bahasa Inggris sehari-hari. Selain itu perlu juga meningkatkan skill listening dan pronunciation. Apapun tujuan Anda, tuliskan semuanya.
Membuat jadwal atau jadwal belajar
Berapa lama kau perlu berguru untuk mencapai tujuan atau sasaran yang sudah kau tentukan di atas? Jawaban ini tentu berbeda-beda bagi setiap orang. Hal yang terpenting ialah kau realistis. Mulailah secara perlahan tetapi reguler. Gunakan material yang menantang, tetapi tidak terlalu sulit. Cari metode-metode berguru yang cocok bagi Anda. Setelah berguru beberapa pekan, sesuaikan jadwal berguru Anda senyaman mungkin. Mungkin kau berguru maksimal di malam hari, atau ketika di bus atau dalam perjalanan ke sekolah/kampus/tempat kerja? Mungkin kau suka berguru sendiri di daerah yang tenang, atau dengan sahabat dan sambil mendengar musik.
Berkomitmen
Belajar bahasa Inggris memerlukan banyak motivasi. Jika kau sudah yakin siap mulai belajar, buatlah sebuah komitmen. Jika perlu buat kontrak perjanjian dengan diri sendiri. Ini akan menawarkan motivasi yang sangat besar.
Senang berguru bahasa Inggris
Hal yang dapat dilakukan dengan baik dalam hidup ialah hal-hal yang kita senang dan enjoy melakukannya. Jika kau tidak merasa senang dalam berguru bahasa Inggris berarti kau tidak berguru dengan cara yang benar.

Menyeimbangkan 4 Skill Kunci (Listening, Speaking, Reading, Writing)

Kebanyakan orang berguru bahasa Inggris alasannya ialah ingin berkomunikasi secara lebih baik dalam bahasa Inggris. Jika ini ialah tujuan yang telah kau tetapkan, penting untuk mempelajari secara seimbang keempat skill utama. Listening, Speaking, Reading dan Writing ialah skill-skill utama (makro) yang kau perlukan untuk berkomunikasi dalam bahasa apapun. Memiliki kemampuan yang sangat baik pada salah satu skill saja tidak akan membantu kau untuk dapat berkomunikasi. Contoh, kau perlu mengetahui cara membaca dengan baik sebelum kau bisa menulis dengan baik. Kamu juga perlu bisa listening sebelum kau bisa speaking.
Terkadang ada yang menanyakan skill mana yang paling penting? Karena semua skill ini bergantung satu sama lain, maka semuanya penting. Akan tetapi, untuk berkomunikasi kita menggunakan beberapa skill lebih sering dibanding skill lainnya. Contoh, sekitar 40% waktu yang kita habiskan dalam komunikasi digunakan untuk listening. Kita berbicara (speaking) sekitar 35% dari waktu tersebut. Sekitar 16% komunikasi berasal dari membaca (reading), dan sekitar 9% dari menulis (writing).
Setiap skill utama atau skill makro ini memiliki lagi beberapa skill mikro di dalamnya. Contoh, pronunciation ialah salah satu jenis skill speaking yang harus dipraktikkan untuk memperbaiki komunikasi. Pengejaan (spelling) ialah sebuah skill yang menimbulkan kata-kata tertulis lebih mudah dipahami. Grammar dan vocabulary ialah skil mikro yang lain. Skill mikro tidak berarti bahwa tidak penting. Skill-skill makro menyerupai listening sangat umum, sedangkan skill-skill mikro lebih spesifik.
Agar menerima hasil yang maksimal, buatlah sebuah agenda/jadwal berguru yang menggabungkan keempat skill ini. Contoh, baca sebuah dongeng (raeding) dan kemudian diskusikan dengan seorang sahabat (speaking). Nonton sebuah film (listening) dan kemudian tulis ihwal film itu (writing).
Sumber: let’s speak english

Dari banyak sekali penjelasan di atas, kuncinya ialah diri anda sendiri. Banyak tahap dan banyak cara yang bisa kita lakukan dalam berguru bahasa resmi international ini.  Yang penting, apa saja cara yang kita tempuh dalam berguru bahasa inggris ialah pada alhasil kita BISA bahasa inggris. Maksud saya benar-benar bisa dan lancar, bukan bisa sedikit-sedikit. Kan lebih baik bisa beneran dari pada bisa sedikit bukan? Bisa dikit-dikit bahasa inggris itu tidak cukup menyenangkan, belum bisa untuk membantu kita mencari penghasilan komplemen dari bahasa inggris misalnya, tak sanggup mengajari anak. Sebaliknya jika bahasa inggris anda mengalir bagai air, senang tidak?
Setiap orang mungkin mempunyai cara sendiri-sendiri dalam belajar. Saya langsung tidak akan mengatakan cara ini cara itu jelek. Yang saya tekankan di sini ialah hasil dari perjuangan kita. Dalam berguru bahasa Inggris kita harus mempunyai hasil yang baik. Jika dengan cara ini kita tidak berhasil, jangan putus asa, masih banyak cara lain dan harus dicoba hingga BISA. Pembaca bahasa Inggris online, agar sukses dalam belajar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *