Surat Tentang Hari Pertama Masuk Sekolah Tahun Pelajaran 2016/2017

Sahabat edukasi, Penetapan Hari pertama masuk sekolah di setiap kawasan ternyata berbeda-beda, hal ini dikarenakan kebijakan dari pemerintah kawasan setempat. Seperti halnya dengan Kabupaten Muara Enim, di kawasan ini serentak hari pertama masuk sekolah atau awal tahun pedoman gres ditetapkan pada tanggal 25 juli 2016, namun pada tanggal 19 juli seluruh calon penerima didik hadir untuk mengikuti acara persiapan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS).

Bagaimana dengan kawasan bapak ibu? nah sebagian kawasan ada yang lebih awal melakukan acara mencar ilmu mengajar di sekolah, oleh sebab itu, bagi satuan pendidikan yang sebentar lagi akan melakukan acara awal tahun pelajaran, ada baiknya membaca 2 surat edaran penting dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) dan 1 edaran penting dari Menpan RB sebagai berikut:

  • Surat Edaran Mendikbud Nomor 4 Tahun 2016 Tentang Hari Pertama Masuk Sekolah – Download
  • Surat Edaran Menpan RB wacana Izin Bagi ASN di hari Pertama Masuk Sekolah – Download
gambar Surat edaran mendikbud nomor 4 tahun 2016 Tentang Hari Pertama Masuk Sekolah

1. Surat Edaran Mendikbud Nomor 4 Tahun 2016 Tentang Hari Pertama Masuk Sekolah

Berikut isi surat edaran mendikbud lengkap wacana hari pertama masuk sekolah, semoga bermanfaat bagi para orangtua

Dengan Hormat,
Pada hari Senin tanggal 18 Juli 2016 mendatang, sebagian besar sekolah di Indonesia akan mengawali tahun pelajaran gres 2016-2017. Untuk mendorong tumbuhnya iklim pembelajaran yang lebih positif dan menyenangkan, maka Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memandang perlu diadakan kampanye Hari Pertama Sekolah yang mengajak orangtua mengantarkan anaknya di hari pertama.

Hari Pertama Sekolah juga menjadi kesempatan mendorong interaksi antara orangtua dengan guru di sekolah untuk menjalin janji bersama dalam mengawal pendidikan anak selama setahun ke depan. Kampanye ini juga bertujuan meningkatkan kepedulian dan keterlibatan publik dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah.

Demi meningkatkan capaian kampanye Hari Pertama Sekolah kepada publik luas di seluruh kawasan Nusantara, maka dengan ini kami mengajukan impian kepada Saudara sebagai Kepala Daerah untuk turut mendukung penyebaran pesan Hari Pertama Sekolah. Beberapa bentuk dukungan yang dapat diberikan di antaranya:

  1. Mendorong aparatur sipil kawasan untuk mengantarkan anak ke sekolah di hari pertama dan memperlihatkan dispensasi dapat memulai kerja sesudah mengantarkan anaknya ke sekolah.
  2. Mendukung sekolah dalam menyambut siswa gres dan berinteraksi dengan orangtua.
  3. Menyampaikan pesan kepada instansi swasta di kawasan biar memberi dispensasi bagi karyawan untuk dapat memulai kerja sesudah mengantarkan anaknya ke sekolah di hari pertama.
  4. Menggunakan aneka macam akses komunikasi di kawasan untuk membuatkan pesan Hari Pertama Sekolah kepada publik luas di kawasan saudara.

Demikian surat ini kami kirimkan biar menerima dukungan dari Saudara. Atas perhatian dan derma Saudara kami ucapkan terima kasih. Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Jakarta, 11 Juli 2016 Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Anies Baswedan

itulah informasi hari pertama masuk sekolah yang mampu blog guru-id bagikan melalui posting singkat ini, simpulan kata sekian dan terima kasih, semoga bermanfaat