Suka Duka Dibalik Mendaki Gunung

         
Banyak yang minikmati alam Indonesia dengan cara mereka sendiri ada yang suka mendaki gunung, diving, snorkling, surfing, lompat tebing, arum jeram, naik parasut, dll.

foto dari puncak G. Rinjani

Tapi untuk menikmati sebuah keindahan di gunung tidak lain dominan melaksanakan aktifitas mendaki gunung. Mendaki gunung atau biasa disebut hiking ini memang lagi ekspresi dominan akhir-akhir ini. Berikut beberapa hal suka sedih mendaki gunung yang perlu anda ketahui.

SUKA 
   1. Menjadikan insan yang selalu bersyukur dan bersahabat dengan ciptaanNya

  Merupakan hal yang seharusnya kita syukuri apabila mendaki gunung. Karena bagaimanapun kita masih diberi kekuatan untuk mencari keindahan ciptaanya.

Apalagi bila hingga puncak gunung akan terasa sekali siapakah kita? dan betapa kecilnya kita jadi tidak seharusnya kita sebagai insan menyobongkan diri.

2.  Membuat fikiran fresh dan rileks

Mendaki gunung mampu membuat anda lebih rileks dan fresh. Udara nan dingin, pemandangan hijau, awan yang bergelombang, bertemu binatang membuat kita lebih fresh. Membuat segala kepenatan aktifitas sehari-hari kita di daerah kerja hilang, menjadikan otot-otot syaraf mengendur.

3.  Menambah teman

Salah satu hal yang membuat kita ingin naik gunung ialah menambah teman/relasi. Dan terbukti bahwa sobat yang didapatkan dari gunung akan lebih bersahabat dari pada sobat yang biasa. Dengan sobat yang gres kita mampu share pengalaman pendakian, kerjaan, dsb

ranu kumbolo
plawangan sembalun


4.  Membuat tubuh sehat

      Menurut sebuah riset aktifitas/olahraga yang menyehatkan dan dapat mengkremasi banyak kalori ialah dengan jalan/lari. Hal ini dikarenakan otot-otot tubuh kita akan bekerja lebih dari biasanya sehingga menghasilkan keringat.

5. Menambah ilmu dan wawasan hidup

Banyak ilmu yang kita dapat dari mendaki gunung, diantaranya ilmu fisika, kimia, biologi. Selain itu anda akan mendapat ilmu membaca arah mata angin, kompas, memasak. 

Sharing dengan sobat gres merupakan wadah yang sempurna untuk bertukar fikiran, mencari spot gres dan ilham baru.
   
   Anda juga mampu kunjungi bukit jamur, trip dan perjalanannya.

6.  Membentuk psikologi positif 
           
 Dengan mendaki kita mampu memupuk  sifat-sifat kita diantaranya bersikap    mandiri,  kerjasama team, top on  target,  silaturrahmi, rendah hati,  tolong  menolong, bersyukur, sabar.  

 Tapi yang terpenting lagi ialah    keistiqomahan kita menjaga sifat  positif  itu tidak harus di gunung saja.

Duka

1. Melihat banyak sampah

Tidak seharusnya pendaki meninggalkan sampah diatas gunung. Banyak yang mampu dilakukan mampu dengan dipendam dalam tanah atau mampu dibawa turun. Eits, jangan dibakar ya sebab mampu rawan kebakaran hutan.

2. Ketika badai

Hal yang paling tidak mengeenakkan saat mendaki ialah badai. Karena mampu menyebabkan pohon-pohon tumbang dan membahayakan kita. Makara harap berhati-hati saat ada badai.

badai sebelum puncak mahameru

3. Ketika ada yang sakit

    Dilema sekali saat kita masih dalam  perjalanan atau setengahnya lalu team  kita ada yang sakit. Pasti sangat  kecewa sekali, disitu ego dan  kesabaran kita akan diuji. Namun    segala prioritas yang terbaik ialah  untuk keselamatan dan kesehatan  team. Makara sebaikknya sebelum  mendaki lihat dulu kekuatan dan fisik  team kita.

4. Ketika hujan

Hujan kadang membuat kita lebih segar namun bila kita sedang dalam perjalanan hal ini membuat kita menjadi lama dan menguras tenaga. Beban akan bertambah seiring kena air hujan,. Jadi, bawalah perlengkapan anti air seperti, coverbag, mantel kelelawar, dan juga plastik untuk elektronik.

5. Ketika merasa belum hingga puncak
Rasa pesimis itu harusnya dibuang jauh-jauh saat mendaki gunung. Semakin kita pecimis semakin kita tidak mendapat kan puncak.
6. ketika schedule tidak terlaksana
banyak penyebab yang menyebabkan schedule tidak terlaksana dengan baik. Baik dari team, kondisi cuaca, logistik habis atau perlengkapan yang tidak memadai. Oleh sebab itu sebelum mendaki persiapkan matang-matang biar semua sesuai rencana.
7. kantong menipis
hal ini terang membuat kita berfikir ulang untuk mendaki gunung. Apalagi bagi kalian yang tidak punya peralatan sendiri. Tapi hening kami punya solusi bagi anda yang ingin punya modal untuk traveling. 

mohon share ya.. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *