Stupa Candi di Indonesia, Pengertian, Arti, Fungsi, Bagian

Artikel dan Makalah wacana Stupa Candi di Indonesia, Pengertian, Arti, Fungsi, Bagian – Stupa ialah tempat penyimpanan bubuk sang Buddha dan melambangkan perjalanan Sang Buddha menuju nirvana. Setelah wafat, jasad Buddha dikremasi, lalu abunya disimpan dalam delapan stupa terpisah di utara India. Pada masa kuno di India, stupa digunakan sebagai makam penyimpanan bubuk ningrat atau tokoh tertentu. Stupa kemudian dijadikan lambang Buddhisme dan memperlihatkan luas pengaruh Buddhisme di banyak sekali kawasan. Semasa pemerintahan Ashoka (abad ke-2 SM) di India dibangun banyak stupa untuk menunjukan Buddha sebagai agama kerajaan. (Baca juga : Pengaruh Hindu Budha di Indonesia)
Di Asia Tenggara dan Timur, stupa juga didirikan sebagai akreditasi terhadap Buddhisme di wilayah bersangkutan. Stupa terdiri atas tiga bagian, yaitu andah, yanthra, dan cakra. Andah melambangkan dunia bawah, tempat insan yang masih dikuasai hawa nafsu, Yanthra merupakan suatu benda untuk memusatkan pikiran ketika bermeditasi, dan Cakra melambangkan nirvana atau nirwana, tempat para yang kuasa bersemayam. Stupa di Indonesia memiliki kekhasan tersendiri. Di Indonesia stupa sering merupakan bab candi atau komplek candi tertentu, menyerupai pada Candi Mendut, Borobudur, Jawi, dan Candi Muara Takus.
Anda sekarang sudah mengetahui Stupa. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Suwito, T. 2009. Sejarah : Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Madrasah Aliyah (MA) Kelas XI. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 368.


Sumber http://www.nafiun.com/

Artikel Menarik Lainnya

Baca Juga:  Kesetimbangan Ion dalam Larutan Asam Basa, Hidrasi dan Hidrolisis Garam, Larutan Penyangga, Kelarutan, Rumus, Contoh Soal, Pembahasan, Praktikum Kimia