Struktur Teks Pantun, Pengertian, Kaidah dan Contoh Teks Pantun

Hai sahabat semua, kali ini aku mau menyebarkan kepada sahabat mengenai Teks Pantun. Seperti biasa, yang akan kita bahas tidak sebatas itu saja, kita juga akan mempelajari mengenai pengertian teks pantun, struktur teks pantun, dan tidak lupa juga pola teks pantun itu sendiri.

Nah pribadi saja kita mulai pembahasan pertama kita mengenai pengertian Teks Pantun, silahkan disimak.

Pengertian dan Struktur Teks Pantun

Pengertian Teks Pantun yang Perlu Sobat Ketahui

Teks Pantun yakni salah satu puisi melayu lama yang tersusun dari isi dan sampiran yang mempunyai rima a-b-a-b. Istilah “Pantun” sendiri asalanya dari bahasa jawa kuno yaitu tuntun, yang memiliki maksud mengatur atau menyusun.

Pantun merupakan sebuah karya yang memiliki nilai pengajaran di dalamnya disamping memiliki suara yang indah. Pada zaman dulu, pantun sering diungkapkan dalam bentuk lisan, tapi sekarang menjelma ke bentuk tulisan.

Materi teks pantun menjadi bahan yang diajarkan pada mata pelajaran sekolah baik itu SD, SMP, maupun SMA. Umumnya yang diajarkan yaitu wacana kaidah teks pantun, bagaimana cara menganalisis teks pantun, dan mengambil sebuah evaluasi dari teks pantun yang diberikan.

Struktur Teks Pantun dan Kaidahnya

 

Selanjutnya kita akan membahas mengenai struktur teks pantun yang menjadi pokok bahasan kita pada artikel ini. Nah ada beberapa jenis teks pantun yang nanti akan kita kupas strukturnya, mulai dari teks pantun biasa, Karmina dan juga talibun. Berikut pemaparannya:

Struktur Teks Pantun Biasa

Pertama kita akan melihat struktur dari teks pantun biasa. Pantun biasa yakni pantun yang sering kita jumpai bahkan kita baca. Berikut struktur lengkapnya:

  1. Sampiran, yakni bab awal yang letaknya pada baris 1 dan 2 yang fungsinya untuk membentuk rima. Umumnya bab sampiran ini tidak memiliki relasi dengan isi dari pantun tersebut, tapi juga ada beberapa pantun yang bab sampirannya memiliki relasi dengan bab isinya.
  2. Isi, yakni bab yang merupakan tujuan dari pantun tersebut. Letaknya pada 2 baris terakhir yaitu 3 dan 4.

Struktur Teks Pantun Karmina

Pantun karmina yakni pantun yang hanya terdiri dari 2 baris yaitu sampiran dan isi. Pola dari teks pantun tersebut yakni a-a.

Struktur Teks Pantun Talibun

Pantun talibun yakni pantun yang terdiri dari 6 baris. Berikut strukturnya:

  • Sampiran
  • Sampiran
  • Sampiran
  • Isi
  • Isi
  • Isi

Kaidah Teks Pantun yang Benar

Kaidah kebahasaan atau lebih dikenal dengan unsur kebahasaan teks pantun terdiri dari:

  1. Diksi, yakni pemilihan kata yang sempurna dalam membuat sebuah pantun. Kalian mampu menganalisis teks pantun dan melihat pemilihan kata yang ada didalamnya, kemudian kalian mampu menjiplak atau membuat sebuah pantun denga lebih memerhatikan diksinya.
  2. Imaji, yakni penggambaran yang ada didalam teks pantun, sehingga pembaca atau pendengar mampu terbawa kedalam tujuan pantun tersebut.
  3. Bahasa Kiasan, yakni bahasa yang digunakan untuk memberikan sebuah makna secara tidak langsung.
  4. Bunyi, yakni cara kita melafalkan pantun tersebut dengan intonasi yang sempurna dan penitikberatan kata yang pas.

Contoh Teks Pantun Terbaik

Setelah kalian memahami wacana apa itu teks pantun dan juga struktur teks pantun, selanjutnya kalian mampu melihat beberapa contoh teks pantun berikut yang sudah aku pilihkan untuk sahabat semua.

Si Asih masih sibuk makan
bakwan malang jadi santapan
Udara bersih jadi kebutuhan
Tapi sayang sulit didapatkan

Sarapan sambil baca koran
baca isu wacana kerikil apung
Bayangkan kalau tidak ada hutan
banyak air siapa yang menampung

Buat jalan di hutan belukar
pohon ambruk jadi tontonan
Hutan bukan untuk dibakar
tapi untuk sumber kehidupan

Nah untuk pola pantun yang lain, kalian mampu membaca mengenai pantun wacana lingkungan yang menarik.

Sekian artikel mengenai struktur teks pantun, pengertian dan juga pola teks pantun, supaya bermanfaat ya.