Struktur Teks Cerpen, Ciri-Ciri Cerpen dan Contohnya

Hai teman semua, diartikel kali ini kita akan membahas mengenai Struktur Teks Cerpen. Namun tidak hanya itu saja yang akan kita pelajari, kita juga akan melihat ibarat apa ciri-ciri teks cerpen tersebut, ciri kebahasaan teks cerpen dan juga contoh dari teks cerpen itu sendiri.

Oke tidak usah berlama-lama lagi pribadi saja kita mulai pembahasan kita.

Pengertian Cerpen yang Wajib Diketahui

Cerpen yaitu jenis karya sastra yang menggambarkan kisah atau dongeng dari suatu tokoh yang disertai dengan aneka macam dilema yang menyelimutinya serta solusi atau penyelesaian dari dilema tersebut.

Nah didalam teks cerpen dikenal yang namanya unsur pembangun teks cerpen yaitu unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik dari cerpen yang mana keduanya memiliki tugas dalam menciptakan sebuah dongeng yang menarik.

Struktur Teks Cerpen yang Urut

Struktur Teks Cerpen yang Benar

Nah, setelah teman mengetahui perihal apa itu teks cerpen, selanjutnya kita akan melihat ibarat apakah struktur teks cerpen yang benar itu.Silahkan simak ulasannya berikut ini.

Urutan struktur teks cerpen dan penjelasannya: 

1. Abstraksi
Pada bab ini, pengarang menjelaskan ringkasan atau inti dongeng yang nantinya akan dikembangkan menjadi rangkaian dongeng yang akan dialami oleh tokoh-tokoh yang ada dalam cerita.
  
2. Orientasi 
Pada bab orientasi, pengarang menggambarkan latar dongeng baik itu suasana, daerah maupun waktu yang terjadi didalam suatu dongeng .

3. Komplikasi
Urutan struktur teks dongeng pendek yang selanjutnya yaitu komplikasi. Komplikasi berisi mengenai urutan kejadian yang dihubungkan berdasarkan karena akibat. Berbagai kerumitan atau dilema akan muncul pada tahap ini.
  
4. Evaluasi
Setelah dilema mengalami klimaks atau puncak masalah, selanjutnya akan muncul penyelesaian-penyelesaian yang disebut dengan evaluasi. Pada tahap ini mulai terlihat penyelesaian dan pemecahan masalah.

5. Resolusi
Pada bab ini, pengarang akan menawarkan solusi dari aneka macam permasalahan yang dialami tokoh.

6. Koda
Struktur teks cerpen yang terakhir yaitu koda. Koda yaitu nilai-nilai atau pelajaran yang mampu diambil dari sebuah teks cerpen.

Nah sobat, itu ia urutan struktur teks cerpen beserta penjelasannya.

Ciri-Ciri Cerpen yang Lengkap

Setelah teman mengetahui perihal struktur teks cerpen yang benar, selanjutnya kita akan melihat ciri-ciri cerpen yang lengkap, apa saja ciri-cirinya? Langsung saja simak dibawah ini:

  1. Tulisan kurang dari 10.000 kata.
  2. Bentuk tulisannya singkat, padat dan tidak lebih panjang dari novel.
  3. Sumber dongeng dari pengalaman sendiri atau orang lain yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari.
  4. Mengangkat dilema tunggal atau intinya saja.
  5. Habis dibaca sekali duduk.
  6. Tokoh-tokoh yang ada mengalami konflik hingga menemukan penyelesaiannya.
  7. Penggunaan kata ekonomis dan mudah dipahami.
  8. Menimbulkan kesan mendalam bagi pembacanya.
  9. Tidak merubah nasib tokoh.
  10. Alurnya tunggal dan lurus.
  11. Penokohannya sederhana, singkat dan tidak mendalam.

Contoh Teks Cerpen Terbaik

Nah setelah semua aspek sudah kita bahas, selanjutnya kita mulai pada pembahasan pola teks cerpen terbaik. Nah dari pada kepanjangan aku nulis disini, pribadi saja teman kunjungi contoh teks cerpen perihal kewirausahaan sukses.

Oke sekian artikel mengenai struktur teks cerpen, ciri-ciri cerpen dan contohnya, supaya bermanfaat dan hingga bertemu di artikel selanjutnya.