soal tes/ujian/ulangan Matematika SD kelas 2 ihwal pengukuran dan pembahasannya

Kumpulan soal ulangan 
soal tes/ujian/ulangan Matematika SD kelas 2 ihwal pengukuran
sobat kumpulansoalulangan yang budiman dan budiwati ( he he ), kali ini saya akan mem-posting ihwal soal tes/ ujian / ulangan matematika SD kelas 2 ihwal pengukuran lengkap dengan pembahasan soalnya, mau tahu ayo kita simak dibawah ini. soal latihan ini termasuk pada semester.
  1. Ibu mulai memasak di dapur pukul 08.00. Pada pukul 10.00 kuliner telah matang. Berapa jam ibu memasak?
    • Pembahasan: pada soal ini jam 8 mulainya selesainya jam 10 berarti dari jam delapan jarum jam bergerak sebanyak dua langkah berarti ibu memasak selama 2 jam.; note: dalam mengambarkan soal menyerupai ini anak diarahkan untuk selalu membayangkan jam dinding saat menyelesaikan soal ihwal pengukuran jam.
  2. Ina mengerjakan PR di rumah mulai pukul 06.00 sore hingga pukul 08.00 malam. Berapa jam Ina mengerjakan PR?
    • Pembahasan: mulai pukul 6 final pukul 8, berarti jarum jam bergerak 2 langkah, maka lamanya mengerjakan PR selama 2 jam
  3. Beni bermain sepak bola di lapangan RW bersama teman-temannya mulai pukul 04.00 sore hingga pukul 05.00 sore. Berapa jam Beni bermain sepak bola?
    • Pembahasan: mulai pukul 4 final pukul 5, berarti jarum jam bergerak 1 langkah maka lama bermain bola selama 1 jam
  4. Agar tidak tertinggal kereta api, ayah tiba di stasiun pukul 07.00. Kereta api tiba pada pukul 08.00 dan ayah segera naik kereta api. Berapa jam ayah menunggu kereta api di stasiun?
    • mulai pukul 7 final pukul 8, artinya jarum jam hanya bergerak 1 langkah maka menunggunya selama 1 jam; note: pemakaian kata mulai dan final ialah sebuah konsep dimana anak supaya mengerti cara menyelesaikan soal menyerupai ini dan tidak terjebak dengan redaksi atau bahasa soal yang kadang kadang membingungkan.
  5. Tuti pergi ke supermarket pukul 01.00 siang. Pukul 03.00 sore Tuti sudah tiba di rumah. Berapa jam Tuti pergi ke supermarket?
    • mulai pukul 1 final pukul 3, berarti jarum jam bergerak 2 langkah saja, maka lamanya pergi selama 2 jam
  6. Pada hari Senin ayah mengajar matematika mulai pukul 11.00. Pukul 01.00 siang ayah pulang ke rumah. Berapa jam ayah mengajar matematika?
    • mulai pukul 11 dan final pukul 1 siang, maka jarum jam bergerak sebanyak 2 langkah berarti lamanya mengajar selama 2 jam; note: ingat kode untuk selalu membayangkan jam dinding.
  7. Seorang petani mulai bekerja di sawah pukul 07.00. Pukul 11.00 ia berhenti bekerja. Berapa jam petani itu bekerja di sawah? 
    • mulai pukul 7 final pukul 11, maka jarum jam bergerak sebanyak 4 langkah, artinya petani bekerja selama 4 jam.
  8. Adik bayi tidur siang mulai pukul 12.00 hingga pukul 03.00 sore. Berapa jam adik bayi tidur siang?
    • mulai pukul 12 dan final pukul 3 sore, jarum jam bergerak 3 langkah artinya bayi tidur selama 3 jam.
  9. Bu Rufi mengajar kursus bahasa absurd mulai pukul 04.00 sore. Pada pukul 06.00 sore waktu kursus sudah selesai. Berapa jam bu Rufi mengajar kursus bahasa asing?
    • mulai pukul 4 sore dan final pukul 6 sore, maka jarum jam bergerak 2 langkah, artinya bu guru mengajar selama 2 jam.
  10. Pada hari Minggu warga desa kami mengadakan kerja bakti mulai pukul 06.00 hingga pukul 09.00. Berapa jam warga desa melakukan kerja bakti?
    • mulai pukul 6 dan final pukul 9, jarum jam bergerak 3 langkah maka warga melakukan kerja bakti selama 3 jam
nah itulah soal dan sedikit cara mengajarkan dan pembahasannya, agar apa yang saya tulis bermanfaat bagi dunia pendidikan. jikalau ingin mengunduh soalnya silahkan.