Sistem Pencernaan Pada Manusia beserta Organ Penyusunnya

Halo semuanya, kita bertemu lagi nih di blog sederhana miliki aku ini, kali ini kita akan mencar ilmu materi Biologi yang judulnya Organ Penyusun Sistem Pencernaan Pada Manusia.

Salah satu ciri dari Makhluk hidup yaitu membutuhkan atau memerlukan makanan. Tujuannya yaitu untuk memenuhi kebutuhan energi yang diharapkan oleh badan untuk melaksanakan semua acara sehari-hari. Tanpa energi kita tidak akan mampu melaksanakan semua aktivitas, untuk itu menjaga teladan makan sangat diharapkan supaya energi yang kita dapatkan mampu lebih optimal sesuai kebutuhan dan tidak berlebihan atau kekurangan.

Nah untuk mengubah makanan menjadi energi, diharapkan sebuah proses yang terjadi didalam badan kita, tepatnya di sistem pencernaan kita. Nah untuk lebih terang mengenai pengertian dari sistem pencernaan pada insan silahkan kalian baca berikut ini:

Sistem Pencernaan Pada Manusia yaitu sistem yang mengubah makanan menjadi energi dengan cara menyerap sari-sari berupa nutrisi yang dibutuhkan oleh badan kita. Nah dalam melaksanakan pengubahan tersebut melibatkan banyak sekali organ-organ penyusun sistem pencernaan, antara lain mulut, kerongkongan, lambung, pankreas, usus, dan anus. Nah untuk lebih terang mengenai fungsi-fungsi dari dari organ-organ tersebut, aku akan memaparkannya satu persatu, silahkan disimak.

Organ Penyusun Sistem Pencernaan Pada Manusia

Organ Penyusun Sistem Pencernaan Pada Manusia
Sumber Gambar : informasi-pendidikan.com
  • Rongga Mulut
Rongga Mulut yaitu kawasan pertama kali makanan dicerna sebelum masuk kedalam tubuh. Nah didalam rongga verbal ini terjadi beberapa proses ibarat untuk melumatkan makanan, manambahkan enzim dan sebagainya. Didalam Rongga Mulut terdapat beberapa alat pencernaan yaitu :

  1. Gigi
    Gigi mempunyai tugas untuk melumatkan atau menghancurkan makanan menjadi ukuran lebih kecil. Ada beberapa tipe gigi yang fungsinya berbeda-beda, antara lain:
    ⇒ Gigi seri, fungsinya untuk memotong makanan, jumlahnya ada 8.
    ⇒ Gigi taring, fungsinya untuk merobek makanan, jumlahnya ada 4
    ⇒ Gigi geraham, fungsinya untuk mengunyah makanan, jumlahnya ada 8 buah
  2. Lidah
    Lidah fungsinya untuk mencicipi makanan yang kita makan, apakah itu pedas, manis , pahit, asin, asam.
  3. Kelenjar Ludah
    Nah jikalau kalian makan nasi dan mengunyahnya agak lama, maka anda akan mencicipi makanan anda menjadi manis, hal tersebut alasannya yaitu adanya enzim ptialin yang dihasilkan oleh kelenjar ludah, fungsinya untuk membantu pencernaan secara kimiawi.
  • Kerongkongan
Setelah makanan yang sebelumnya ada di verbal kita telan, maka selanjutnya makanan tersebut akan masuk kedalam kerongkongan. Nah setelah itu, kerongkongan akan meremas mendorong makanan menuju ke lambung dengan gerakan yang disebut gerak peristaltik.

  • Lambung
Nah setelah melalui kerongkongan, makanan yang didorong tadi akan masuk ke lambung. Di dalam lambung terdapat 2 jenis pencernaan yaitu mekanik dan kimiawi. Pencernaan mekanik yaitu dengan meremas makanan dengan otot-otot dinding lambung, sedangkan secara kimiawi yaitu dengan dibantu oleh beberapa enzim yaitu:

  1. Enzim Pepsin, fungsinya mengubah protein menjadi peptida.
  2. Enzim Renin, fungsinya mengendapkan protein susu yang terdapat pada air susu.
  3. HCl, fungsinya untuk membunuh kuman-kuman yang mungkin masuk bersamaan dengan makanan yang kita makan.
  • Pankreas
Didalam pankreas tidak terjadi proses pencernaan. Pankreas hanya menghasilkan enzim-enzim saja untuk membantu proses pencernaan. Apa saja enzim-yang dihasilkan oleh pankreas? silahkan simak dibawah ini:

  1. Enzim Lipase, fungsinya untuk mengubah lemak menjadi asam lemak dan gliserol.
  2. Enzim Amilase, fungsinya untuk menguraikan amilum.
  3. Enzim Tripsin, fungsinya untuk membantu penguraian protein.
  • Hati
Hati berperan dalam menghasilkan empedu. Selain itu, hati juga berfungsi untuk menimbun sari-sari makanan dan memiliki berat kurang lebih 2 kg.

  • Usus
Organ pencernaan selanjutnya yaitu Usus. Usus masih dibagi lagi menjadi 3 yaitu Usus dua belas jari, usus halus, dan usus besar. Berikut penjelasan lengkapnya:

  1. Usus Dua belas jari, fungsinya yaitu untuk menghubungkan lambung dengan usus halus, selain itu usus dua belas jari juga berfungsi untuk menyalurkan enzim pencernaan dari pankreas.
  2. Usus Halus, merupakan usus terpanjang pada badan insan yaitu mencapai 6-8 meter untuk orang dewasa. Didalam usus halus terjadi proses peresapan sari-sari makanan oleh jonjot-jonjot usus yang disebut dengan vili.
  3. Usus Besar, didalamnya terdapat proses peresapan air dan pembusukan sisa sari-sari makanan dengan dibantu oleh basil Escherichia coli atau E.coli.
  • Anus
Anus atau dubur merupakan organ yang fungsinya untuk mengeluarkan sisa-sisa makanan yang sudah melalui tahap pembusukan sebelumnya.

Nah itu ia materi kita kali ini wacana Organ-Organ Penyusun Sistem Pencernaan Manusia, biar bermanfaat bagi kalian semua dan terima kasih sudah berkunjung.