Sholat Jenazah/Mayit Laki-Laki dan Perempuan: Tata Cara, Niat dan Bacaan

Hai sahabat semua, kembali lagi dengan saya, nah pada artikel kali ini kita akan membahas wacana tata cara sholat mayat atau sholat mayit untuk laki-laki dan perempuan. Kita tahu, bahwa simpulan hidup itu ada belakang layar Ilahi, hanya Tuhan SWT saja yang tahu.

Setiap insan yang hidup didunia pasti akan mengalami yang namanya kematian, entah itu pejabat, orang kaya, orang miskin, laki-laki, perempuan, tua, muda dan lainnya, semua akan mengalaminya. Selain itu, kita tidak mampu memprediksi kapan kita akan meninggal, dalam keadaan ibarat apa kita meninggal, kita tidak tahu semua itu.

Kematian tidak memandang usia, misalnya orang yang usianya jauh lebih renta dari saya, tidak menjamin ia mati terlebih dahulu, mampu saja saya atau mungkin Anda.

Nah salah satu kewajiban bagi seorang muslim yang masih hidup terhadap muslim lain yang sudah meinggal yakni memandikan, mengkafani, dan mensholati. Pada artikel sebelumnya saya sudah pernah membahas wacana tata cara memandikan jenazah, bagi sahabat yang belum tahu mampu mampir terlebih dulu.

Oke kita tidak usah berbasa-basi lagi, pribadi saja kita mulai pembahasan kali ini mengenai tata cara sholat Jenazah atau sholat mayit serta bacaan-bacaan pada sholat tersebut.

Tata Cara Sholat Jenazah atau Sholat Mayit

Sholat mayat berbeda dengan sholat-sholat pada umumnya. Biasanya kan bila sholat pada umumnya terdapat gerakan rukuk, sujud, tasyahud awal dan simpulan dll. Tapi pada sholat mayat ini hanya ada gerakan takbiratul ihram saja.
Mensholatkan mayat berarti melaksanakan salat untuk mayat dengan cara melaksanakan 4 takbir. Sholat mayit sendiri hukumnya yakni fardhu kifayah, baik untuk mayat laki-laki atau mayat perempuan. Setiap orang muslim berhak mensholati jenazah, tetapi ada yang paling berhak untuk menshalatkan mayat tersebut :

  • Orang yang diwasiyatkan, dengan syarat, orang yang diwasiatkan bukan orang fasik atau mahir bid’ah.
  • Ulama atau pemimpin agama
  • Orang renta dari mayat tersebut
  • Anak-anak si mayat kebawah
  • Keluarga terdekat
  • Kaum Muslimin
Seperti sholat lainnya, sholat mayat mampu dilakukan secara berjamaan maupun munfarid (sendirian). Nah apabila dilakukan secara berjamaan maka posisi imam dan makmum yakni sebagai berikut :

  • Apabila mayat laki-laki, maka posisi imam berada searah kepala jenazah. Sedangkan posisi makmum berada dibelakang imam dengan urutan makmum laki-laki dewasa, kemudian perempuan dewasa. Jumlah shafnya diutamakan ganjil.
  • Apabila mayat perempuan, maka posisi imam berada pada searah tali pusar. Sedangkan makmum ibarat ketentuan makmum laki-laki.
niat sholat mayit
Untuk melaksanakan sholat mayat harus sesuai dengan rukun (ketentuan yang harus dilakukan saat sedang melaksanakan sholat jenazah.

Rukun Sholat Jenazah yang Benar

#1. Niat Sholat Mayit
Berikut ini bacaan niat sholat mayit :
a. Jenazah laki-laki
اُصَلِّى عَلَى هَذَاالْمَيِّتِ اَرْبَعَ تَكْبِرَاتٍ فَرْضَ الْكِفَايَةِ مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى
Artinya : Saya niat sholat mayit dengan empat takbir sebagai makmum fardhu alasannya Allah.
b. Jenazah perempuan
اُصَلِّى عَلَى هَذِهِ الْمَيِّتَةِ اَرْبَعَ تَكْبِرَاتٍ فَرْضَ الْكِفَايَةِ مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى
Artinya : Saya niat sholat mayit dengan empat takbir sebagai makmum fardhu alasannya Allah.
#2. Melakukan empat takbir
a. Takbir pertama membaca surat Al Fatihah (1-7)
b. Takbir kedua membaca salawat nabi

أللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى أَلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى أَلِ إِبْرَاهِيْمَ وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى أَلِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى أَلِ إِبْرَاهِيْمَ فِى اْلعَالَمِيْنَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَّجِيْدٌ

c. Takbir ketiga membaca doa untuk jenazah

الَّلهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ وأَكْرِمْ نُزُوْلَهُ وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ وَاغْسِلْهُ بِمَاءٍ وثَلْجٍ وَبَرَدٍ وَنَقِّهِ مِنَ اْلخَطَايَا كَمَا يُنَقَى الثَوْبُ اْلأَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ وأَبْدِلْهُ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ وأََهْلًا خَيْراً مِنْ أَهْلِهِ وَزَوْجًا خَيْراً مِنْ زَوْجِهِ وَقِهِ فِتْنَةَ القَبْرِ وَعَذَابَ النَّارِ

d. Takbir keempat membaca doa untuk jenazah
*Jenazah laki-laki

اَلَّلهُمّ لاَتَحْرِمْنا أَجْرَهُ وَلاَتَفْتِِنَّا بَعْدَهُ

*Jenazah perempuan

اَلَّلهُمّ لاَتَحْرِمْنا أَجْرَهَا وَلاَتَفْتِِنَّا بَعْدَهَا

e. Salam
Nah itu ia sob artikel mengenai tata cara sholat jenazah, bacaan-bacaan sholat mayat juga niat sholat mayit untuk laki-laki dan perempuan, biar bermanfaat dan jangan lupa like dan share artikel ini ya sob, makasih.