Setiap Orang/Manusia Memiliki Dua Tanggal Lahir, Dua Umur dan Dua Ulang Tahun

Ada banyak orang yang tidak menerka bahwa mereka mempunyai dua hari ulaungtahun dalam satu tahun, dan bahkan mampu lebih dari dua.  Penyebabnya yaitu karena adanya perbedaan perhitungan tahun yang digunakan manusia.  Sebagian besar orang di dunia memakai sistem kalender gregorian atau masehi, sebagian menggunakan sistem kalender hijr, hijri atau hijriah, dan ada pula yang memakai sistem kalender di luar yang dua tersebut.

Satu tahun masehi yaitu satu kali bumi mengitari matahari (periode orbit bumi matahari), sedangkan satu tahun hijriah yaitu 12 kali perulangan bulan melaksanakan fase-fase bulan pada bumi (periode sinodik bumi bulan matahari).  Kalender sistem bulan atau hijriah banyak dipakai oleh kaum muslim di seluruh dunia untuk membantu insan dalam melaksanakan banyak sekali perhitungan waktu.  Hanya sistem hijriah saja yang diakui oleh Tuhan SWT sebagai pembantu insan dalam perhitungan banyak sekali hal yang bersifat keagamaan.

Dari Fakta yang Ada Bisa Kita Dapatkan Keunikan-Keunikan Sebagai Berikut :

1. Setiap orang mempunyai dua tanggal lahir namun kebanyakan orang tidak menyadarinya dan bahkan hanya sedikit orang yang tahu tanggal lahir yang satu lagi (hijriyah).

2. Setiap insan mampu ulang tahun dua kali atau lebih dalam satu tahun masehi, yaitu satu kali ulang tahun masehi, dan satu atau dua kali ulang tahun hijriah.  Hal tersebut disebabkan oleh jumlah hari hijriah lebih sedikit daripada jumlah hari masehi.

3. Umur seseorang mampu lebih renta atau lebih banyak apabila dihitung dengan menggunakan sistem penanggalan hijriah.  Mungkin perbedaannya tidak ada atau tidak terlalu besar untuk yang masih muda.  Semakin renta seseorang maka perbedaannya mampu semakin besar.  Namun sayangnya perayaan ulang tahun tidak ada dalam fatwa Islam, sehingga sebaiknya tidak dirayakan.

Beberapa Situs Web Pengubah Tanggal Masehi ke Tanggal Hijriah

– http://rukyatulhilal/konversi/
– http://adrian.web.id/convert/
– http://www.islamicity.com/PrayerTimes/hijriconverter1aPartner.htm
– http://www.islamicfinder/dateConversion.php

Selamat menemukan tanggal lahir anda yang satu lagi dan menemukan usia anda yang satu lagi.  Sebarkanlah fakta yang asing tapi aktual ini kepada orang-orang yang anda kasihi.  Terima kasih.