Sesuatu Hal yang Langka di Hari Idulfitri Idul Fitri, Sebelum & Setelah

Menjelang lebaran idul fitri, hari H idul fitri dan beberapa hari setelah idul fitri yakni masa-masa yang unik.  Di waktu-waktu tersebut ada beberapa hal yang sulit untuk didapatkan walaupun kita memiliki uang yang banyak.  Pasalnya barang-barang atau benda-benda tersebut memiliki tingkat usul yang sangat tinggi sehingga menjadikan terjadinya kelangkaan barang dan juga kenaikan harga barang.  Hal ini biasanya selalu terulang kali terjadi setiap tahun karena disebabkan juga karena perusahaan produsen produk langka tersebut tidak sanggup memenuhi usul konsumen yang luar biasa besar.

Contoh Beberapa Barang yang Langka Sulit Dicari Saat Lebaran, Sebelum Idulfitri dan Setelah Idulfitri :

1. Air Minum Dalam Kemasan

Air minum dalam kemasan ukuran galon 19 liter merek tertentu biasanya akan menjadi langka akhir kurangnya pasokan dari produsen maupun distributor kepada para pengecer tingkat bawah sehingga menjadikan konsumen menerima kesulitan untuk tukar tambah galon kosong miliknya dengan galon isi milik pedagang amdk galonan.  Terkadang terjadi pula kelangkaan amdk untuk ukuran yang lebih kecil ibarat amdk gelas.  Masyarakat banyak yang menggunakan amdk berbentuk gelas karena dinilai lebih praktis dan higienis untuk disajikan kepada tamu yang datang berkunjung di hari raya.

2. Bahan Bakar

Bahan bakar yang mengalami kelangkaan di seputar lebaran pada umumnya yakni ibarat tabung gas ukuran 3 kg dan materi bakar kendaraan bermotor.  Tabung gas kecil seberat 3kg biasanya digunakan oleh masyarakat untuk membuat aneka macam panganan untuk disajikan di hari raya.  Karena momen memasak kuliner dalam jumlah besar dilakukan pada dikala yang bersamaan, maka wajar apabila terjadi kekurangan stok tabung gas 3kg yang ada isinya.  Untuk tempat tertentu yang belum masih diberi subsidi minyak tanah dan belum ada aktivitas konversi materi bakar minyak tanah ke materi bakar gas, maka yang langka yakni minyak tanah.  Bahan bakar untuk kendaraan bermotor ibarat bensin, solar / biosolar dan pertamax mampu menjadi langka akhir banyaknya kendaraan pemudik yang melintasi suatu tempat tertentu dan mengisi bensin secara bersamaan sehingga pom bensin / spbu mengalami kekurangan stok materi bakar.

3. Tempat Jajanan / Penjual Makanan

Para pedagang yang berasal dari luar tempat pada umumnya akan mudik pulang kampung ke kampung halamannya untuk melaksanakan halal bihalal dengan sanak keluarga, kerabat, handai taulan, tetangga, teman, dan lain sebagainya.  Sepinya pedagang makanan dan minuman yang beroperasi di dikala hari raya lebaran idul fitri dan beberapa hari setelah hari raya lebaran idul fitri menjadikan para konsumen menyerbu pedagang yang buka sehingga terkadang pedagang mengalami kehabisan stok sebelum waktunya tutup.  Hal ini merupakan berkah bagi para pedang yang masih berjualan, karena warung atau restoran tiba-tiba menjadi ramai dan laris masis berbeda jauh dari hari-hari biasanya.

4. Sembako Tertentu

Di sekitar lebaran biasanya ada sembako yang menjadi langka di daerah-daerah tertentu.  Sembako yang seringkali sulit ditemui ketika berada di sekitar hari raya idul fitri yakni beras dan telur.  Beras ada hubungannya dengan kebutuhan masyarakat untuk membayar zakat fitrah dan makanan khas lebaran berbahan dasar beras yakni lontong dan ketupat.  Telur ada hubungannya dengan kebutuhan masyarakat yang tinggi dalam membuat panganan khas hari raya idul fitri yang berbahan telor ayam.  Bahan makanan lainnya biasanya mengalami kenaikan yang bervariasi di dikala menjelang lebaran idul fitri karena memang adanya kenaikan usul pada komoditas-komoditas tersebut.

5.  Tiket Angkutan Umum Luar Kota

Membludaknya pemudik menjelang hari raya idul fitri untuk berlebaran di kampung halaman membuat tiket angkutan umum menjadi kelebihan usul yang sangat signifikan dibandingkan dengan biasanya.  Hal ini telah menjadi sesuatu yang lumrah dan diterima oleh banyak orang.  Hal ini sesungguhnya dapat diatasi kalau ada harapan yang berpengaruh dari pemerintah untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Itulah beberapa hal yang sulit untuk didapat di dikala menjelang lebaran, dikala lebaran dan setelah lebaran idul fitri.  Mudahan-mudahan goresan pena yang singkat dan sederhana ini dapat menawarkan manfaat untuk kita semua.  Terima kasih.