Sertifikat Pendidik dan Kewenangan Mengajar Guru Berdasarkan Kurikulum 2013

Sahabat guru, Jenis dan Sertifikat Pendidik Guru Pengampu Mapel Kurikulum 2013 ini berdasarkan surat kepala BPSDMK yang isinya yakni Sebagai berikut. Dengan dilaksanakannya Kurikulum 2013 di sekolah, terdapat beberapa perubahan mata pelajaran antara Kurikulum 2006 dengan Kurikulum 2013 yang menyebabkan perbedaan jenis guru yang dibutuhkan. Perubahan tersebut antara lain mata pelajaran yang tidak lagi tercantum dalam Kurikulum 2013, seperti: TIK di SMP/SMA; IPA, IPS, KKPI, dan Kewirausahaan di SMK; mata pelajaran yang gres muncul pada Kurikulum 2013, menyerupai Prakarya di SMP, dan Prakarya dan Kewirausahaan di SMA/SMK; dan perubahan mata pelajaran peminatan kejuruan sesuai Surat Edaran Dirjen Pendidikan Menengah Nomor 7013/D/KP/2013 Tentang Spektrum Keahlian Pendidikan Menengah Kejuruan.

Artikel Terkait

Dengan adanya perubahan tersebut, maka diharapkan adaptasi dan perluasan kewenangan mengajar bagi guru yang memiliki akta pendidik yang dapat digunakan sebagai dasar untuk penyaluran perlindungan profesi pendidik. Berkenaan dengan hal tersebut, dengan hormat disampaikan perubahan tersebut sebagai berikut.

1. Jenis guru dan arahan bidang studi yang memiliki kewenangan mengajar mata pelajaran sesuai Kurikulum 2013 sebagaimana tercantum dalam Lampiran I.

2. Konversi akta pendidik bagi guru mata pelajaran peminatan kejuruan di SMK sesuai spektrum tahun 2013 sebagaimana tercantum pada Lampiran II.

3. Perluasan kewenangan mengajar bagi guru mata pelajaran peminatan kejuruan di SMK sebagaimana dicantumkan dalam Lampiran III.

4. Solusi bagi guru bersertifikat yang mata pelajaran tidak tercantum pada Kurikulum 2013 sebagaimana tercantum dalam Lampiran IV.

Berikut Lampiran I Surat Kepala Badan PSDMPK dan PMP wacana Jenis dan Sertifikat Pendidik Guru Pengampu Mata Pelajaran Kurikulum 2013

gambar Jenis guru dan arahan bidang studi kurikulum 2013

Untuk lebih jelasnya silahkan unduh melalui tautan dibawah

Unduh Surat Kepala BPSDMK Tentang Jenis dan Sertifikat Pendidik Guru Kurikulum 2013