Sekilas Tentang TOEFL

TOEFL yaitu kependekan dari Test Of English as a Foreign Language (Test Bahasa Inggris sebagai bahasa asing), yang diorganisir oleh sebuah lembaga di Amerika Serikat yang berjulukan ETS (Educational Testing Service).
Pada awalnya, TOEFL diharapkan bagi para pelajar di negara-negara yang bahasa utamanya bukan bahasa Inggris, tetapi ingin melanjutkan studi ke negara-negara yang bahasa resminya yaitu bahasa Inggris, ibarat Amerika Serikat, Kanada, dan negara-negara Eropa Barat.
Ini diharapkan untuk memastikan bahwa siswa-siswa dari negara berbahasa non-bahasa Inggris tersebut dapat mengikuti perkuliahan di negara berbahasa Inggris dengan baik. Antara lain untuk :

·         Memastikan bahwa mahasiswa tersebut memahami uraian yang diberikan dosen dalam bahasa Inggris (listening skill).
·         Mahasiswa memahami buku-buku textbook yang diwajibkan (reading skill).
·         Mahasiswa bisa membuat goresan pena ilmiah dengan tatabahasa yang benar (writing & grammar skill).

Untuk dapat diterima di negara-negara barat, calon mahasiswa haruslah memiliki TOEFL score minimal 500 (Eropa), bahkan untuk di Amerika Serikat, TOEFL score yang disyaratkan yaitu 550. (Nilai maksimal TOEFL Paper Based Test yaitu 677).
Seiring perkembangan zaman, bahkan negara-negara yang bahasa ibunya bukan bahasa Inggris, ibarat Jepang, Korea, India, Malaysia, Indonesia, dll mensyaratkan TOEFL Score tertentu bagi calon mahasiswanya, baik yang datang dari dalam negeri, apalagi bila berasal dari luar negeri. Di Indonesia, TOEFL bahkan digunakan juga untuk :

·         Persyaratan bagi penerimaan karyawan gres di instansi pemerintah, perusahaan pemerintah dan swasta.
·         Syarat penerimaan mahasiswa gres untuk jenjang S2 dan S3.
·         Syarat pengajuan beasiswa, baik dari pemerintah maupun swasta.

TOEFL sendiri sudah beberapa kali mengalami penyempurnaan oleh lembaga penyelenggaranya, ETS. Bentuk-bentuk TOEFL Test yang pernah diperkenalkan ke publik yaitu :

1.      TOEFL Paper Based Test
Terdiri atas 3 section : Listening, Structure, and Reading
Maximum Score : 677
2.      TOEFL Computer Based Test
Terdiri dari 4 Section : Listening, Structure, Reading, Writing
Maximum Score : 300
3.      TOEFL Internet Based Test
Terdiri dari 4 section : Listening, Reading, Writing, Speaking.
Maximum score : 120.

Meskipun resminya, semenjak TOEFL Internet Based Test diperkenalkan di seluruh dunia, maka jenis sebelumnya tidak berlaku lagi, tetapi kenyataannya hingga dikala ini, TOEFL Paper Based Test masih digunakan secara luas di banyak sekali lembaga pendidikan tinggi maupun untuk rekrutmen karyawan di Indonesia, atau di negara-negara yang bukan berbahasa Inggris. 

Sekarang banyak sekali beredar buku-buku yang bisa kita beli dan baca sebelum kita mengikuti test TOEFL. Bahkan dikala ini banyak website-website untuk latihan TOEFL gratis. Pada website-website tesebut, kita bisa berlatih dengan menjawab soal-soal TOEFL yang tersedia, mulai dari structure, reading hingga listening.
Berikut ini saya berikan alamat-alamat website yang bisa anda gunakan bila anda ingin berguru TOEFL secara online dan gratis:

 Semoga bermamfaat. Selamat Belajar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here