Sekilas Tentang Adam Smith

Adam Smith dilahirkan di Kirkcaldy, kota kecil bersahabat Edinburgh, Skotlandia pada tahun 1723 dan wafat pada tahun 1790. Smith mendengar gegap gempitanya dunia yang menghendaki kebebasan manusiawi hampir di segala lapangan kehidupan. Ia pun lalu berpikir bahwa ekonomi pun menghendaki suatu perumusan yang pasti.
Adam Smith lalu menuliskan ide-idenya dalam sebuah buku yang diterbitkan pada tahun 1776 dengan judul An Inquiry into The Nature and Causes of The Wealth of Nations, atau yang lebih dikenal dengan The Wealth of Nations. Dalam buku inilah untuk pertama kalinya muncul perumusan yang pasti ihwal perekonomian liberal. Dan dari karyanya ini pula melahirkan sebuah Teori Tangan Gaib (The Theory of The Invisible Hand), dimana setiap individu atau masyarakat secara keseluruhan seolah-olah didorong oleh sebuah tangan gaib untuk menuju kemakmuran, keuntungan, dan kejayaan.
Teori Tangan Gaib bekerjsama bukanlah satu-satunya pendapat Adam Smith. Banyak topik yang dibahas dalam The Wealth of The Nations-nya itu. Buku Smith juga dianggap orang sebagai buku pertama yang membicarakan dan membahas seluruh permasalahan ekonomi secara sistematis sesuai kaidah-kaidah ilmu pengetahuan. Itulah sebabnya, orang ketika ini menganggap bahwa ilmu ekonomi, atau ekonomi sebagai ilmu, lahir bersama dengan terbitnya buku Smith itu. Hal-hal itulah yang akhirnya mengakibatkan Adam Smith digelari sebagai Father of Modern Economics atau Bapak Ilmu Ekonomi Modern.