Sejarah Berdirinya Jong Ambon, Latar Belakang, Tujuan, Tokoh, Pergerakan Nasional

Artikel dan Sejarah wacana Sejarah Berdirinya Jong Ambon, Latar Belakang, Tujuan, Tokoh, Pergerakan Nasional – Jong Ambon didirikan pada tahun 1918. Sebelum itu bahwasanya telah lahir banyak sekali organisasi yang didirikan oleh orang-orang Ambon. Misalnya: Ambons Studiefonds (1909) oleh Tehupeilory, Ambons Bond (1911) untuk pegawai negeri, Mena Muria (1913) di Semarang, dan Sou Maluku Ambon di Ambon. Pada 9 Mei 1920, A.J Patty mendirikan Serikat Ambon di Semarang. (Baca juga : Gerakan Pemuda yang Bersifat Kesukuan dan Keagamaan pada Masa Pergerakan Nasional)
Tujuannya adalah ntuk mempersatuakan semua organisasi Ambon, sampai menjadi organisasi politik Ambon yang pertama. Karena ia sangat aktif melaksanakan kampanye di mana-mana. Akhirnya ia ditangkap oleh pemerintah kolonial dan diasingkan. Perjuangan berikutnya diteruskan oleh Mr. Latuharhary.
Anda sekarang sudah mengetahui Jong Ambon. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Suwito, T. 2009. Sejarah : Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Madrasah Aliyah (MA) Kelas XI. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 368.


Sumber http://www.nafiun.com/