Salju

salju? Mungkin salju yang kita lihat ada di televisi ya. Hal itu sangat wajar alasannya ialah Indonesia memang tidak ada animo salju. Namun tak ada salahnya bila kita mengetahui apa yang di maksud dengan salju, jenis-jenis salju dan bagaimana proses terbentuknya. Yang di maksud dengan salju ialah air yang sudah berbentuk kristal yang membeku dan cuek yang jatuh dari awan. Jika terkena suhu tertentu salju akan menguap bukan mencair. Itu merupakan salah satu kuasa Tuhan. Mengapa demikian? Pernahkan anda bayangkan apabila setelah turun salju kemudian salju tersebut mencair dan bukan menguap? Pastilah yang terjadi ialah banjir. Untuk itu Allah menyiapkan proses menyublim. Pernahkan anda tahu bahwa saju akan hilang dengan proses yang dinamakan dengan menyublim? Dari tadi kita sering menyebut kata menyublim. Lalu apa yang di maksud dengan menyublim? Menyublim ialah proses dimana benda padat menjadi gas. Jika kita hubungkan dengan salju yaitu salju ialah benda padat dan akan hilang dengan cara menguap menjadi uap air. Setelah kita tahu mengenai proses salju berikut ini akan ada penjelasan mengenai jenis-jenis salju.
Adapun jenis-jenis salju yaitu
1.   Prisma
Yang di maksud bentuk prisma yaitu salju yang tipis dengan bentuk ibarat piring mempunyai enam lengan yang mempunyai bentuk yang simetris. Salju jenis ini biasanya terbentuk pada suhu -2 °C dan -15 °C.
2.   Sectoret Plates
Khas dari pegunungan yang mempunyai enam sisi simetris sama besar.
3.   Stellar Dendrites
Bentuknya bercabang-cabang kristal yang mempunyai ukuran yang besar sehingga dapat di lihat dengan telanjang mata.
4.   Fernlike Stellar Dendrites
Kristal salju yang berbentuk pakis paling besar sampai ukuran lima milimeter.
5.   Hollow Coloumns
Berbentuk mirip tabung yang di dalamnya ada bentuk kerucut dan mempunyai ukuran yang sangat kecil sehingga di perlukan beling pembesar untuk mengetahui detailnya.
6.   Capped Coloumns
Kristal yang terbentuk sama dengan kristal sebelumnya. Namun bila kita serius mencarinya kita akan mampu menemukannya.
7.   Needles
Kristal es jenis ini terbentuk pada suhu lima derajat celsius dan mempunyai bentuk mirip rambut yang sudah beruban.
8.   Double Plates
Jenis kristal salju jenis ini akan kita temukan bila kita jeli melihatnya alasannya ialah kristal salju jenis ini merupakan perubahan dari Capped Coloumns.
9.   Split Plates dan Stars
Mempunyai bentuk mirip dua kristal es yang mengalami penggabungan sehingga sering di sebut sebagai perubahan dari double plates.
10. Triangular Crystals
Berbentuk mirip segitiga yang mempunyai enam sisi dan biasa terbentuk pada suhu dua derajat celsius.
Setelah kita mengenal yang di maksud dengan salju dan jenis-jenisnya. Salju mempunyai proses dalam pembentukannya. Apakah anda mengetahui bagaimana terbentuknya? Jika belum ada baiknya anda menyimak ulasan singkat mengenai bagaimana salju terbentuk. Menurut penelitian oleh para jago proses pembentukan salju yaitu di awali dari uap air yang berkumpul pada atmosfer bumi. Kumpulan uap air tersebut kemudian mengalami proses pendinginan yang menimbulkan pengkristalan. Hampir sama dengan pembentukan hujan salju juga mengalami pengumpulan partikel kristal es tadi ke dalam awan. Kemudian bila jumlahnya semakin banyak dan berat maka awan tersebut pecah dan terjadilah hujan salju ke Bumi. Perlu di ketahui bahwa partikel air tersebut ialah air murni dan bersih belum ada partikel yang mengotori.
Apakah anda tahu bahwa salju itu unik? Keunikannya terjadi pada bentuknya antara satu dan yang lain tidak sama. Hal ini mengingatkan kita pada sidik jari insan yang tidak sama setiap orangnya.


Sumber http://www.nafiun.com/