Rumus Kuartil Desil Persentil dan Contohnya

Hai semua, kali ini aku mau mengembangkan sebuah bahan yang menjadi favorit aku nih, yaitu bahan perihal rumus kuartil desil persentil dan contohnya. Nah bahan ini sendiri diajarkan pada dikala teman semua menginjak dingklik SMA, lebih tepatnya dikala kelas 2 SMA menyerupai aku ini.

Nah admin kali ini tidak hanya mengembangkan rumus kuartil desil persentil saja, tapi juga lengkap dengan teladan beserta pembahasannya yang mampu eksklusif teman pelajari. Bagi yang sudah tidak tabah ingin berguru bahan matematika ini, eksklusif saja simak reviewnya dibawah ini.

Rumus Kuartil Desil Persentil dan Contohnya

Kuartil
Kuartil ada tiga, yaitu kuartil bawah (Q1), kuartil tengah (Q2) atau median dan kuartil atas (Q3). Perlu diingat bahwa kuartil mampu ditentukan jikalau data telah terurut. Untuk memperkirakan kuartil dari suatu data berkelompok kita gunakan rumus menyerupai pada median. Berikut rumus untuk menentukan kuartil ke-i dengan i = 1,2,3.
Rumus Kuartiil Desil Persentil
Seperti halnya media, sebelum menggunakan rumus tentukan dahulu kelas yang memuat Qi, yaitu kelas yang memuat data ke i/4 n.
Desil
Desil (D1,D2,D3,…,D9) membagi data menjadi 10 bagian. Menentukan desil dari data terurut prosedurnya sama menyerupai menentukan kuartil, hanya saja i/4 n diganti dengan i/10 n. Pertama tentukan kelas yang memuat Di dengan i = 1,2.3,…,9, kemudian tentukan nilai Di dengan rumus berikut.
Rumus Kuartiil Desil dan Persentil
Persentil
Persentil yaitu ukuran-ukuran yang membagi data menjadi 100 bab yang sama dan dinotasikan dengan P1, P2, P3,…, P99. Untuk menentukan persentil digunakan rumus sebagai berikut.
Rumus Kuartiil Desil Persentil dan contohnya
Nah itu beliau artikel mengenai rumus kuartil desil persentil, biar bermanfaat buat teman semua dan temukan pembahasan bahan pelajaran sekolah lainnya.