Rasul Ulul Azmi : Pengertian, Arti dan Mukjizat Rasul-Rasulnya

Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh

Hai teman semua, pada artikel ini aku akan menyebarkan materi ihwal Rasul Ulul Azmi dan mukjizatnya. Nah bagi yang belum tahu pengertian Ulul Azmi, damai nanti akan kita bahas pada artikel ini juga.

Berbicara ihwal Ulul Azmi, terdapat 5 Rasul yang mendapat gelar ini. Dari jumlah rasul yang cukup banyak, terdapat 5 yang memiliki ketabahan hati yang luar biasa sekali, jadi gelar Ulul Azmi ini sangat pantas disematkan pada utusan-utusan Tuhan tersebut.

Nah sob, sekarang kita akan mencari tahu pengertian Ulul Azmi itu sendiri. Jadi, menurut sumber wikipedia yang sudah aku copy, Ulul Azmi yaitu :

Ulu al-Azmi (Arab أولوالعزم) yaitu sebuah gelar kenabian istimewa yang diberikan kepada para rasul yang memiliki kedudukan khusus alasannya ketabahan dan kesabaran yang luar biasa dalam menyebarkan fatwa tauhid.

Jadi, rasul ulul azmi yang dipilih oleh Tuhan SWT memiliki ketabahan dan kesabaran yang sangat luar bias, melebihi rasul-rasul yang lain. Kelima rasul tersebut yaitu Nuh, Ibrahim, Musa, Isa dan Muhammad, atau disingkat dengan “NIMIM” atau “MINIM”, tapi untuk akronim kedua itu tidak sesuai dengan ururtan, yang sesuai urutan yaitu yang pertama.

Rasul Ulul Azmi dan Kisahnya

Nah mudahkan menghafalnya? kalau masih sulit, silahkan baca artikel dari aku ihwal tips cara menghafal cepat dan tahan lama.

Nah sob, selain rasul ulul azmi memiliki memiliki ketabahan dan kesabaran yang luar biasa, terdapat ciri-ciri lain dari rasul bergelar Ulul Azmi tersebut, yaitu:

  1. Memperoleh pengiktirafan Tuhan SWT
  2. Memiliki kesabaran yang tinggi
  3. Senantiasa memohon kepada Tuhan supaya kaumnya tidak diberikan azab
  4. Senantiasa berdoa kepada Tuhan supaya kaumnya diberikan hidayah
  5. Memiliki keazaman yang tinggi semasa berdakwah
Namun, secara umum yang lebih ditonjolkan yaitu tekad dan keteguhan hati yang besar lengan berkuasa dengan disertai kesabaran dan ketabahan hati yang luar biasa dalam menghadapi segala bentuk rintangan dan tantangan dalam mendakwahkan agama Tuhan SWT.
Bukti kalau Tuhan SWT menetapkan 5 Rasul Ulul Azmi tersebut yaitu terdapat pada QS. Al-Ahzab ayat 7 yang bunyinya :
وَإِذْ أَخَذْنَا مِنَ النَّبِيِّينَ مِيثَاقَهُمْ وَمِنْكَ وَمِنْ نُوحٍ وَإِبْرَاهِيمَ وَمُوسَىٰ وَعِيسَى ابْنِ مَرْيَمَ ۖ وَأَخَذْنَا مِنْهُمْ مِيثَاقًا غَلِيظًا
Artinya : Dan (ingatlah) ketika Kami mengambil perjanjian dari nabi-nabi dan dari kau (Muhammad), dari Nuh, Ibrahim, Musa, dan Isa putera Maryam, dan Kami telah mengambil dari mereka perjanjian yang teguh (Q.S. Al-Ahzab ayat 7)

Kisah Singkat Rasul Ulul Azmi dan Mukjizatnya

#1. Nabi Nuh as
Nabi Nuh as menyebarkan fatwa untuk menyembah kepada Tuhan SWT. Namun masyarakat menolak dan menganggapnya gila, alasannya Nabi Nuh as diberikan peringatan oleh Tuhan bahwa akan terjadi banjir besar yang akan melanda daerahnya.
Oleh alasannya itu, Nabi Nuh diperintahkan untuk membuat sebuah kapal, dan waktu itu sedang trend kemarau panjang, sehingga masyarakat sekitar tetap tidak mengindahkan peringatan yang disampaikan oleh Nabi Nuh. Namun hal tersebut benar-benar terjadi, alasannya tidak lama lagi terjadi banjir bandang, sehingga mereka jadinya hanyut dan mati dalam banjir tersebut.
#2. Nabi Ibrahim as
Nabi Ibrahim as dikenal sebagai bapak para Nabi. Dia dihormati oleh pemeluk tiga agama, yaitu islam, kristen dan yahudi. Nabi Ibrahim yang membangun Ka’bah dikota Makkah. Keyakinannya yang besar lengan berkuasa terhadap Islam dimulai dari pencariannya terhadap Tuhan.
Dia sangat tidak mendapatkan terhadap orang-orang yang menyembah berhala pimpinan raja Namruj. Sehingga Nabi Ibrahim dibakar hidup-hidup, namun Tuhan SWT menunjukkan mukjizat kepada dia dalam bentuk selamat dari kobaran api tersebut.
#3. Nabi Musa as
Kisah pertarungan Nabi Musa as dengan Fir’aun merupakan salah satu cerita yang tersohor. Dikisahkan bahwa Fir’aun merasa terancam dengan eksistensi Nabi Musa yang menyebarkan fatwa untuk mengesakan Tuhan SWT.
Mereka bertarung dan Nabi Musa memenangkannya dengan pinjaman tongkatnya. Kemudian ia dan kaumnya dikejar oleh pengikut Fir’aun. Namun mereka berhasil lolos dengan pinjaman tongkat Nabi Musa as yang dapat membelah lautan.
Nabi Musa mendapat mukjizat berupa kitab Taurat, yang dikenal dengan perjanjian lama yang berisi fatwa pokok 10 perintah Tuhan SWT.
#4. Nabi Isa as
Nabi Isa yaitu putra dari Siti Maryam yang dilahirkan tanpa memiliki suami. Hal ini menjadikan kontroversi dan hujatan bertubi-tubi kepada Maryam. Secara ajaib, Nabi Isa yang ketika itu masih bayi tiba-tiba berbicara dan menjelaskan apa yang bekerjsama terjadi.
Bahwa penciptaan dirinya diawali dari kedatangan malaikat Jibril kepada ibunya. Nabi Isa juga memperlihatkan banyak mukjizat lainnya ketika ia tumbuh dewasa, diantaranya membentuk seekor burung hidup dari sebuah tanah liat, menghidupkan orang mati, menyembuhkan kebutaan dan mendatangkan makanan yang semua tidak ada menjadi ada.
Penyelamatan Nabi Isa dari penyaliban juga merupakan salah satu bentuk mukjizat yang diberikan oleh Tuhan SWT.
#5. Nabi Muhammad SAW
Nabi Muhammad yaitu nabi dan rasul terakhir, sekaligus sebagai penutup para Rasul-Rasul sebelumnya. Dialah yang menyempurnakan ajaran-ajaran islam. Mukjizat yang diturunkan Tuhan kepada dia sangatlah banyak, salah satunya yang paling besar yaitu Al-Quran, yang menjadi pedoman utama kehidupan manusia. Selain itu ada pula peristiwa Isra Mi’raj yang membawanya bertemu dengan Tuhan SWT. Mukjizat lainnya yaitu disela-sela jari dia dapat mengeluarkan air.
Nah sekian artikel mengenai Pengertian Rasul Ulul Azmi, Arti dan juga cerita singkat rasul-rasul ulul azmi tersebut. Semoga bermanfaat.
Wasalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh