Rasa Takut yang Berlebihan Kepada Setan, Hantu, Jin dan Hal Gaib Lainnya

Perasaan takut ialah perasaan wajar yang terdapat pada diri setiap manusia.  Berbagai macam ragam rasa takut terdapat dalam diri manusia, dari mulai yang wajar sampai yang tidak wajar.  Sesuatu yang menyeramkan tidak hanya mengganggu kejiwaan seseorang saja, namun juga dapat mengganggu jasmani seseorang.  Rasa takut pada seseorang menyebabkan terjadinya gangguan emosi jiwa sehingga membuat seseorang menjadi berperilaku serta bersikap berbeda dari biasanya.

Salah satu bentuk rasa takut yang ada di dalam diri insan ialah rasa takut pada sesuatu yang bersifat gaib.  Sesuatu yang ghaib biasanya dianggap sebagai sesuatu yang menyeramkan bagi kebanyakan orang.  Celakanya, banyak orang-orang yang lebih merasa takut pada setan, hantu, arwah, jin, dan lain-lain daripada merasa takut kepada Tuhan.  Padahal sudah terperinci bahwa makhluk-makhluk gaib  tersebut ialah ciptaan Tuhan dan para makhluk gaib pun juga merasa takut kepada Tuhan Tuhan SWT.

Ada banyak sekali faktor penyebab yang membuat insan takut kepada makhluk halus alias makhluk goib, yaitu ibarat :

1. Budaya masyarakat yang menggambarkan makhluk halus sebagai sosok yang berpengaruh dan sulit untuk dikalahkan.

2. Film, tayangan televisi, novel, komik, cerpen, dan lain sebagainya yang menggambarkan makhluk ghoib sebagai makhluk menyeramkan yang gemar mencelakai manusia.

3. Orang-orang sakti dan orang-orang berakal yang memiliki kelebihan alasannya ialah dibantu jin terlihat begitu jago di mata umat manusia.

4. Sebagian orang bau tanah menakuti anak-anaknya dengan menimbulkan makhluk halus sebagai sesuatu yang sangat jago serta menakutkan.

Sebenarnya kita tidak perlu takut kepada makhluk-makhluk gaib ibarat hantu, roh, arwah, setan, jin, malaikat, dan kawan-kawan.  Manusia dan jin ialah makhluk Tuhan yang mempunyai satu tujuan hidup yaitu beribadah kepada Tuhan.  Manusia pun sama sekali tidak tahu persis bagaimana rupa jin yang sebenarnya.  Bukan hal yang tidak mungkin jin memiliki penampilan asli yang tidak menyeramkan sama sekali.  Jadi jangan mudah percaya saat ada pihak-pihak tertentu yang mengatakan bahwa makhluk gaib ialah sesuatu yang menakutkan, sadis dan gemar mencelakakan insan secara fisik.