Rahasia Meningkatkan Stamina Saat Berolahraga

Rahasia Meningkatkan Stamina Saat Berolahraga – Para hebat kesehatan menunjukkan saran bagi orang Amerika untuk berolahraga setidaknya dua setengah jam seminggu. Tetapi saran ini menjadi hambatan bagi mereka yang kelebihan berat tubuh alasannya suhu tubuh yang terlalu panas dapat menjadi rintangan utama untuk tetap beraktivitas.
Bagi sebagian orang, timbunan lemak yang berlebih dapat mencegah tubuh kehilangan panas. Hal ini menimbulkan peningkatan suhu normal tubuh secara drastis sehingga membuat orang menjadi mudah kelelahan.
Penelitian terhadap para atlet telah menemukan fakta bahwa pemakaian rompi pendingin atau perlengkapan serupa selama latihan dapat membantu menurunkan tingkat kenaikan suhu normal tubuh, menunda kelelahan, meningkatkan kinerja dan membuat latihan terasa ringan.
 Rahasia Meningkatkan Stamina Saat Berolahraga  Rahasia Meningkatkan Stamina Saat Berolahraga
Ilustrasi Memegang Botol Berisi Air Dingin. (Foto: global.rakuten.com)
Saat ini, para peneliti di Stanford University School of Medicine telah menunjukkan bahwa cara sederhana menyerupai membawa botol yang dingin, memiliki efek yang sama (seperti pemakaian rompi pendingin oleh atlet) pada orang yang kelebihan berat badan.
Pada penelitian yang mereka terbitkan di jurnal Circulation, para ilmuwan merekrut wanita gemuk yang berusia 30 hingga 45 tahun dan tidak memiliki problem kesehatan lainnya.
Para wanita ini dibagi menjadi tiga kelompok, dimana masing-masing kelompok menjalani sesi latihan yang berbeda dengan kelompok lainnya. Latihan ini dilakukan selama tiga bulan. Latihan yang mereka lakukan antara lain: memegang alat pendingin khusus, berjalan di treadmill (alat untuk lari di tempat), menekuk lutut, dan latihan lainnya.

Untuk menguji fakta yang dialami oleh para atlet, maka dilakukan perbedaan perlakuan bagi setiap kelompok. Salah satu grup memegang alat khusus atau botol yang berisi air hambar dan grup lainnya memegang botol yang berisi air biasa.
Pada selesai penelitian, kelompok “air dingin” memiliki tingkat kehadiran yang lebih baik dibandingkan kelompok “air biasa” adalah 98 persen vs 80 persen dan acara aerobik kelompok “air dingin” memiliki mengalami peningkatan yang lebih besar. Mereka bisa meningkatkan durasi dan kecepatan ketika berjalan di atas treadmill. Selain itu, tekanan darah, detak jantung dan ukuran pinggang mengalami perbaikan yang cukup pesat.
Untuk menerima efek yang sama dengan penelitian ini, cobalah bekukan sebotol air dan peganglah sambil berolahraga, kata Stacy T. Sims, peneliti utama.
Kesimpulan:
Memegang botol yang berisi air hambar sambil berolahraga dapat membuat olahraga terasa ringan dan mudah untuk dilakukan.
Referensi Jurnal:
Stacy T Sims; Sandra Tsai; Marcia L Stefanick. 2012. Abstract MP016: Innovation in Exercise: Increasing Capacity of Sedentary Obese Women with Cooling. Circulation. (circ.ahajournals.org)
Tulisan ini merupakan terjemahan dari goresan pena ANAHAD O’CONNOR, Reporter New York times, yang diterbitkan pada tanggal 19 Maret 2012. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.


Sumber http://www.nafiun.com/