Rahasia dan Tips Presentasi yang Membuat Audience Kagum

Halo sobat pengunjung setia blog yang bermanfaat ini. Sejauh ini, bagaimana perkembangan berguru sobat ? Saya harap sobat makin hebat deh dan makin cerdas. Biar makin cerdas follow aja ya blog hebat ini, hehe..

Sekarang, yang akan saya jelaskan bukan lah hanya terpaku pada satu mata pelajaran, bahan ini mencakup semua mata pelajaran yang ada. Hebat kan ? Sebenarnya, ini ialah cara belajar, bukan lah materi. Tetapi, cara ini seringkali digunakan dan bahkan mulai diajarkan pada ketika kelas VII. Langsung saja, simak baik-baik ya bahan ihwal Tips Presentasi Hebat dan Mengagumkan Audience.

Rahasia Dibalik Presentasi yang mengagumkan
Sumber gambar: suarapengusaha.com

Presentasi, Bagian Penting Dalam Belajar

Ya, yang akan kita bahas kali ini ialah Presentasi. Presentasi ialah suatu cara berguru dimana siswa individu atau kelompok membuat satu rancangan bahan dari mata pelajaran tertentu dan menjelaskan nya secara rinci di depan kelas. Itulah pengertian sederhana dari presentasi.
Presentasi membantu sobat menguasai bahan pelajaran dengan baik dengan cara sobat harus mencari tahu atau menghafal bahan yang sudah diberikan oleh Bapak/Ibu guru. Karena saking pentingnya, maka presentasi pun dijadikan suatu kewajiban bagi siswa semoga bisa menguasai pelajaran dengan pasti.

Presentasi Itu Ga Mudah Lho

Pada ketika pertama kali diminta untuk mempresentasikan sebuah materi, saya sangat kebingungan dan tidak tahu harus berbuat apa. Maka, pengalaman pun menjadi sebuah pelajaran.
Tak disangka, melaksanakan presentasi dan berbicara disemua sahabat kelas tidak lah mudah membalikan telapak tangan. Kita akan merasa gugup atau aib pada ketika didepan, kalau sobat pernah melaksanakan presentasi pasti pernah mencicipi nya juga kan ?
Baca Juga : Rahasia Teknik wawancara yang berkualitas

Presentasi Harus Memberikan Solusi bukan Ilusi

Tips menunjukkan solusi dalam presentasi
Sumber gambar: masterpresentasi.com

Nah ini penting, bergotong-royong orang mendengarkan presentasi Anda ialah untuk Menemukan Solusi, jadi paparan yang anda berikan haruslah memberi solusi bagi pendengar supaya mereka tidak kecewa dengan presentasi yang Anda lakukan. Untuk bisa menunjukkan solusi kepada para pendengar Anda, anda diwajibkan untuk mengetahui dan memahami bahan yang akan anda paparkan, kalau tidak maka presentasi yang anda berikan cenderung menyerupai paksaan dan tidak akan menunjukkan solusi terbaik bagi mereka.

Ingat, Give Them Solution!!!

Tips Membuat Presentasi

  1. Untuk membuat presentasi. Saya sarankan sobat membuat kelompok terlebih dahulu alasannya ialah sangat sulit untuk menanggung beban sendirian. Kelompok yang dibuat minimal ada 5 orang semoga mempermudah proses pembuatan nya.
  2. Kedua, tentukan lah ketua dan wakil ketua kelompok. Yang namanya kelompok terang harus ada yang namanya ketua, alasannya ialah satu kelompok harus mempunyai tujuan yang sama dan dibimbing oleh ketua yang bijaksana.
  3. Selanjutnya, tentukan peran masing-masing. Saya lebih suka menjadi seorang designer presentasi dan teman-teman saya yang mencari sumber materi. Masing masing anggota harus mempunyai peran masing-masing. Ada seorang moderator yang mengatur jalan nya proses persentasi, ada pemateri yakni seseorang yang menjelaskan bahan secara keseluruhan, biasanya pemateri lah yang paling banyak berperan. Dan terakhir, ada notulen, pencatat pertanyaan, kesimpulan, dan jawaban. Semua anggota harus bisa bertanggung jawab atas peran nya masing-masing,
  4. Mencari sumber materi, bahan yang dipresentasikan bisa didapat dari buku maupun sumber lain. Cara saya ialah menyalin bab penting yang ada di buku, dan mencari penjelasan rinci nya di Internet.
  5. Susun bahan beserta gambar, saya sarankan menggunakan media InFocus alasannya ialah akan terlihat lebih terang dan nyaman. Tentunya membutuhkan Microsoft Power Point pada PC sobat. Buatlah design nya semenarik mungkin disertai gambar dan penjelasan lengkap yang tidak terlalu panjang.

Tips Saat Melakukan Presentasi

Penjelasan diatas hanyalah bagaimana caranya membuat presentasi yang singkat. Bahkan hanya menggunakan panduan di atas presentasi sobat sudah siap. Namun, kalau hanya mengikuti cara di atas bagaikan sarapan tanpa minum teh, yakni sobat tidak akan handal dalam melaksanakan nya. Untuk menambah kemampuan sobat dalam melaksanakan presentasi, ikuti tips-tips di bawah.

  1. Kelompok harus sudah siap dari jauh-jauh hari sebelum dimulai nya presentasi.
  2. Sering-sering berlatih dan cari kesalahan, lalu segera atasi kesalahan yang mungkin terjadi.
  3. Moderator harus pandai mengatur jalan nya presentasi dan pandai dalam  berbicara.
  4. Pada ketika presentasi, gunakan kata basa bau menyerupai “Hai, bagaimana kabar nya sahabat ?” Atau semacam nya, ini akan meningkatkan semangat dan membuat siswa lebih memperhatikan.
  5. Pasang muka ceria dan tebarkan senyuman.
  6. Materi harus lengkap dengan gambar. Serta buatlah gambar menjadi hidup. Artinya, sobat harus bisa menjelaskan dengan menggunakan gambar yang telah disediakan.
  7. Jangan gugup dan kalem aja ya.
  8. Pada ketika satu pemateri menerangkan, pemateri dan anggota lain nya duduk semoga tidak mengganggu.
  9. Berikan kesempatan kepada sahabat sobat untuk bertanya.
  10. Tutup dengan ucapan yang menarik. Contoh “Terima kasih ya sudah menyimak, moga dapat pahala dan ilmu nya bisa menjadi manfaat”.

Dengan mengikuti Rahasia Tips Presentasi di atas, sobat akan lebih handal dan sudah biasa melaksanakan presentasi.

Mungkin pada ketika pertama kali akan sangat gugup dan nervous, maka teruslah mencoba dan berlatih. Saya juga mencicipi nya sama persis menyerupai itu. Namun, sekarang saya sudah biasa dan bahkan siap kalau diminta presentasi mendadak.

Bagaimana dengan bahan pembelajaran kali ini ? Cukup menarik kan ? maka nya terus kunjungi kalao bisa follow aja blog ini ya. Hehe..

Terima Kasih.