Proses Spermatogenesis (Pembentukan Sperma)

Hai semua, kali ini aku ingin menyebarkan sebuah materi biologi SMA yaitu mengenai proses spermatogenesis. Nah pada tahu nggak apa itu spermatogenesis. Spermatogenesis atau lebih dikenal dengan proses pembentukan sperma ini merupakan suatu proses dimana sperma terbentuk pada laki-laki.

Ada beberapa langkah pembentukan sperma ini, nah bagi kalian yang tidak tahu menyerupai apa langkahnya, simaklah artikel dari tim ini dengan seksama ya, alasannya ialah dijamin sahabat semua akan paham dan mengerti mengenai proses spermatogenesis atau proses pembentukan sperma pada laki-laki.

Proses Spermatogenesis (Pembentukan Sperma)

Proses Pembentukan Sperma
Spermatogenesis terjadi di Tubulus Seminiferus. Spermatogonium pada dinding tubulus seminiferus melaksanakan pembelahan mitosis membentuk spermatosit primer. Spermatosit primer melaksanakan pembelahan meiosis I membentuk 2 spermatosit sekunder yang masing-masing mebelah secara meiosis (meiosis II) menghasilkan 4 spermatid yang besifat haploid.
Persitiwa perubahan sel spermatid menjadi sperma disebut Spermiogenesis. Struktur sperma masak terdiri dari kepala, bab tengah, dan ekor.
  • Kepala, dilengkapi dengan suatu bab yang disebut akrosom, yaitu bab kepala ujung sperma yang berbentuk agak runcing dan menghasilkan enzim hialuronidase dan proteinase yang berfungsi untuk menembus dinding sel telur.
  • Bagian tengah, mengandung mitokondria yang berfungsi untuk pembentukan energi.
  • Ekor, bersifat motil (banyak bergerak), fungsinya untuk alat pergerakan sperma sehingga dapat mencapai sel telur.
Sperma yang masuk meninggalkan testis menuju epididimis. Proses Spermatogenesis dipengaruhi oleh hormon testosteron, LH, FSH, dan gonodotropin.

Nah itu beliau sob, artikel mengenai proses spermatogenesis, atau istilah gampangnya proses pembentukan sperma, biar mampu membantu sahabat semua yang sedang mencari materi pelajaran terkait dengan artikel ini. Terima kasih yang sudah berkunjung.